Tempat Rekreasi di Wakatobi Sulawesi Tenggara

Rekreasi di Wakatobi ya Wakatobi yang sebuah kabupaten di Sulawesi Tenggara ini tawarkan beragam keelokan alam dan sebagai tempat rekreasi di Indonesia. Wakatobi sendiri ialah sebuah kependekan di mana kepanjangannya aalah Harum-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Bahkan juga UNESCO sendiri sudah memberitahukan jika ada sekitaran 750 dari 850 spesies koral yang dipunyai oleh Wakatobi. Bermacam tipe biota dan karang yang tidak bisa diketemukan pada tempat lain berada di Wakatobi. Bila ingin liburan ke teritori ini, baca pembahasan tempat rekreasi di Wakatobi berikut beragam kegiatan serunya.

1. Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi

Bila tidak pernah ke Wakatobi, lumrah jika berasa kebingungan akan tempat rekreasi yang mana bagus tempat untuk bermain, karena itu Taman Laut Nasional Kepulauan Wakatobi ialah yang pertama direferensikan di sini. Berikut spot taman laut yang memiliki bermacam spesies dari 25 rangkaian terumbu karang yang menyebar di semua wilayah Wakatobi.

Karena keunggulan tersebut jadi tidak bingung jika Wakatobi jadi tempat favorite untuk beberapa pengunjung untuk lakukan beberapa kegiatan hebat, seperti berenang, snorkeling, memancing dan diving. Dengan keadaan air laut yang demikian jernih, snorkeling juga sangat cukup agar bisa menyaksikan apa yang berada di dalamnya, atau ber-diving riang untuk memperoleh kemunculan bawah laut yang lebih terang.

Untuk yang cari spot snorkeling dan diving yang paling dekat, karena itu beberapa pengunjung langsung bisa bertandang ke karang Pulau Kapota dengan seberanginya sepanjang lebih kurang 1/2 jam saja. Alternative-nya, silahkan ke arah tempat dermaga kapal ferry yang ada di belakang Hotel Wakatobi, di teritori Patuno Resor, Pantai Sousu. Beberapa pengunjung yang ingin diving bisa tenang karena sudah ada beberapa pemandu selam yang professional untuk menemani. Beberapa pelancong akan diantarkan untuk lakukan diving di lokasi penyelaman terbaik yang berada di Wakatobi.

Ada satu pulau yang cukup populer dan jadi lokasi favorite untuk beberapa penyelam professional yang dari dalam dan luar negeri, yakni Pulau Hoga yang terletak tidak jauh dari Pulau Kaledupa. Keelokan dunia bawah lautnya memang mengagumkan hingga tidak salah jika penyelam-penyelam di luar negeri juga menyenanginya . Maka, untuk pengalaman diving yang lebih membahagiakan, coba untuk tiba ke Pulau Hoga.

2. Rekreasi Pantai Wakatobi Resor

Wakatobi Resor adalah lokasi terbaik yang wajib buat dikunjungi, apa lagi oleh beberapa penyelam. Berada di tempat pantai yang mempesona dan asri Pulau Onchmobaa-Tomia yang berada di Kepulauan Wakatobi, penyelaman kelas dunia ditawari oleh tempat ini di mana ada rumah karang yang paling oke dan sebagai pantai paling indah di Indonesia.

Untuk ke arah tempat penyelaman juga tidak susah dan aksesnya termasuk sangatlah gampang dengan macam dunia bawah laut yang hendak membuat kita kagum. Akivitas selam pada tempat ini juga ditanggung aman serta nyaman bagus untuk penyelam pemula atau professional karena meman lingkungan laut benar-benar terlindungi secara baik.

baca : Tempat Rekreasi Tana Toraja yang Harus Didatangi

3. Molii Sahatu

Molii Sahatu ini termasuk juga tempat rekreasi yang berada di Wakatobi dan seharusnya tidak dilewati demikian saja. Dipandang seperti pantai 100 mata air oleh masyarakat Harum-Wangi, pantai ini hanya memiliki jarak lebih kurang 20 km saja jika dari ibu-kota Harum-Wangi.

