Mengenali 7 Tipe Rumah Joglo yang Punyai Kekhasan Tertentu!

Rumah Joglo adalah rumah tradisi ciri khas dari tanah Jawa. Kecuali mempunyai daya tarik dan kekhasan tertentu, Rumah Joglo mempunyai nilai filosofis dengan penampilan susunan bangunan yang estetik tetapi perannya masih berkaitan dengan warga kekinian seperti saat ini.

Kenyataannya, Rumah Joglo terbagi dalam beberapa macam yang masing-masingnya mempunyai kekhasan tertentu. Sebagai ide, kesempatan ini Kania akan ajak kamu untuk mengenali beberapa jenis Rumah Joglo dan karakternya. Nah, untuk ketahui secara lengkap, baca artikel Kania di bawah ini, yok!

Rumah Joglo Sinom

Tipe pertama ialah Rumah Joglo Sinom. Rumah Joglo ini mempunyai ide yang disebut peningkatan dari Rumah Joglo dengan teras keliling. Ciri-ciri uniknya, Rumah Joglo Sinom diperlengkapi dengan 36 tiang atau saka, di mana empat salah satunya adalah tiang besar khusus atau disebutkan dengan saka guru. Berpindah ke sisi atap, Rumah Joglo Sinom mempunyai segi yang dipisah jadi empat sisi dengan tiap segi yang mempunyai tiga jenjang dengan 1 bubungan.

Rumah Joglo Pangrawit

Seterusnya, ada mode Rumah Joglo Pangrawit yang mempunyai keunikan berbentuk simbol menggantung dengan atap berupa kubah. Pada tiap pojok Rumah Joglo Pangrawit, kamu bisa juga menyaksikan ada tiang atau saka. Sekarang ini, design arsitektur Rumah Joglo Pangrawit sering dipakai pada beberapa rumah kekinian hingga kamu kemungkinan tidak asing saat menyaksikannya.

Rumah Joglo Jompongan

Ada juga Rumah Joglo Jompongan dengan watak atap yang terdiri dari 2 formasi berupa bubungan yang dibikin memanjang ke segi kanan dan kiri. Disamping itu, Rumah Joglo Jompongan mempunyai kekhasan berbentuk pemakaian pintu geser dan denah lantai yang berupa bujur sangkar. Mempunyai design keseluruhnya yang terlihat lebih sederhana daripada Rumah Joglo yang lain, tipe rumah yang ini juga umumnya tidak menempatkan banyak hiasan atau ornament pada bagian atap.

Rumah Joglo Mangkurat

Sama dengan Rumah Joglo yang lain, tipe yang ini mempunyai keunikan tertentu. Saat menyaksikan sisi atap Rumah Joglo Mangkurat, kamu akan menyaksikan formasi tiga jenjang dengan kemiringan yang berbeda. Saat itu, di bagian tengah atap dari Rumah Joglo ini umumnya dibikin semakin tinggi.

Rumah Joglo Hangeng

Bila dibanding dengan Rumah Joglo Pangrawit atau Mangkurat, mode Rumah Joglo yang ini mempunyai ukuran atap khusus paling besar. Disamping itu, Rumah Joglo Hangeng diperlengkapi dengan tratak keliling hingga membuat kesan-kesan istimewa seperti sebuah istana.

Rumah Joglo Lelucon

Disamping itu, ada juga Rumah Joglo Lelucon yang mempunyai ciri-ciri mode atap dengan kesan-kesan simpel dan terdiri dari 2 jenjang. Rumah Joglo Lelucon diperlengkapi atap sisi bawah yang memiliki bentuk lebar dan agak miring, tetapi sisi atasnya dibikin meruncing.

Rumah Joglo Panggang Pe

Paling akhir ialah Rumah Joglo Panggang Pe yang mempunyai kisah untuk digunakan sebagai warung dan rumah. Disamping itu, Rumah Joglo yang ini mempunyai watak berbentuk empat sampai enam buah saka. Kekhasan yang lain, Rumah Joglo ini terdiri kembali jadi bermacam tipe, seperti Empyak Setangkep, Gedhang Setangkep, Gedhang Salirang, Trajaumas, Berbarengan, dan Cere Gancet.

Setiap Rumah Joglo di atas mempunyai keunikan tertentu yang biasanya bisa disaksikan dari wujud atap atau ornament yang dipakai. Di zaman kekinian seperti saat ini, apa kamu berminat untuk membuat tempat tinggal eksotis dan penuh sejarah seperti Rumah Joglo? Kamu dapat, lho mengangkat ide Rumah Joglo kekinian!

Janganlah lupa dapatkan ide menarik yang lain sekitar home dan living cuman di Frillium! Kecuali artikel, kamu bisa juga sekalian beli bermacam furniture jepara dan perlengkapan rumah lewat cara online. Yok, datangi situs Frillium!

You may also like...