Mengenal Pembayaran Virtual Account dan Apa Saja Fungsinya

Seiring dengan perkembangan teknologi dan digital saat ini menjadikan banyak transaksi keuangan bisa berjalan lebih praktis. Salah satu metode pembayaran digital yang bisa dilakukan adalah Pembayaran Virtual Account. Apa itu Virtual Account dan apa saja fungsinya, mari simak penjelasannya dibawah ini.

5 Info Penting Tentang Virtual Account

1. Rekening bank yang tidak nyata

Perkembangan teknologi dan dunia digital saat ini membuat banyak kegiatan manusia menjadi lebih cepat. Salah satunya adalah dalam hal transaksi perbankan. Metode pembayaran yang banyak digunakan salah satunya adalah Virtual Account. Berbeda dengan pembukaan rekening di bank, anda tidak perlu mempunyai nomor rekening bila menggunakan metode bayar ini.

Nomor pembayaran berupa Virtual Account ini akan diberikan kepada anda sebagai pengganti nomor rekening pembayaran. Nomor ID virtual tersebut kemudian digunakan untuk membayar melalui aplikasi M-banking. Caranya yang mudah dan terkesan pribadi ini membuat salah satu metode bayar ini termasuk aman digunakan.

2. Berbeda dengan transfer bank pada umumnya

Pembayaran Virtual Account seperti yang disediakan oleh Duitku tentu berbeda dengan cara transfer pada umumnya. Salah satu yang membedakan adalah tidak adanya nomor rekening yang digunakan. Anda tidak perlu mempunyai buku tabungan atau nomor rekening di Bank tersebut bila ingin melakukan pembayaran, karena tanpa nomor rekening cukup dengan Virtual Account sudah bisa.

Bila menggunakan proses transfer bank melalui nomor rekening sendiri, akan memerlukan konfirmasi terelebih dahulu. Sedangkan bila transaksi menggunakan nomor Virtual Account, maka proses konfirmasi in tak perlu dilakukan. Cara mudah dalam bertransaksi ini sudah mulai banyak dilakukan oleh berbagai platfom media belanja online.

3. Produk fintech  masa depan

Pembayaran Virtual Account merupakan produk dari financial technology atau fintech yang diharapkan dapat mengubah kebiasaan transaksi masyarakat. Pembayaran menggunakan cara digital ini akan lebih efektif dan efisien digunakan daripada penggunaan uang tunai. Karena selain faktor aman namun transaksi digital juga praktis.

4. Bentuk transaksi digital yang praktis

Transaksi digital saat ini sudah bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satunya adalah dengan metode Virtual Account. Anda tidak perlu membayar dengan uang tunai dan menunggu kembalian sata melakukan transaksi. Transaksi mudah hanya dilakukan lewat smartphone dan aplikasi M-banking saja.

5. Tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran

Perbedaan yang mendasar dari Pembayaran Virtual Account dengan metode transfer biasanya adalah tidak adanya konfirmasi saat melakukan transaksi. Akun nomor Virtual Account adalah akun yang bersifat pribadi sehingga nomor yang diberikan akan selalu berbeda setiap transaksi sehingga tak perlu kuatir akan tertukar.

Itulah beberapa informasi penting tentang Virtual Account yang harus anda ketahui. Salah satu metode pembayaran transaksi yang disediakan oleh bank ini memang berbeda dengan transfer biasa. Namun kegunaan dan manfaatnya juga sama banyaknya. Informasi diatas akan membantu anda yang ingin mengetahui informasi tentang metode bayar satu ini.

You may also like...