Argumen kenapa Molii Sahatu dipandang semacam itu ialah karena dari dasar pantainya ada beberapa ratus mata air yang keluar jadi tidak salah jika namanya juga jadi ‘seratus mata air’. Di dekat tempat ini ada juga objek rekreasi yang lain dapat didatangi, yakni perkampungan suku Bajo dan rekreasi gua alam yang pasti akan menambahkan serunya dalam pengalaman berlibur di Wakatobi.

4. Situs Benteng Keraton Liya Togo

Bukan hanya pantainya saja yang terpopuler dan ramai dibahas, beberapa pelancong juga ditanggung senang jika berkunjung Benteng Keraton Liya Togo. Keraton bukan hanya dapat kita dapatkan di Yogyakarta atau Solo saja, tetapi di Wakatobi juga mempunyai keraton yang sebuah Cagar Budaya.

Rekreasi riwayat ini kali pasti berlainan dari keraton di ke-2  kota itu. Ternyata, benteng ini dipandang seperti salah satunya yang terbaik dari 120 benteng yang Kesultanan Buton punyai. Masih di Propinsi Sulawesi Tenggara, Kabupaten Wakatobi, beberapa pengunjung langsung bisa tiba ke Kecamatan Harum-Wangi Selatan untuk mendapati lokasi benteng yang ada di dusun namanya Liya Raya.

baca : Tempat Rekreasi di Sulawesi tengah yang Harus Didatangi

5. Pulau Anano Runduma

Berikut salah satunya pulau yang unik dan wajib buat dicicipi saat di Wakatobi. Pulau ini tawarkan wacana lebih untuk beberapa pengunjungnya karena disini pusat peneluran penyu hijau berada.

Jika pelancong tiba di saat yang pas, jadi tidak salah kembali bakal ada proses pelepasan anak penyu yang hendak ditampilkan dan automatis jadi tontonan beberapa pengunjung. Anak-anak penyu yang cukup besar akan dilepaskan pada akhirannya ke laut elok yang berada di kepulauan Wakatobi yang hendak jadi daya magnet tertentu setiap laut elok di kepulauan wakatobi ini.

Kegiatan Menarik

Menyaksikan Panorama Wakatobi dari Bukit Tomia

Dari Bukit Tomia yang diprediksi jika dahulunya ialah dasar laut, beberapa pengunjung segera dapat lebih bebas dalam nikmati panorama Wakatobi. Argumen kenapa beberapa orang menduga jika bukit ini ialah dasar laut di zaman dahulu ialah karena ada beberapa karang besar yang diketemukan di bagian tanahnya. Bukan hanya panoramanya yang mempersejuk hati, tetapi kesegaran udaranya akan jadi favorite untuk beberapa pelancong.

Bukitnya yang hijau juga kelihatan sangat bersih hingga tiap pengunjung akan rasakan kenyamanan lebih sepanjang ada di tempat ini. Kebersihan memang termasuk masih pada keadaan yang bagus dan terbangun, ini karena lokasi Bukit Tomia sendiri masih jarang-jarang dikunjungi. Situasi sejuk dan situasi yang cukup sepi menjadi lokasi pas agar bisa menentramkan hati dan pemikiran.

Snorkeling dan Diving

Sampai di Wakatobi, pasti hal pertama kali yang semestinya berada di pikiran beberapa pelancong ialah snorkeling. Sebetulnya, cukup hanya snorkeling saja bisa menyaksikan keelokan dunia bawah laut yang berada di Wakatobi karena air lautnya demikian bening hingga tak perlu menyelam juga mata kita mampu tangkap kehidupan laut didalamnya. Beberapa koral akan membuat kita kagum sepanjang ber-snorkeling.

Tetapi untuk yang lebih sukai menyelam alias diving bisa memperoleh pengalaman baru ber-diving riang di Wakatobi ini. Keuntungan dari menyelam ialah bisa menyaksikan lebih terang dan dekat akan semua yang hidup di bawah laut. Namun, janganlah lupa untuk bawa camera khusus yang dapat dipakai merekam di bawah air hingga semua keelokannya bisa didokumentasikan.

