Mengobati Ambeien Saat Hamil

Mengobati ambeien saat hamil perlu dilakukan dengan hati-hati dan penuh kewaspadaan. Pasalnya obat atau ramuan yang digunakan harus benar-benar aman serta memenuhi persyaratan untuk penyembuhan. Hal ini karena kaitannya obat hamil terhadap janin yang dikandungnya.

Mengobati Ambeien Saat Hamil

Tips Untuk Mengobati Ambeien Saat Hamil

Ambeien atau wasir memang umum terjadi pada sebagian ibu hamil. Hal ini mungkin saja dipicu oleh besarnya ukuran rahim sehingga menekan pembuluh darah pada sekitar area anus. Untuk mengurangi rasa sakit dan gejala tersebut Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini.

  1. Konsumsi Makanan Berserat dan Olahraga Rutin

Makanan tinggi serat yang dikonsumsi akan membantu memperlancar pencernaan serta mengatasi susah buang air besar. Diantara makanan berserat tinggi seperti Chia seed, timun, apel dan buah lainnya. Selain itu penting untuk selalu mengkonsumsi banyak air putih.

Adapun olahraga rutin yang dimaksud ialah gerakan gerakan ringan yang menyehatkan dan membantu sirkulasi darah. Untuk ibu hamil sejenis olahraga yang dianjurkan seperti Yoga, senam kegel dan gerakan-gerakan sederhana lainnya.

  1. Memastikan Area Dubur Selalu Bersih dan Tidak Menahan Buang Air

Untuk memastikan agar ambeien tidak semakin parah, maka Anda perlu menjaga area dubur agar tetap bersih serta menghindari penggunaan tisu basah dan sabun yang mengandung wewangian. Hal ini agar pembuluh darah tidak terinfeksi atau mengalami gangguan lebih lanjut.

Disamping itu penting untuk tidak menahan buang air. Adapun dengan menahan buang air justru akan membuat feses menjadi mengeras, sehingga akan semakin sulit dikeluarkan.

  1. Merendam Atau Mengompres Area Anus dan Mengatasi Dengan Obat Wasir

Anda juga dapat melakukan peredaman rasa sakit dengan mengompres area anus menggunakan es batu yang dibalut kain selama kurang lebih 10 menit secara rutin. Metode lainnya dapat dilakukan dengan merendam area anus dengan cara jongkok atau di duduk ke dalam air hangat.

Untuk mempercepat penyembuhan ada juga dapat menggunakan obat wasir yang dianjurkan dokter untuk ibu hamil atau obat wasir alami yang tidak memiliki efek samping serta aman digunakan dalam jangka panjang.

Demikian informasi tentang tips untuk mengobati ambeien saat hamil. Jadikan anda tetap menikmati momen kehamilan serta mengatasi berbagai gejala yang mengganggu dengan cara-cara yang aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

You may also like...