Macam Macam Fungsi Banner: Ukuran dan Cara Membuatnya

Macam Macam Fungsi Banner

Masnid.com

Secara umum pengertian banner adalah salah satu media yang digunakan untuk melakukan beberapa promosi seperti menjual suatu produk atau bahkan hal-hal yang perlu diketahui oleh masyarakat umum.

Ada yang mengatakan bahwa spanduk adalah media umum berupa cetakan dengan ukuran yang telah ditentukan.

Secara umum logo bisa vertikal atau bahkan vertikal, tergantung keinginan seseorang.

Sebelum mencetak logo, seseorang perlu mendesainnya terlebih dahulu. Alat yang digunakan dapat berupa komputer dan perangkat lunak tertentu. Contoh alat desain yang sudah Anda kenal termasuk Adobe Photoshop dan CorelDraw.

Selain itu, logo ini juga sering kita jumpai pada blog atau website tertentu. Spanduk jenis ini membutuhkan tautan aktif yang dapat mengarahkan pengguna ke situs web yang dipromosikan.

Pengertian Banner Menurut Para Ahli

Ini adalah definisi tanda yang telah dijelaskan oleh banyak ahli. Cek penjelasan berikut:

Menurut Rashmat Kriantonou

Pengertian spanduk menurutnya merupakan bentuk aplikasi komunikasi impersonal. Kontak tersebut berisi informasi tentang produk yang dibutuhkan konsumen.

Menurut Dharmady Dorianto

Pengertian tanda menurut pendapatnya adalah suatu proses komunikasi yang didalamnya terdapat tindakan-tindakan seperti meyakinkan seseorang untuk membeli dan menggunakan produk yang dihasilkan.

Prosedur tersebut diimplementasikan melalui spanduk yang mempromosikan produk itu sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian spanduk yang dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah media promosi yang menyediakan sejumlah berita atau pesan yang ditujukan kepada konsumen.

Semua informasi ini akan digunakan sebagai bahan promosi untuk perdagangan dll.

Menurut Wikipedia

Definisi spanduk web yang pernah dijelaskan oleh Wikipedia adalah iklan yang terhubung ke Internet. Umumnya, kita bisa melihat iklan tersebut di halaman blog atau website tertentu.

Fungsi dan Tujuan Banner

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, spanduk adalah media pemasaran yang berbentuk sebagai bentuk promosi, iklan, publikasi, dll.

Media pemasaran tersebut kemudian digunakan sebagai fungsi dari spanduk itu sendiri. Sedangkan tujuannya agar konsumen tertarik dengan iklan atau promosi yang terbukti.

Merujuk pada penjelasan banner di atas, berikut beberapa fungsi lainnya, yaitu:

  • Media informasi: Rambu-rambu dipasang dengan sejumlah media informasi sehingga dapat memberikan efektifitas terhadap kegiatan yang dilakukan.
  • Media promosi : Tidak jauh berbeda dengan postingan sebelumnya, fungsi media promosi ini juga sangat efektif dalam memasang spanduk. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemasangan rambu itu sendiri, pemasangan rambu harus ditempatkan pada posisi yang benar-benar strategis.
  • Identity: Tahukah Anda bahwa banner di sebuah website atau blog adalah identitas tersendiri? Identitas ini kemudian akan memudahkan orang untuk mengingat produk dan orang lain yang sedang dipromosikan.

Mau belajar lebih dalam tentang dunia Printing? Kunjungi saja website Masnid.com yang banyak mengulas tentang materi Printing, Spanduk dan Desain.

Jenis – jenis Banner

Di bawah ini adalah jenis-jenis spanduk yang dapat dikategorikan berdasarkan ukuran dan bentuknya. Cek penjelasan berikut:

Berdasarkan ukuran

Jenis spanduk ini dapat dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, berdasarkan ukuran standar, ukuran spanduk, dan tombol.

Ukuran standar

Umumnya metrik jenis ini digunakan oleh seseorang yang memiliki minat tertentu seperti popup dll. Berikut adalah contoh ukuran standar untuk spanduk:

  1. Medium rectangle – 300 x 250 IMU/ Pixel.
  2. Square pop up – 250 x 250 IMU./ Pixel.
  3. Vertical rectangle – 240 x 400 IMU/ Pixel.
  4. Large rectangle – 336 x 280 IMU/ Pixel.
  5. Rectangle – 180 x 150 IMU/ Pixel.

Ukuran spanduk dan Buttons

Tidak seperti jenis ukuran sebelumnya, yang ini lebih umum digunakan di situs web tertentu. Contoh ukuran yang sering digunakan pada jenis banner ini antara lain:

  1. Full banner – 468 x 60 IMU/ Pixel.
  2. Half banner – 234 x 60 IMU/ Pixel.
  3. Micro Bar – 88 x 31 IMU/ Pixel.
  4. Button 1 – 120 x 90 IMU/ Pixel.
  5. Button 2 – 120 x 60 IMU/ Pixel.
  6. Vertical banner – 120 x 240 IMU/ Pixel.
  7. Suara button – 125 x 125 IMU/ Pixel.
  8. Leaderboard – 728 x 90 IMU/ Pixel.

Berdasarkan bentuknya

Ada beberapa jenis banner tergantung dari bentuk bannernya, yaitu x-banner, mini x-banner dan roll banner. Cek penjelasan berikut:

  • X-Banner

Jika Anda melihat spanduk berbentuk seperti huruf X, itu bisa disebut X-Banner. X-Banner biasanya memiliki dua kolom penyangga yang terbuat dari aluminium yang lebih ringan. Siapapun harus bisa membawa spanduk dengan mudah dan nyaman.

  • Spanduk Mini X

Tidak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, hanya saja ukuran spanduk jenis ini lebih kecil dari yang sebelumnya.

  • Gulung spanduk

Sesuai dengan namanya, banner jenis ini berbentuk gulungan atau roll. Penggunaan logo jenis ini sangat mudah bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Demikian penjelasan artikel mengenai pengertian, fungsi, tujuan, jenis dan pembahasan lengkap tentang signage. Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi semua orang. Terima kasih telah membaca.

You may also like...