Tempat Rekreasi di Sulawesi tengah yang Harus Didatangi

Rekreasi di Sulawesi ya Sejauh ini yang populer dari Pulau Sulawesi hanya Makassar, yang berada di Sulawesi Selatan. Tetapi siapa kira Sulawesi tengah berpotensi rekreasi yang tidak kalah mengagumkan. Propinsi Sulawesi tengah ini rupanya sudah dikenali dilapisan pelancong asing akan keelokan alamanya. Sulawesi tengah sebagai salah satunya propinsi di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Karena itu bila Anda ada di wilayah ini, karena itu Anda bisa banyak mendapati beragam jenis tempat wisata bertopik alam di wilayah ini. Yok baca beberapa tempat bagus yang berada di Sulawesi tengah, yang pantas untuk Anda datangi.

1. Pusentasi ( Rekreasi di Sulawesi  )

Pusentasi ada di Dusun Limboro, persisnya di kecamatan Banawa tengah, Donggala. Persisnya sekitaran 12 km dari kota Palu. Nama Pusentasi memiliki makna pusat air laut atau air sumur laut. Sedikit yang ketahui tempat rekreasi ini. Tempat wisata ini masuk ke kelompok rekreasi pantai yang mempunyai wujud seperti sumur raksasa yang berdiameter 10 mtr. dengan kedalaman sekitaran 7 mtr..

Bila Anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa tempuh memakai lajur darat. Dengan durasi waktu lebih kurang 45 menit Anda bisa sampai tempat wisata ini, bila Anda datang dari Palu. Turuti papan panduan arah yang ,enginformasikan lokasi Pantai Tanjung Karang Doggala. Lokasi Pusat Laut Pusentasi telah dekat, karena tempat wisata ini masih ada di teritori Pantai Tanjung Karang.

Pusentasi berbentuk sebuah sumur raksasa, sumur ini tercipta secara aami dan tebingnya dibuat oleh batu-batuan. Air yang pas ada dalam Pusentasi ini warna biru jernih dan mempunyai rasa asin seperti air laut. Kelebihan dari Pusentasi, walau beberapa orang yang memakai air ini tetapi air tak pernah kotor. Kekhasan yang lain, air dalam sumur raksasa ini akan pasang jika air laut sedang kering dan kebalikannya akan kering saat air laut sedang pasang. Keelokan yang berada di tempat wisata ini, seakan akan menyihir Anda untuk selekasnya meloncat ke lubang raksasa ini.

2. Pantai Talise ( Rekreasi di Sulawesi )

Pantai ini sebagai salah satunya pantai terkenal yang berada di kota Palu. Tidak boleh cemas, bila Anda ingin ke pantai ini Anda tak perlu kuras kantong dalam dalam karena tempat ini tidak membutuhkan ongkos. Disamping itu untuk ke arah lokasi ini lumayan gampang. Pantai ini ada di tengah kota Palu dan akses ke arah tempat wisata ini telah bagus. Kehadiran pantai ini dekat pusat perkotaan jadikan panta ini lebih banyak didatangi oleh pelancong, atau warga sekitaran. Kami merekomendasikan pantai ini tidak rekomen bila di datangi pada siang hari, karena cuaca di Palu umunya terik dan angin bertiup benar-benar kuat. Bila Anda ingin bermalam di dekat pantai ini benar-benar gampang, lebih kurang memiliki jarak sekitaran 1 km Anda dapat mendapati hotel atau losmen.

3. Jembatan Palu ( Rekreasi di Sulawesi )

Jembatan ini sudah meresmikan di bulan Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini terhampar di atas Teluk Talise pas ada di Kelurahan Besusu dan Lere. Jembatan ini jadi salah satu jembatan lengkung pertama kali yang berada di Indonesia, dan ke-3  di dunia sesudah Jepang dan Perancis.

Jembatan ini jadi salah sat ikon terkenal Kota Pau karena kekhasan yang dipunyainya. Meskipun usia jembatan ini belum 1/2 era, jembatan kuning ini simpan dogma yang membuat bulu-bulu kuduk bergidik. Warga yakin, pada saat-saat tertentu masyarakat di tempat kerap menyaksikan buaya muara. Munculnya buaya muara ini bukan hal yang umum. Munculnya buaya muara ini, bearti ia minta tumbal. Awalnya awalnya, kerap kali saat munculnya tiga ekor buaya di muara sungai Palu ini dihubungkan dengan berita orang lenyap sesudah dari muara. Walau ada dogma buaya minta tumbal, masyarakat sekitaran tidak takut. Karena seiring berjalannya waktu masyarakat telah terlatih dengan kedatangan buaya yang berjemur di pinggir muara sungai.

Bila Anda tiba ke jembatan ini, kami anjurkan saat malam hari karena keelokan jembatan ini terpancar ada saat malam. Tempat ini menjadi satu diantara tujuan yang kerap didatangi pelancong yang suka berpose.

