Panduan meningkatkan otoritas domain

Otoritas domain Anda (terkadang disebut “peringkat domain”) memberikan gambaran singkat tentang kesehatan SEO situs web Anda. Saat pertama kali meluncurkan situs web Anda, biasanya Anda tidak memiliki otoritas domain, dan ketika situs Anda sebesar Wikipedia, itu mendekati 100, dengan semua situs web lain mendarat di suatu tempat pada skala 1-100 itu.

Skor otoritas domain (DA) adalah skor otomatis yang dikembangkan oleh Moz yang dihasilkan oleh algoritme yang menilai kekuatan situs web dalam hal kemampuannya untuk menentukan peringkat. Misalnya, DA 50 atau lebih tinggi kemungkinan besar mendapat peringkat untuk istilah pencarian kompetitif daripada DA 20.

Meskipun PageRank Google tidak menggunakan DA sebagai faktor peringkatnya sendiri, itu masih merupakan metrik penting dan KPI pemasaran digital yang dapat membantu Anda mengukur pertumbuhan situs web Anda. Sebagai pemilik dua agensi pemasaran digital, saya sering ditanya apa artinya DA dan bagaimana cara meningkatkannya. Dalam artikel ini, saya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan banyak lagi.

Cara Menilai DA Anda

DA Anda adalah skor relatif, artinya Anda harus melihatnya dalam konteks situs web lain yang bersaing dengan Anda. Tuliskan situs web yang muncul tepat di atas dan di bawah Anda pada halaman hasil mesin pencari (SERP) untuk istilah pencarian yang Anda rangking. Kemudian, cari DA (atau DR) mereka menggunakan alat penelitian kata kunci. Yang utama meliputi:

  • Moz.
  • SEMrush.
  • Ahrefs.

Karena semua perusahaan ini menawarkan uji coba gratis atau berbiaya rendah, Anda dapat mengetahui DA Anda tanpa mengeluarkan uang sepeser pun (selama Anda membatalkan uji coba sesudahnya). Saat ini, Moz juga memungkinkan Anda untuk memeriksa DA Anda (di antara KPI lainnya) menggunakan alat analisis SEO gratis mereka dan kami juga analisa backlink untuk azhima.id jug amenggunakan tool keren ini.

Bagaimana DA Dihitung?

Skor DA adalah gabungan dari beberapa sinyal peringkat yang digabungkan menjadi satu angka pada skala 100 poin. Menurut Moz , sinyal peringkat ini meliputi:

  • Domain akar.
  • Jumlah link pengarah.
  • Jumlah backlink otoritatif.
  • Kewenangan (yaitu, kualitas dan kepercayaan) dari link.

Berdasarkan pengamatan bertahun-tahun, saya percaya bahwa prestise konten dan penulis dan diversifikasi tautan (yaitu, apakah mereka mengarahkan dari berbagai situs terkemuka) juga berperan.

Karena skor DA adalah logaritmik, kecil kemungkinannya bahwa meningkatkan salah satu faktor akan meningkatkan DA Anda ke tingkat yang sama dengan faktor solo lainnya. Misalnya, meningkatkan lalu lintas organik Anda dapat meningkatkan DA Anda dari 30 menjadi 31, sementara meningkatkan di area lain dapat meningkatkannya dari 31 menjadi 35 menggunakan SEO Bulanannya Agency SEO Litleproject.com

Berapa Skor DA yang Baik?

Ingat, skor DA adalah metrik relatif yang harus Anda bandingkan dengan domain lain yang bersaing dengan domain Anda. Meskipun DA 35 mungkin cukup baik untuk peringkat kompetitif di beberapa industri atau ceruk, mungkin tidak cukup di ceruk lain.

Oleh karena itu, tidak ada skor DA yang secara objektif “baik” yang dapat kita gunakan sebagai tolak ukur. Namun, menurut pendapat profesional saya, apa pun di utara 50 harus dianggap kompetitif terlepas dari ceruk atau industri tempat perusahaan itu berada.

Daftar di bawah ini menunjukkan sifat logaritmik dari perhitungan skor DA. Seperti yang dapat Anda lihat dalam perkiraan dari Ahrefs ( melalui  Search Engine Watch ) di bawah, ada perbedaan besar antara jumlah perkiraan domain perujuk yang memisahkan tingkat skor DA:

  • DA 0-20: 20 domain perujuk.
  • DA 20-40: 603 domain perujuk.
  • DA 40-60: 4.212 domain perujuk.
  • DA 60-80: 25.638 domain perujuk.
  • DA 80-100: 335.717 domain perujuk.

Angka-angka yang tercantum di atas umumnya sesuai dengan pengalaman profesional saya sendiri. Situs web dengan DA sedang hingga tinggi cenderung memiliki domain perujuk yang mencapai ribuan atau puluhan ribu. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan skor DA yang kompetitif, meningkatkan jumlah domain yang merujuk ke domain Anda dapat membantu.

Cara Meningkatkan Skor DA Anda

Sebagai aturan umum, Anda dapat meningkatkan posisi SEO Anda (dan skor DA) dengan menghasilkan konten yang sangat baik dan diteliti dengan baik. Tetapi Anda dapat memulai skor DA Anda hanya dengan melakukan audit tautan menggunakan alat penelitian kata kunci seperti Moz, SEMrush atau Ahrefs.

Setelah Anda menjalankan audit tautan penuh, Anda akan dapat menghapus atau menolak tautan balik yang berasal dari situs dengan otoritas rendah, jaringan spam, atau situs tidak tepercaya yang menggunakan teknik SEO topi hitam. Ini harus membuat perbaikan.

Kemudian, ke bagian yang sulit: pembuatan tautan organik dan penerbitan konten bintang. Pada artikel sebelumnya , saya menulis tentang bagaimana mengembangkan dan menjalankan strategi link-building. Saya masih merekomendasikan formula ini karena menghindari taktik SEO topi hitam yang dapat menghukum peringkat Anda sambil menjelaskan dasar-dasar sumber “jus tautan.” Singkatnya, semakin banyak jus tautan ke situs web Anda, semakin tinggi DA Anda biasanya.

Seiring dengan pembuatan tautan, faktor penting lainnya dalam meningkatkan DA Anda adalah memposting konten lebih sering dan memastikan kualitasnya lebih unggul dari konten pesaing Anda. Jika Anda memposting konten yang diformat dengan baik, bebas kesalahan, dan dikutip secara menyeluruh beberapa kali per minggu, Anda dapat yakin bahwa Anda akan melihat peningkatan DA setelah beberapa bulan. Kuncinya adalah memberikan nilai — jika konten Anda tidak memberikan substansi apa pun kepada pembaca, Anda tidak akan mencetak tautan apa pun dan, ergo, DA Anda tidak akan terpengaruh secara positif.

jago

Anda akan belajar banyak hal melalui postingan kami ini. Jika ingin belajar lebih banyak, silahkan kunjungi https://medium.com/@seoelite

You may also like...