Manfaat Jeruk Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat Jeruk Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh – Jeruk (citrus) merupakan buah-buahan yang sangat populer dan sangat mudah dijumpai. Ada banyak jenis buah jeruk diseluruh dunia, yang dapat dibedakan berdasarkan jenisnya, bentuk, ukuran hingga rasa.

Di Indonesia sendiri buah jeruk ada beragam, contohnya jeruk purut, jeruk bali, jeruk kunci, dan jeruk nipis. Tentunya jeruk-jeruk tersebut secara umun banyak digunakan pada masakan, minuman hingga keperluan pengobatan.

Namun kebanyakan orang lebih menyukai jenis jeruk yang manis, ketimbang yang asam, karena lebih mudah untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak dan tidak bikin sakit perut.

Selain rasanya yang enak dan manis, jeruk juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nah berikut beberapa manfaat buah jeruk yang harus kamu ketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengutip dari American Journal of Clinical Nutrition mengemukanan bahwa jus jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat tinggi.

Satu gelas jus jeruk memiliki lebih dari 200% vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Vitamin C juga dikenal sebagai asam askorbat, berfungsi sebagai antioksidan utama dalam tubuh yang berguna untuk menghancurkan atau menetralkan radikal bebas.

Disamping itu, asam askorbat merupakan salah satu komponen dasar kolagen yang diperlukan untuk memperbaiki sel dan untuk pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh.

Baca juga : Beberapa tanaman berbahaya untuk tubuh

2 Menjaga Kesehatan Tulang

Tubuh memerlukan asupan vitamin C yang cukup guna untuk menyerap kalsium dan vitamin D dengan baik.

Nah, agar kesehatan tulang kamu semakin terus terjaga, jangan lupakan asupan nutrisi ini bagi tubuh.

Untuk itu kamu bisa mengkonsumsi buah jeruk secara teratur untuk mendapatkan khasiatnya.

4. Baik Untuk Pengidap Diabetes

Jeruk dapat dikonsumsi pengidap diabetes, hal ini karena jeruk rendah kandungan kalori, serta mengandung tinggi antioksidan dan vitamin C yang tentunya dapat mengurangi gula dalam darah.

Namun, perlu kamu ingat bahwa jeruk tidak dapat mengatasi masalah diabetes dan kencing manis.

Buah satu ini hanya dapat mencegah naiknya gula darah secara berlebihan, naiknya gula darah dapat terjadi akibat apa yang kamu konsumsi sehari-hari.

5. Mencegah Kanker

Penelitian menunjukkan, kandungan flavonoid pada kulit jeruk bisa membantu mencegah pertumbuhan, dan penyebaran sel kanker di dalam tubuh, serta sekaligus mendukung apoptosis atau penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel-sel disfungsional.

Penelitian dari Universitas Arizona, juga menyimpulkan bahwa dengan konsumsi satu sendok teh kulit jeruk per minggu mampu mengurangi risiko terkena kanker kulit karsinoma sekitar 30 persen.

6. Menangkal Radikal Bebas

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C mampu melindungi sel-sel tubuh dengan menetralkan molekul radikal bebas yang berbahaya.

Radikal bebas dapat terbentuk dari polusi udara, asap rokok, stres, pajanan zat kimia tertentu, sinar matahari, bahkan proses metabolisme dalam tubuh.

Molekul jahat tersebut diduga dapat menyebabkan stres oksidatif yang mengarah pada sejumlah penyakit kronis seperti diabetes melitus, jantung, hingga kanker.

Baca juga : Manfaat jeruk caviar lime

Nah, antioksidan mampu merusak rantai radikal bebas dan, secara tidak langsung, menurunkan risiko penyakit-penyakit kronis tersebut. Mengonsumsi jeruk dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C sekaligus menambah asupan antioksidan.

Itulah beberapa Manfaat Jeruk Dalam Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

You may also like...