Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam merupakan cara pondasi bangun gedung yang ditemui pada tahun 1961 oleh ketua arsitektur perseroan Listrik negeri (PLN), profesor. Dokter. Ir. Sedijatmo. Dahulu mula kedatangan buah pikiran ini merupakan masa Sedijatmo bakal mendirikan 5 tower listrik di berdasarkan tanah rawa yang lemau serta basah.

 

Setelah itu, buram pondasi disusun dengan menggabungkan lempengan dan pipa semen selaku pendukung. Akibatnya, keduanya bersama esensial mencengkeram tanah serta kesimpulannya diberi sapaan cakar ayam struktur gedung.

Dari asal usul serta potret keistimewaan sebagai pendek mengenai buram pondasi ini, kalian bisa jadi telah dapat menduga mengapa penamaannya diujarkan dengan pondasi cakar ayam. Tentang ini karna, pondasi ini memanglah mempunyai wujud serupa dengan kaki binatang bebek itu. Miniatur buram lambar ini tercipta dari pelat kecil yang disusun sebagai tegak. Setelah itu, diperkokoh dengan peperiodengan pipa-pipa semen ataupun cakar pada bagian dasar pelat sebagai monolit.

 

Tebal pelat serta kaliber pipa yang  jelas berlainan terpaut dari gedung yang bakal diciptakan. Tapi, sebagai garis besar tebal pelat yang umum  berkisar antara 10 sampai 20 centimeter. Sementara itu buat pipa semen, rata-rata para aparat bangun menyeleksi versi kaliber 1 m sepanjang 2,5 m.

 

 

Tugas Pondasi Cakar Ayam

 Pada mula kedatangan buram cakar ayam, penggunaannya cuma  pada pemgedung di berdasarkan tanah yang lemau saja. Namun bersamaan berjalurnya durasi, pondasi cakar ayam merupakan tipe pondasi paling atas yang serta  pada bangun yang ada serupa jalan layang, jembatan besar, kantor pencakar langit, sampai lambar pesawat.

 

 Tapi, apabila cuma mendirikan rumah, memanglah tipe yang satu ini langka diseleksi. Kecuali karna aspek dana yang lebih mahal, bangun rumah tidak membutuhkan pondasi setahan gedung besar yang ada. Pembuatan rumah lebih selalu mengenakan tipe pondasi foot lempengan.

 

 

Keistimewaan serta Kekurangan Pondasi Cakar Ayam

 Pemilihan pondasi buat satu gedung wajib pas. Kalian wajib memperhitungkan apakah pondasi itu lumayan kokoh serta segagasan dengan bobot yang dibentuk dari bangun kantor. Dengan seperti itu, daya tahan bangunan bakal berjalan lebih lama di masa yang bakal sampai.

 

 Pondasi berupa cakar ayam merupakan pondasi yang diketahui kokoh serta kuat dibentuk di berdasarkan tanah basah sekalipun. Tapi, bukan berarti buram lambar ini tidak mempunyai kekurangan.

Baca Juga : Keuntungan Menjadi Bisnis Grosir

You may also like...