Tips Membuat Rumah Tahan Banjir dengan Budget Minimalis

Jika memasuki musim hujan seperti ini, selalu ada risiko banjir, terutama di daerah yang sering banjir. Saat banjir melanda hal yang paling mengkhawatirkan, itu adalah keamanan pemilik rumah dan kerusakan banyak bagian rumah.

Anda sedang mencari kusen pintu? bisa kunjungi tautan tersebut.

Padahal, jika Anda tidak punya banyak uang untuk merenovasi rumah, sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah banjir masuk ke rumah Anda. Salah satunya adalah sebagai berikut:

Buat tanggul

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menghindari banjir adalah merenovasi rumah Anda dengan mengangkat lantai. Tetapi jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk itu, Anda dapat membangun bendungan di depan teras atau pintu depan Anda. Tanggul bisa berupa papan paku atau tumpukan karung pasir. Bendungan ini memungkinkan Anda untuk memblokir air saat air pasang masuk.

Kita juga melayani jual pintu segala jenis & segala desain, silahkan bisa kunjungi tautan tersebut.

Periksa saluran pembuangannya

Untuk mencegah genangan air saat hujan, sebaiknya periksa drainase di rumah dan periksa dengan cermat apakah ada sampah di selokan yang bisa menyumbat pergerakan air.

Buat Biopori

Salah satu penyebab banjir adalah air permukaan yang tidak meresap ke dalam tanah. Untuk memudahkan air meresap ke dalam tanah, Anda bisa membuat lubang biopori. Biopori adalah lubang kecil di tanah. Fungsinya untuk mengoptimalkan penyerapan air. Biasanya biopori dibuat di teras rumah.

Produksi Biopori sebenarnya sangat sederhana. Pertama, Anda perlu membuat lubang sedalam 100 cm, lalu mengisi lubang dengan sampah organik atau sisa tanaman. Ini memberi mulut lubang semen 2-3 cm dengan ketebalan 2 cm. Biaya produksi Biopori sendiri adalah Rp 200.000.

Tanaman penyerap air

Menanam tanaman penyerap air juga bisa menjadi solusi untuk mengurangi efek banjir. Ada beberapa jenis pohon yang dikenal pandai menyerap air yaitu bambu, jati, akar wangi, mahoni, jabon, asam jawa, dan gula aren.

You may also like...