Tata Cara dan Proses Program Hamil

Tata Cara dan Proses Program HamilBiasanya bagi yang sulit mendapatkan momongan bisa mengikuti program cepat hamil yang ditawarkan oleh rumah sakit atau klinik ibu dan anak. Biasanya kehamilan terjadi sekitar 15-25% pada pasangan yang sehat setelah berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi. Bahkan terkadang juga masih membutuhkan program hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Tata Cara Program Hamil Sehat

Agar berhasil, biasanya Anda dan pasangan harus melakukan beberapa hal seperti berhenti KB dan alat kontrasepsi lainnya, melakukan pendeteksian masa subur, dan meningkatkan frekuensi hubungan intim. Tes kehamilan bisa digunakan untuk memastikan keberhasilan program hamil.

Perlu diketahui bahwa terkadang hasil tes kehamilan bisa saja menunjukkan hasil negatif palsu karena kondisi tertentu. Hasil negatif palsu adalah hasil yang menunjukkan negatif padahal sebenarnya ibu hamil. Apabila ini terjadi, tunggulah beberapa hari lagi dan lakukan tes ulang. Hasil negatif palsu bisa saja muncul karena hormon hCG belum banyak diproduksi oleh tubuh.

Untuk menjaga kesuburan, pastikan juga untuk menjalankan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat, rutin berolahraga, tidur di jam yang tepat dan juga cukup tidur, minum air minimal 8 gelas sehari, dll. Jika masih belum hamil juga mungkin Anda dan pasangan bisa mempertimbangkan untuk menjalankan program hamil.

Proses Program Hamil di Klinik Kehamilan Sehat

Klinik Kehamilan Sehat adalah klinik kehamilan terpercaya yang telah melayani banyak pasien yang membutuhkan layanan untuk kehamilan baik itu konsultasi hingga persalinan. Klinik Kehamilan Sehat ternyata juga memiliki program hamil untuk membantu ibu yang ingin bisa cepat hamil. Program ini biasanya dilakukan oleh pasangan yang masih belum memiliki anak meskipun sudah menikah lebih dari 1 tahun.

  1. USG Transvaginal

Ultrasonografi dilakukan dengan memasukkan alat langsung ke dalam vagina ibu untuk mengamati sistem reproduksi wanita (termasuk rahim, saluran tuba, ovarium, leher rahim, dan vagina). Serta cari tahu apakah ada kista dan fibroid yang bisa menghambat kehamilan. Ibu harus melakukan pemeriksaan USG pertama pada hari kedua haid untuk memfasilitasi evaluasi.

  1. Analisa Sperma

Klinik Kehamilan Sehat akan memberi Anda surat rujukan untuk analisis sperma Anda di laboratorium atau rumah sakit. Periksa untuk menganalisis kuantitas dan kualitas sperma. Proses ini juga digunakan untuk menentukan tingkat kesuburan. Jadi suami juga akan mendapatkan pemeriksaan.

  1. Pemberian Vitamin

Dokter akan meresepkan obat dan suplemen vitamin untuk ibu dan ayah tergantung hasil pemeriksaan. Selain itu, dokter juga akan memberikan edukasi dan konsultasi bagi orang tua.

  1. Hari ke-12

Dokter akan memeriksa hasil USG pada hari ke 12 haid dan memeriksa perkembangan sel telur di dalam rahim ibu dan apakah USG dapat melihat adanya peningkatan jumlah sel telur. Jika tidak, dokter akan meningkatkan dosis obat dan vitamin serta menyarankan orang tua untuk menghubungi mereka secara teratur saat menjalani program cepat hamil.

You may also like...