4. Gunung Gawalise

Gunung Gawalise berdiri di teritori rimba tropis, dan memiliki penghuni. Penghuni gunung ini ialah suku Da’a, sub etnis suku Kaili. Gunung Gawalise ini mempunyai ketinggian sekitaran 2.023 mdpl. Karena keelokan yang ada di gunung ini, karena itu kerap kali gunung ini jadi tempat pendakian, disamping itu Gunung Gawalise ini jadi tempat pengamatan untuk beberapa ilmuwan yang ingin mempelajari flora dan fauna yang berada di lokasi tempat wisata ini.

Akses ke arah lokasi ini benar-benar gampang, Anda bisa tempuh sekitaran 10 menit dari pusat perkotaan Palu dengan memakai transportasi umum, atau 1 jam perjalanan dari dermaga pantoloan, sedang 15 menit dari lapangan terbang Mutiara Palu.

baca : 5 Tempat Kongkow di Tanjung Duren, Jakarta Barat yang Instagramable

5. Air Terjun Saluopa

Air terjun ini salah satunya tujuan rekreasi yang populer di Sulawesi tengah, Karena keelokan alam yang memukai dari air terjun ini. Air terjun ini mempunyai sumber mata air dari pegunungan di tempat yang paling jernih, dan air yang melaju dari air terjun ini benar-benar deras dengan ketinggian sekitaran lebih kurang 25 mtr.. Keelokan yang ada pada air terjun ini bukanlah cuman dari keelokan alamnya saya, tetapi ada 12 jenjang dan dari tiap jenjang membuat kolam-kolam kecil. Perihal ini pula jadi nilai plus dari air terjun ini. Tidak cuma hanya itu, keelokan yang lain kadang antara air terjun ada pelangi yang paling menganakemaskan mata dan beberapa momen semacam ini bisa di untuk jadikan latar photo Anda.

Air terjun Saluopa berada di Dusun Tonusu, persisnya di kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso. Bila Anda dari Kota Tentena, memakan waktu sekitaran 12 km atau sekitaran 54 km bila dari arah tenggara Kabupaten Poso.

Bila Anda merencanakan bertandang ke tempat wisata ini dan ingin bermalam kami anjurkan untuk cari tempat pemondokan di Kota Tentena. Karena disekitaran tempat wisata ini belum ada sarana untuk bermalam.

6. Pantai Tanjung Karang

Pantai Tanjung Karang ada di Kabupaten Donggala. Anda bisa tempuh memakai jalur darat, untuk sampai di tempat wisata ini. Lebih kurang 1 jam untuk sampai di tempat wisata ini, dari pusat perkotaan Palu. Walau tempat wisata ini termasuk lumayan jauh dan sedikit terselinap. Tetapi pantai ini lebih banyak mengundang perhatian turis-turis luar negeri untuk singga di pantai ini.

Rasa capek dan jemu sepanjang perjalanan, akan terbayarakan dengan keelokan yang selalu ikuti Anda sepanjang perjalanan. Sejauh jalan Anda akan melalui pantai dengan panorama yang cantik. Disamping itu tata wilayah yang bersih dan rapi membuat Anda terpesona.

Bila Anda ingin istirahat dan nikmati keelokan pantai ini beberapa saat Anda bisa sewa Cottage atau tenda. Tetapi bila Anda ingin berkeliling-keliling disiapkan perahun dan Banana Boat, Peralatan berenang, snorkeling, dan diving. Tak perlu cemas, di Pantai ini sediakan hidangan menu spesial yang bisa mengembalikan tenaga Anda sesudah sepanjang hari bermain di pantai.

Rekreasi pantai Tanjung Karang benar-benar populer dengan keelokan bawah lautnya. Panorama yang mengagumkan akan Anda dapatkan dalam laut. Cuman dalam jarak 3 mtr., keelokan yang ada dalam pantai ini akan secara mudah Anda dapatkan.

7. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu, sebagai tanam nasional yang berada di Indonesia. Taman Nasional ini sebagai peninggalan alam yang paling kaya keberagaman flora da fauna. Disamping itu taman ini dijadikan cagar bipsfer dunia. Bila Anda ingin berkunjung taman ini untuk rekreasi mendaki gunung atau sekadar memanja tebing tak perlu cemas dengan lokasi taman ini. Taman Nasional Lore Lindi ada di Kabupaten Donggala. Teman ini sudah disahkan semenjak tahun 1993 yang disebut kombinasi Suaka Alam Lore Kalamata dan Rimba Lindung dan Taman Wisata Danau Lindu. Teritori Taman Nasional ini sebagai komunitas mamalia asli yang berada di Sulawesi, selainnya ada patung-patung megalit yang mempunyai umur capai beberapa ratus ahkan beberapa ribu tahun yang menyebar di teritori Taman Nasional ini.

baca : Explore Kepulauan Seribu dengan Kecantikannya

8. Tugu Perdamaian

Pembangunan tugu yang diputuskan sebagai icon perdamaian ini ada di daerah Sulawesi tengah persisnya di kota Palu. Tugu ini berdiri istimewa dan kuat di bukit-bukit daerah kelurahan Tondo persisnya ada di Kecamatan Mantikulore. Pembangunan tugu perdamaian ini di atas tempat selebar 800 mtr. persegi. Disamping tugu ada sebuah gong yang berdiameter sekitaran 2 mtr. dan berat 180 kg. Di atas gong ada beberapa lambang, berbentuk lambang agama, bendera dan simbol wilayah atau kota.

