Lokasi dan Harga Tiket Bukit Sikunir Dieng Desember 2022

Wonosobo merupakan sebuah destinasi wisata yang tidak diragukan lagi bagi warga jawa tengah maupun jogja, bagaimana tidak, berwisata ke wonosono lebih tepatnya ke daerah Dieng merupakan pengalaman yang indah dimana lokasi ini yang berada di dataran tinggi dan memiliki udara yang sejuk serta memiliki banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi. Seperti telaga, gunung dan banyak lainnya. Salah satu objek wisata yang ada di wonosobo yang akan kita ulas berikut adalah sikunir.

Daya Tarik Bukit Sikunir

Sikunir merupakan sebuah bukit yang ada di wonosobo. Bukit ini terkenal karena memiliki pemandangan sunrise yang sangat indah bahkan banyak orang yang camping di bawah bukit sikunir dimana pada lokasi camping ground ini juga terdapat sebuah danau atau telaga yang bernama telaga cebong. Lokasi camping ground juga tidak terlalu jauh dari tempat parkir yang mana terdapat juga warung-warung dan toilet umum sehingga tidak mempersulit anda bagi kalian yang kurang perlengkapan. Bagi kalian yang ingin camping namun tidak memiliki peralatan, di sekitar tempat parkir juga terdapat penyewaan perallatan camping jadi segala sesuatunya sangat terpenuhi di lokasi ini.

Untuk dapat mencapai puncak bukit sikunir dan melihat sunrise, anda memerlukan waktu mendaki dari dasar bukit hingga ke atas dengan jarak sekitar 800 meter. dari atas bukit sikunir ini selain sunrise yang indah anda juga dapat melihat pemandangan gunung sindoro dan gunung sumbing berserta plus di pagi hari sering terlihat kabut awan yang tentu saja akan sangat indah bila di foto.

Bila tidak terdapat kabut awan, anda juga tetap bisa melihat keindahan dari ketinggian, melihat area rumah-rumah yang ada di bawah beserta telaga cebong juga cukup menarik. Dan juga bila akan berkunjung ke lokasi sikunir, pastikan untuk mengenakan jaket yang tebal dikarenakan suhu di lokasi wisata ini yang sangat dingin apalagi di pagi hari. Maklum saja lokasi wisata ini berada di ketinggian sekitar 2.306 Mdpl tinggi juga yah guys.

Fasilitas Umum Bukit Sikunir Wonosobo

Fasilitas umum yang ada di lokasi ini adalah terdapatnya area parkir yang luas, terdapatnya lahan untuk camping ground, berbagai warung makan di dekat lokasi parkir, mushola serta toilet umum. Pada bagian atas puncak juga terdapat pendopo atau tempat duduk yang dapat anda gunakan untuk beristirahat setelah berjalan menuju puncak.

Baca Juga: Sunrise Gereja Ayam 

Lokasi Bukit Sikunir Wonosobo

Lokasi sikunir dieng ini berada di di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo Regency, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitar 22,6 Km dari pusat kota wonosobo dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi yang mana memakan waktu perjalanan sekitar 58 Menit. Berikut kami berikan peta lokasi wisata sikunir yang dapat anda buka melalui link berikut guna menentukan rute perjalanan dari lokasi anda menuju lokasi Sikunir. 

Harga Tiket Masuk Bukit Sikunir Wonosobo

Untuk menuju lokasi sikunir anda akan memasuki kawasan Dieng dimana anda akan dikenakan retribusi memasuki kawasan sebesar Rp 10.000 per orang dan tiket masuk sikunir di kenakan biaya masuk lagi Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk parkir kendaraan anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja.

Jam Operasional Bukit Sikunir Wonosobo

Untuk jam operasional sikunir adalah buka setiap hari 24 jam. Anda dapat berkunjung kapan pun ada ingin dan kapan pun anda ada waktu, anda bisa datang dekat waktu sunrise tanpa camping dan bisa juga camping. Pastikan untuk bersenang-senang dan menikmatinya selama anda berkunjung yah.