Mengetahui Kegunaan, Dosis, Dan Efek Samping Bioplacenton

Bioplacenton Gel: Cara Pakai, Risiko, dan Efek Samping | Popmama.com

source gambar : popmama.com

Saat kita terjatuh atau tergores dengan suatu benda yang cukup tajam biasanya pada tubuh akan ditemukan luka. Luka tersebut merupakan efek langsung dari benturan atau goresan benda yang mengenai kulit kita. Biasanya jika lukanya tidak parah maka luka tersebut hanya butuh dibersihkan dengan cairan antiseptic, tetapi jika lukanya cukup dalam maka biasanya butuh bantuan obat tambahan agar luka cepat mengering.

Dalam dunia medis ada obat yang direkomendasikan untuk mempercepat proses penyembuhan luka luar pada kulit/ Obat tersebut adalah Bioplacenton yang merupakan obat yang memiliki kandungan placenta dan bahan aktif seperti Neomycin sulfate yang dapat membantu proses penyembuhan luka.

Fungsi utama dari kandungan neomycin sulfate ini yaitu menghentikan infeksi bakteri yang ada di sekitar area luka. Sedangkan placenta pada Bioplacenton berfungsi untuk membentuk jaringan baru pada kulit yang terdapat luka. Jadi pemberian obat ini akan membantu proses regenarasi kulit yang luka dan juga menjaga luka agar tidak terjadi infeksi yang membahayakan.

Bioplacenton ini juga dijual di pasaran dalam dua jenis obat yang berbeda yakni bentuk salep dan bentuk bubuk. Bioplacenton salep ini biasanya digunakan untuk luka luar atau luka terbuka pada kulit, biasanya obat ini juga digunakan pada area luka bakar. Sedangkan Bioplacenton bubuk biasanya digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri pada luka dalam seperti luka sehabis operasi.

Cara penggunaan obat Bioplacenton ini juga tergolong cukup mudah, anda hanya perlu membersihkan area luka yang ingin diolesi Bioplacenton ini sebelumnya. Selanjutnya anda bisa mengolesi area luka dengan menggunakan tangan. Demi keamanan maka anda juga bisa menggunakan sarung tangan latex saat sedang mengolesi area luka.

Untuk dosis penggunaan obat Bioplacenton inipun sangat mudah, anda hanya perlu mengikuti aturan pemakaian berikut ini :

  • Obat Bioplacenton Salep

Gunakan 4 -6 kali dalam sehari, oleskan pada bagian luka terbuka ataupun kulit secara merata dan tipis – tipis.

  • Obat Bioplacenton Bubuk

Gunakan dalam sehari tidak lebih dari 15 gram

Selain itu untuk penggunaan obat Bioplacenton ini juga sebaiknya tidak digunakan lebih dari 2 minggu pemakaian kecuali ada anjuran dari dokter. Hindari juga penggunaan obat ini di area seperti mata, hidung, dan mulut. Jika tidak sengaja terkena area tersebut maka segera bersihkan dengan air bersih.

Setelah selesai menggunakan obat Bioplacenton ini maka anda bisa menyimpannya di tempat yang kering dan sejuk. Jauhkan penyimpanan obat ini dari jangkauan anak – anak dan juga hewan peliharaan. Jika obat sudah tidak digunakan atau sudah habis masa berlakunya maka anda bisa membuangnya di tempat sampah.

Selama penggunaan obat Bioplacenton ini jangan lupa untuk memperhatikan dosis dan anjuran pakai agar terhindar dari efek samping yang mungkin ditimbulkan. Biasanya orang yang menggunakan obat ini akan muncul gejala atau efek samping ringan sebagai berikut :

  • Diare
  • Mual
  • Muntah

Namun jika ternyata efek samping diatas semakin parah dan menimbulkan efek lainnya seperti :

  • Sesak nafas
  • Pusing dan sakit kepala hebat
  • Tegang otot
  • Nafsu makan menurun
  • Perubahan berat badan drastic
  • Sering buang air kecil
  • Bengkak di area luka atau area – area tertentu

Maka sebaiknya anda menghentikan penggunaan obat ini dan segera konsultasi dengan dokter terkait perihal hal ini.

You may also like...