Mengenal Perbedaan Tisu Basah Antiseptik, Antibakteri, dan Tisu Disinfektan

Beberapa waktu belakangan, masyarakat memang banyak yang memburu produk kebersihan seperti tisu basah antiseptik, antibakteri, dan tisu disinfektan. Meski sama sama dapat membantu menjaga kebersihan, namun tahukah anda bahwa ketiganya tidaklah sama ? Yuk intip perbedaan di antara ketiga jenis wet wipes ini.

Perbedaan Tiga Jenis Wet Wipes

1. Tisu Antiseptik

Tisu antiseptik merupakan tisu yang efektif digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri, sesuai dengan namanya. Tisu ini aman dan dapat digunakan pada permukaan kulit. Jadi sangat pas jika dibawa bepergian, karena anda bisa menggunakannya untuk membersihkan tangan apabila tidak menemukan akses untuk mencuci tangan menggunakan sabun.

Anda dapat mengusapkan tisu antiseptik pada permukaan kulit yang sama secara berulang guna memperoleh hasil yang lebih maksimal. Biarkan cairan antiseptiknya menempel pada permukaan kulit dan mengering dengan sendirinya. Jangan lupa untuk membuangnya setelah dipakai, karena satu lembar tisu untuk satu kali pemakaian. 

2. Tisu Antibakteri

Selain tisu basah antiseptik, ada juga tisu antibakteri yang tidak kalah diminati oleh masyarakat. Penjualannya pun termasuk sangat tinggi beberapa waktu terakhir. Sebab sesuai dengan namanya, tisu antibakteri ini bisa diandalkan dalam membersihkan bakteri maupun kuman yang menempel pada suatu permukaan.

Yang membuatnya menarik adalah anda tidak hanya bisa menggunakannya pada permukaan kulit saja. Namun tisu antibakteri juga efektif digunakan untuk mensterilkan permukaan benda. Akan tetapi, pastikan bahwa tisu yang anda pilih mempunyai formula lembut dan sesuai pH kulit supaya tidak berisiko menimbulkan iritasi.

Secara umum, tisu antibakteri sendiri ada yang diformulasikan dengan aroma menyegarkan. Jadi anda bisa memanfaatkannya sebagai alternatif sabun cuci tangan. Aroma segarnya akan membuat nyaman saat digunakan. Misalnya setelah anda makan dengan tangan namun tidak dapat menemukan sabun. Maka aroma harum dari tisu akan membantu menghilangkan bau makanan di tangan anda.

3. Tisu Disinfektan

Berikutnya ada tisu disinfektan yang tidak kalah efektif untuk membersihkan bakteri, kuman, serta virus. Bedanya dari tisu antiseptik dan antibakteri yaitu jenis ini hanya diperuntukkan membersihkan permukaan benda keras. Sementara penggunaannya pada permukaan kulit secara langsung tidak dianjurkan.

Itu karena tisu disinfektan mengandung bahan pestisida kimiawi, sehingga menggunakannya pada kulit akan berbahaya. Jadi anda sebaiknya menggunakan tisu disinfektan hanya untuk membersihkan permukaan benda. Supaya hasilnya lebih maksimal dalam membunuh virus, kuman, dan bakteri, pastikan permukaan benda sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum mengusapkan tisu basah disinfektan. 

Demikian perbedaan antara tisu antiseptik, antibakteri, dan disinfektan. Sebaiknya gunakan dengan tepat sesuai tujuannya masing masing. Dengan begitu penggunaannya pun lebih aman dan optimal dalam membersihkan kuman, bakteri, sampai virus. Jika mencari produk wet wipes berkualitas, Olaif tisu antiseptik dapat dipilih. Dengan kandungan alkohol 75%, produk ini bisa digunakan di tangan dan permukaan lain.