Untuk spot snorkeling-nya sendiri ada juga di mana saja dan dapat secara mudah dicapai sesuai opsi kita. Jika cukup memusingkan, kita dapat mencoba menanyakan ke beberapa orang sekitaran dan mereka yang telah mengantar kita dengan kapal. Untuk memperoleh pengalaman snorkeling yang mengagumkan, Pulau Hoga dan Pulau Tomia ialah yang terpopuler dan paling direferensikan untuk dicoba. Pulau Hoga sendiri ialah sebuah pulau yang tidak demikian besar dan terletak berada di dekat Kaledupa.

Melihat Tarian Ciri khas Suku Buton

Di Wakatobi juga kaya seni dan budayanya di mana tarian ciri khas suku Buton dapat dilihat untuk menambahkan pengetahuan dan ide beberapa pelancong. Tarian yang diartikan diantaranya ialah tarian perang suku Buton di mana anak-anaklah yang umumnya memeragakan dan tarian ini disebutkan tarian Eja-eja. Tarian yang lain yang cukup terkenal di Wakatobi ialah tarian dengan background seorang pria perantau pulang ke desa halaman dan pilih seorang wanita untuk jadi istri; tarian itu namanya tarian Mborira.

Lakukan Lawatan ke Dusun Suku Bajo

Dusun suku Bajo bukan berada di dataran atau di atas pulau, tetapi beberapa rumah mereka dibangun di atas laut. Warga di situ dahulunya tidak punyai tinggal masih tetap dan selalu nomaden karena tinggal di perahu, tetapi saat ini pada akhirnya mereka dapat membangun rumah dan tak lagi hidup secara nomaden. Saat mengunjungi Wakatobi, lawatan akan berasa lebih prima jika Dusun Bajo ini masuk dalam daftar tujuan serta pada tempat berikut pengunjung dapat melihat anak-anak suku Bajo yang mengagumkan saat bermain futsal di atas air.

Berkuliner Makanan Ciri khas Wakatobi

Berlibur di Wakatobi tidak cuma mengenai keelokan pantai dan kehidupan bawah lautnya dan kegiatan yang memikat di Wakatobi tidak cuma snorkeling dan diving, tetapi icip-icip makanan ciri khas Wakatobi yang tidak bisa diketemukan pada tempat lain. Kasuami ialah makanan dasar warga Wakatobi dan makanan ini ternyata dibikin dari singkong atau ubi kayu yang diolah dan diparut dengan manfaatkan cetakan kerucut. Agar kasuami dapat tahan lama sampai dua minggu, adonan kasuami harus betul-betul kering dan ini umumnya jadi perbekalan beberapa nelayan saat sebelum pergi berlayar.

baca juga : liburan seru dan murah di ibu kota ke pulau papatheo resort

Bila punyai peluang untuk bercengkerama dengan masyarakat sekitaran Wakatobi, jadi tidak ada kelirunya coba mengicipi hidangan kasuami ini. Ikan parende ialah rekan penyuguhan kasuami berikut ikan bakar yang telah dibumbui memakai sauce belimbing. Jika ingin nikmati yang segar-segar, sup ikan parende juga dapat disantap sepanjang masih ada di Wakatobi. Disamping itu, Luluta nasi bambu sedap apa lagi karena makanan ini lewat proses pembakaran dengan santan berikut kerang-kerangan juga.

Beberapa hal Yang lain Perlu Jadi perhatian Saat di Wakatobi

Selainnya di Harum-Wangi, listrik di pulau yang lain cuman akan berpijar dari jam 6 sore sampai 6 pagi, jadi selainnya dari jam itu bersiap-siaplah untuk gelap-gelapan.
Membawa lisensi diving agar nikmati aktivitas menyelam sepuasnya.
Karena warga suku Bajo dan Buton sebagian besar memeluk agama islam, karena itu beberapa pelancong seharusnya kenakan pakaian yang tidak terbuka sekalinya ada di pantai.
Demikian info tentang tempat rekreasi di Wakatobi dan beberapa kegiatan hebat yang dapat dilaksanakan sepanjang liburan pada tempat ini. Selainnya menambahkan pengalaman hebat, ada serangkaian pengetahuan seni dan budaya yang beberapa pengunjung dapat peroleh dari Wakatobi. Mudah-mudahan pembahasan di atas menjadi tutorial yang bermanfaat untuk Anda pas saat sebelum pergi ke lokasi rekreasi eksotik ini.

You may also like...