Mengenal 4 Jenis Kurikulum International School in Jakarta, Kamu Pilih Mana?

Sistem Pendidikan yang digunakan di sekolah internasional tentu tidak sama dengan sekolah umum nasional. Salah satu yang berbeda adalah dari kurikulum yang digunakannya yang sudah standar internasional. Berikut adalah beberapa pilihan kurikulum yang digunakan di International School in Jakarta, mana pilihanmu?

4 jenis Kurikulum Standar Internasional yang Banyak Digunakan

1. Kurikulum Montessori

Kurikulum Montessori adalah jenis kurikulum yang diadaptasi dari italia yang banyak diterapkan untuk berbagai macam sekolah dengan standar internasional hingga saat ini. Kurikulum ini akan lebih menekankan pada pembimbingan aktivitas siswa. Sehingga tidak hanya fokus pada menghafal materi namun juga aktif menerapkannya. 

Salah satu keunggulan kurikulum ini adalah tidak fokus pada nilai yang didapatkan namun akan lebih banyak menilai dari kegiatan anak dan proses perkembangannya. Dengan metode pembelajaran ini akan menumbuhkan sikap kritis anak dan mampu bekerja sama dengan baik hingga membentuk karakter yang kuat. 

2. Cambridge International

Jenis kurikulum International School in Jakarta lainnya yang banyak digunakan adalah Cambridge International. Kurikulum Pendidikan ini berasal dari Inggris dan mendapatkan pengakuan langsung dari Universitas Cambridge. Sistem Pendidikan ini akan membuat anak untuk mempertajam daya analisis dan lebih kritis. 

Selain itu, dengan kurikulum ini anak akan lebih banyak belajar materi public speaking yang akan mendorongnya lebih kreatif dan inovatif di masa depan. Fokus utama kurikulum ini yaitu pembelajaran bahasa Inggris dan cara pandang internasional. Ditunjang dengan sistem yang modern maka kurikulum ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk anak. Salah satu sekolah yang mengadaptasi ini sebagai kurikulumnya adalah Global Sevilla.

3. International Baccalaureate (IB)

International Baccalaureate atau IB adalah jenis kurikulum lainnya yang bisa dipilih di International School in Jakarta. Kurikulum ini adalah hasil adaptasi dari kurikulum Jenewa, Swiss yang sudah digunakan dari tahun 1960. Kurikulum ini juga sudah banyak digunakan di berbagai negara nesar lainnya di dunia seperti AS, Eropa, Timur Tengah, hingga Afrika.

Kurikulum Pendidikan ini akan lebih fokus pada mengasah kecerdasan anak dan mengajak anak untuk lebih berfikir kreatif. Siswa akan lebih belajar daya adaptasi, mengasah kreativitas hingga menumbuhkan kecerdasan emosional. Anak akan dibentuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas untuk lingkungan sekitarnya. 

4. International Primary Curriculum (IPC)

Jenis kurikulum lainnya yang digunakan oleh International School in Jakarta adalah International Primary Curriculum atau IPC. Kurikulum pendidikan ini akan menerapkan student centered yang akan membantu pembentukan pribadi dan karakter siswa yang lebih baik. Siswa akan lebih mampu di era keterbukaan global saat ini.

Itulah sekilas informasi penting tentang sekolah internasional. Sekolah dengan standar Internasional saat ini memang sudah banyak didirikan di Indonesia. Banyak fasilitas sekolah yang akan menunjang kebutuhan pendidikan dan pengembangan diri anak lebih berkualitas. Informasi diatas akan menjadi bahan pertimbangan anda yang ingin mendaftarkan diri.