Bila Anda tiba ke arah tempat ini, tidak cuma keelokan yang berada pada tugu perdamaian ini saja. Ada dapat rasakan keelokan pemandangan alam teluk Palu, karena letak tugu ini ada di bukit belapis. Untuk menimati ini semua, Anda tidak memakan waktu beberapa jam cukup dengan 30 menit dari psat kota Palu Anda dapat rasakan keelokan tempat ini langsung.

9. Danau Poso

Tidak seperti danau secara umum, danau Poso mempunyai bentangan pasir putih di pinggir danau. Pasir putih ini hingga tutupi pinggir danau. Pasir putih yang Anda jumpai di danau ini, seperti pada beberapa pantai pinggir laut. Danau Poso ini mempunyai Panjang sekitaran 32 km dan lebar 16 km, dan titik kedalaman sekitaran 510 mtr.. Karena itu danau ini menjadi satu diantara danau terdalam di Indonesia, dan danau ini jadi danau paling besar ketiga di Indonesia.

Danau Poso mempunyai keelokan yang aman menarik. Danau ini dikitari bukit-bukit dan tempat rimba. Sekalian nikmati panorama yang menarik Anda dapat rasakan sejuknya udara pada tempat ini. Bila Anda ingin jalan-jalan telusuri perairan, Anda bisa sewa perahu motor yang disiapkan di pinggir danau. Panorama di sekitar danau, sangat menarik. Anda bisa menyaksikan kehidupan warga sekitaran dalam jalankan aktivitas setiap harinya seperti halanya memancing. menjaring ikan, dan budidaya ikan. Di salah satunya segi Danau Poso, Anda bisa berkunjung pelestarian Anggrek paling besar yang berada di Indonesia yaitu Taman Rekreasi Alam Bancea. di taman ini Anda bisa nikmati keelokan bunga anggrek dari beragammacam tipe. Satu diantaranya anggrek hitam yang termasuk sangat jarang.

Akses untuk ke arah danau ini relatif gampang, karena ada di dekat Lintasi Trans Sulawesi. Lajur yang menyambungkan Tojara – Poso – Gorontalo – Manado. Danau ini bisa Anda akses lewat kota Tentena. Ada Sarana disekitaran danau ini, seperti Hotel, Wisma, Homestay, dan rumah makan.

baca juga : liburan murah jakarta ke pulau kelapa kepulauan seribu

10. Kepulauan Togean

Rekreasi di Sulawesi ya Kepulauan Togean tersembuyi di Teluk Tomini, persisnya ada di Sulawesi tengah. Letak kepulauan ini terasing. Hingga bila Anda berkunjung ke arah tempat ini, signal operator mobile Anda akan turun mencolok, bahkan juga tidak ada sama sekalipun. Walau bagaimanapun pulau ini masih jadi maknet untuk beberapa pelancong. Perairan di kepulauan Togean benar-benar tenang, bersih dan bening.

Kepulauan Togean tidak cuman bah surga untuk beberapa pecinta olah raga jika air. Kepulauan Togean terhampar selebar lebih kurang 102 km dengan luas dataran sekitaran 755 km persegi, dan mempunyai sekita 66 rangkaian pulau yang menyebar luas di tengah-tengah Teluk Tomini. Kepulauan ini secara administratif ada di Kabupaten Tojo Una-una. Pas ini kerap kali dikenali bernama Togian Island atau Taman Nasional Kepulauan Togean.

Tempat ini mempunyai keelokan bawah laut yang paling menarik. Karena kekayaan alam bawah laut yang mengagumkan, pemerintahan sekitaran selalu berusaha membuat perlindungan untuk kelestarian alam pulau Togean ini. Kepulauan Togean terdaftar dalam perincian daerah Coral Triangle region Indonesia – Filipinan, sebagai region 1. Karena Pulau Togean ini menjadi satu diantara lokasi yang mempunyai kekayaan hayati bawah laut dari semua biodiversitas dunia.

Tidak cuma keelokan bawah lautnya saja, pulau Togean mempunyai keelokan dataran yang tidak kalah cantiknya. Keelokan yang dikeluarkan bisa membuat Anda kagum. Pengunjung akan menyaksikan beberapa pulau yang berjejer. Dan Anda akan menyaksikan keasrian rimba degan perpohonan yang rimbun, dan sejuknya udara di pulau ini. Seringkali Anda akan dengar kicauan burung-burung yang diproteksi dan berkembang biak di rimbunan rimba.

Jika Anda sedang berkunjung Pulau Selawesi, luangkan waktu Anda untuk mengeksplor teritori Sulawesi tengah ini. Dan siapkan diri Anda untuk rasakan kekaguman yang ada. Selamat tiba di Amazing Sulawesi tengah.

You may also like...