Suka Konsumsi Susu Harian? Ini Loh Manfaatnya Untuk Tulang Dan Tubuh

Suka Konsumsi Susu Harian? Ini Loh Manfaatnya Untuk Tulang Dan Tubuh

Sudahkah kamu mengkonsumsi segelas susu hari ini? Konsumsi segelas susu dalam keseharian dapat menunjang kesehatan kamu. Susu kaya akan nutrisi yang dapat kamu jadikan sebagai menu sarapan andalan kamu. Segelas susu dapat dikombinasikan dengan semangkuk sereal sehingga dapat menunjang kebutuhan energi harian dan nutrisi kamu.

Susu tidak hanya wajib dikonsumsi untuk anak – anak saja. Beragam usia dapat mengkonsumsi susu sebagai salah satu bahan makanan harian. Kecuali jika kamu memiliki Riwayat penyakit atau kesehatan lainnya yang tidak memperbolehkan kamu mengonsumsi susu sementara waktu atau dalam jangka waktu tertentu. Susu sendiri terbilang mudah ditemukan dan didapatkan baik dalam supermarket maupun warung dekat rumah.

Salah satu komponen nutrisi yang penting dalam segelas susu adalah kalsium. Komponen nutrisi ini masuk kedalam jenis mineral yang baik dan diperlukan tubuh dalam kadar yang sesuai. Konsumsi susu yang disarankan dalam sehari adalah 2 gelas saja. Jika kamu melebihi saran penyajian susu sebagai konsumsi harian, di khawatirkan kamu akan mengalami beragam efek samping.

Jadi, mengapa kalsium berperan penting dalam susu? Kalsium memiliki banyak sekali manfaat. Salah satu Manfaat kalsium adalah mampu menyehatkan tulang dan gigi. Dimana kedua jenis komponen tubuh ini cukup berperan penting dalam tubuh. Sehingga ketika konsumsi susu sudah tidak mencukupi tubuh lagi maka tubuh akan cenderung memiliki tulang yang rapuh dan juga menyulitkan kamu bergerak hingga menggerakkan tubuh. Sebab, itu Manfaat kalsium cukup krusial dalam tubuh.

Apa saja Manfaat kalsium untuk tubuh lainnya? Berikut merupakan beberapa Manfaat kalsium yang bisa memperkaya informasi kamu :

  1. Membantu kesehatan tulang

Seperti dijelaskan sebelumnya, kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang. Sehingga, keberadaan kalsium cukup penting dan dibutuhkan tubuh. Kalsium akan memperkuat tubuh hingga usia 25 tahun. Kepadatan tulang akan berkurang seiring menuanya usia dan kalsium akan membantu menguatkannya.

  1. Membantu kontraksi otot dalam tubuh

Kalsium dapat membantu penguatan detak jantung. Ketikan otot jantung berdetak dengan cepat maka kalsium dibutuhkan untuk menguatkannya. Kalsium akan membantu otot untuk rileks ketika jantung berdetak dengan cepat.

  1. Membantu tubuh dalam mempercepat pembekuan darah

Kalsium akan membantu vitamin K dalam mendukung pembekuan darah. Kandungan kalsium yang cukup dalam tubuh akan mendukung pembekuan darah dengan cepat. Sehingga tubuh memerlukan asupan makanan kaya akan Manfaat kalsium.

  1. Mengurangi resiko terjadinya kanker kolon

Kalsium mampu mendukung kesehatan usus besar. Ketika konsumsi kalsium telah mencukupi maka kolon akan sehat karena proses pencernaan makanan dan kinerja otot didukung dengan baik selama menyerap nutrisi.

  1. Mendukung perkembangan bayi selama masa kehamilan

Kalsium dibutuhkan bayi baik dalam masa kandungan maupun setelah dilahirkan untuk mendukung pembentukan tulang bayi. Ketika kebutuhan kalsium bayi tidak terpenuhi dengan baik maka bayi akan cenderung kurang optimal pertumbuhannya. Sebab itu, baik untuk ibu hamil konsumsi makanan mengandung kalsium sesuai anjuran dokter.

You may also like...