Tim Penggerak PKK Blora Ziarah ke Makam RA Kartini

BLORA UPDATE, Lingkarjateng.id – Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora bersama dengan perwakilan organisasi wanita Blora melakukan rangkaian kegiatan ziarah ke Makam pejuang perempuan Raden Ajeng Kartini, Kecamatan Bulu, Rembang dan Makam Pocut Meurah Intan di Blora. Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. 

ZIARAH: Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati dan Tim Penggerak PKK serta perwakilan organisasi wanita saat ziarah ke Makam RA Kartini. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Ziarah dilaksanakan Rabu (20/4). Hadir mengikuti rangkaian kegiatan ziarah, Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Ketua TP PKK Blora Ainia Shalichah Arief Rohman, Kepala Dinas Sosial P3A Blora, DWP Blora, Persit Blora, Bhayangkari Blora, serta organisasi wanita lainnya.

 

Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan ziarah dan doa bersama di Makam RA Kartini, kemudian pada kesempatan tersebut turut diserahkan bantuan sembako kepada penjaga makam dan petugas kebersihan. Selepas itu, rombongan kemudian berkunjung ke kediaman Ketua PKK Kabupaten Rembang untuk kemudian bersama-sama mengunjungi Museum RA Kartini.

 

Ini Dia Kartini Masa Kini di Mata Anggota DPRD Pati Muntamah

 

Kemudian, setibanya kembali di Blora, Ketua TP PKK Blora bersama dengan organisasi wanita melakukan ziarah dan doa bersama di Makam Pocut Meurah Intan.

 

Ketua TP PKK Blora, menyampaikan bahwa ziarah tersebut selain untuk mendoakan RA Kartini, juga sebagai wujud penghormatan kepada beliau atas perjuangannya.

 

“Hari ini, Alhamdulillah kita bisa berziarah di makam RA Kartini di Kecamatan Bulu, lalu kita melanjutkan silaturahmi di kediaman beliau Ketua TP PKK Kabupaten Rembang kita disambut dengan baik, kita diajak dan ditemani meninjau museum yang memang ini bagian dari kegiatan ziarah tahun ini,” ungkapnya. 

 

Disampaikannya, dengan mengunjungi museum RA Kartini, dapat untuk mengenal lebih dekat kehidupan dan sosok RA Kartini yang merupakan seorang pahlawan emansipasi wanita Indonesia.

 

“Kunjungan ke museum ini menjadi satu rangkaian ziarah makam dan dengan ini akhirnya menjadi kita tahu betul bagaimana perjuangan beliau, koleksi beliau dan terkait surat-suratnya ke luar negeri. Tentu dengan ini akan semakin menambah semangat kita perempuan untuk melanjutkan perjuangan-perjuangan beliau,” ungkap Ainia Shalichah. 

 

Wisata Semarang, Candi Gedong Songo Menyimpan Banyak Sejarah

 

Kemudian, Ketua TP PKK Blora tersebut juga melakukan ziarah di Makam Pocut Meurah Intan, sosok pejuang yang gigih melawan penjajah. Pocut Meurah Intan merupakan pejuang wanita yang berasal dari Aceh dan dimakamkan di Kabupaten Blora.

 

Ainia mengungkapkan, ziarah di Makam Pocut Meurah Intan untuk mendoakan sekaligus mengenang perjuangan beliau. Ia berharap agar nantinya Pocut Meurah Intan dapat segera dijadikan pahlawan nasional.

 

“Karena beliau ini juga sudah diusulkan menjadi pahlawan nasional dan sudah didukung oleh Gubernur Aceh. Beliau sudah mendukung secara moril dan materiil, Bapak Ganjar Pranowo juga demikian pula,” ujarnya. (Lingkar Network | Lilik Yuliantoro – Koran Lingkar)

You may also like...