Pijat Bayi (Baby Massage), Apa Manfaatnya Untuk Bayi

Pijat bayi (baby massage) menjadi salah satu langkah terbaik untuk mendekatkan di antara anak dan ibu. Pijat Bayi mempunyai bermacam fungsi dan manfaat yang bagus untuk bayi, terhitung membuat bayi berasa lebih santai hingga bisa tingkatkan kualitas tidurnya.

Dengan pijatan halus, bayi akan berasa dicintai dan otomatis akan perkuat ikatan di antara anak dan ibu. Beberapa riset memperlihatkan kegunaan pijat bayi bisa menolong menggerakkan perkembangan bayi jadi lebih sehat.

Pijat Bayi

Pijat Bayi

Fungsi Dan Manfaat Pijat Bayi (Baby Massage)

Pijat bayi berguna untuk menolong menggairahkan mekanisme perputaran mekanisme pencernaan dan darah. Disamping itu, baby massage dapat menolong menangani beberapa keadaan sakit di perut, seperti kram perut, perut kembung, atau sembelit.

Beberapa manfaat pijat bayi (baby massage) yang lain:

  • Tingkatkan ikatan di antara ibu dan anak
  • Menggairahkan mekanisme saraf dan tingkatkan perubahan motorik
  • Menolong tidur lebih pulas dan tingkatkan sistem imun pada bayi
  • Tingkatkan perubahan psikis dan sosial
  • Menurunkan depresi dan melenturkan otot yang tegang
  • Tingkatkan kualitas hidup bayi yang lebih bagus

Tidak itu saja, baby massage dapat menolong menurunkan otot yang tegang, merasa sakit saat tumbuh gigi, sampai menggairahkan perkembangan bayi prematur.

Tapi pijat bayi cuman bisa menolong kurangi merasa tidak nyaman pada bayi saat terjadi keadaan itu dan bukan langkah penyembuhan, hingga pengecekan ke dokter masih dibutuhkan.

Disamping itu, bila bayi mempunyai permasalahan atau masalah kesehatan tertentu, rutinitas baby massage perlu memperoleh kesepakatan dari dokter lebih dulu supaya tidak jadi parah keadaan bayi.

Saat Yang Pas Untuk Pijat Bayi (Baby Massage)

Mengenalkan pijatan atau sentuhan halus pada bayi seharusnya diawali sesaat sesudah bayi baru lahir. Pijat bayi (baby massage) bisa dengan diawali tempatkan bayi pada bagian dada hingga terjadi sentuhan langsung di antara ibu atau ayah dengan anak (skin to skin).

Anda bisa mengawalinya dengan menggenggam bayi dengan kuat, lalu mulai dengan membelai kaki dan punggung bayi secara perlahan dan setahap, begitu juga dengan tempat badan yang lain, terhitung tangan. Sesudah beberapa minggu selanjutnya, Anda bisa meneruskannya dengan lakukan pijatan halus pada bayi.

Tetapi saat sebelum baby spa dilaksanakan, penting untuk mengikut situasi hati atau mood bayi dan tidak boleh lakukan tehnik pijat yang bisa membuat bayi berasa tidak nyaman.

Disamping itu, beberapa riset merekomendasikan bila Anda ingin lakukan pijat bayi sesudah menyusui, karena itu seharusnya dilaksanakan sesudah 45 menit. Ini untuk menahan bayi alami muntah.

Intensif atau berapa kerap baby massage dilaksanakan tergantung pada kenyamanan bayi dan Anda. Anda bisa memijatnya pada pagi hari saat sebelum mengawali hari dan melakukan aktivitas atau saat malam hari saat sebelum tidur untuk menolong anak tidur lebih pulas. Ini bisa Anda coba lebih dulu dan tentukan mana kegiatan rutin waktu pijat yang nikmat buat bayi Anda.

Langkah Pijat Bayi (Baby Massage)

Anda bisa melakukan sendiri baby spa, namun Anda harus berhati-hati. Atau jika tidak mau repot mungkin bisa pergi ke tempat baby spa terdekat. Atau opsi lainnya memanggil terapis pijat untuk datang kerumah Anda.

Tapi tidak boleh sembarangan terapis, kenali dulu jasa yang mau Anda pakai, kami merekomendasikan ke kenseimassage.com karena mereka sudah terbukti profesional. Dan sudah dipercayai banyak pelanggan dengan layanan pijat panggilan Surabaya.

Berikut ialah beberapa panduan atau langkah yang bisa menolong Anda dan bayi berasa nyaman saat lakukan baby spa:

1. Buat situasi nyaman

Baby massage bisa berasa lebih membahagiakan bila dilaksanakan di lokasi yang hangat dan tenang, karena situasi yang nyaman penting untuk lakukan baby massage. Disamping itu, tempatkan handuk di bawah punggung mereka sebagai alas karena Anda perlu buka baju bayi saat lakukan pemijatan.

2. Mulai dengan pijatan halus

Pijat bayi (baby massage) perlu dilaksanakan secara halus dan perlahan-lahan di semua anggota badan bayi. Anda bisa mengawalinya dari sisi kepala dan bergerak perlahan-lahan ke sisi bawah kebalikannya atau kaki.

Tidak ada waktu khusus yang ditetapkan untuk lakukan baby massage, hingga berapa lama waktu pemijatan tergantung pada kenyamanan bayi saja dan Anda bisa lakukan pergerakan pijat secara berulang.

3. Pakai minyak essential

Memakai essential oil saat baby spa sebagai opsi yang bisa diaplikasikan atau tidak, tapi ini perlu dicoba lebih dulu dengan memoleskannya sedikit di kulit bayi.

Bila terjadi reaksi karena itu Anda tidak memakainya, ini untuk ketahui apa bayi mempunyai kulit peka atau alergi pada minyak essential tidak atau itu. Salah satunya argumen pemakaian minyak essential untuk kurangi dampak gesekan yang kemungkinan terjadi karena pijatan

4. Ajak berbicara

Sekalian lakukan pijat bayi (baby massage), kerjakan hubungan atau komunikasi dengan bayi Anda. Sebutkan nama mereka dan berbicaralah dengan suara perlahan untuk bikin mereka lebih nikmati pijatan dan tenang. Tidak itu saja, Anda dapat bercerita cerita atau menyanyikan lagu yang disamakan dengan pergerakan pijat yang Anda kerjakan.

You may also like...