Kumpulan Surat Alquran  dan Manfaatnya

7 Manfaat Membaca Alquran di Rumah Secara Rutin

Dalam agama islam ada sebuah kitab suci yang bernama Al Quran, isi yang ada di dalam Al quran knj adalah firman dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yang gunanya untuk petunjuk dan juga pedoman dalam menjalani kehidupan bagi umat manusia.

Supaya menjadi seorang umat muslim yang baik kita ini harus rajin membaca Al quran. Membaca Al Quran ini juga bisa membuat kita mendapatkan pahala. Besarnya pahala yang bisa kita dapatkan ini sebanyak 10 kali lipat seperti yang di

jelaskan di dalam hadist sahib muslim yang berbunyi:

“Barangsiapa membaca satu huruf dari Al-Quran maka dia mendapat satu kebaikan,

sedangkan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipat, saya tidak mengatakan

Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif satu huruf, Lam satu huruf, dan Mim satu

Huruf”(H.R. Muslim)

Surat yang ada didalam Al quran ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membuat rezeki menjadi lancar dan membuat kita jadi terhindar dari sihir, pada kesempatan kali ini mari kita bahas kumpulan surat alquran dan juga manfaatnya:

  • Surat Al-Waqiah

Bagi umat muslim yang membaca surat ini sebanyak 14 kali setiap mereka selesai sholat ashar, maka ia bisa mendapatkan eezeki yang melimpah. “Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

  • Surat Ar-Rahman

Bagi umat muslim yang rajim membaca surat Ar rahman saat bangun di malam hari atau setelah melakukan shalat maka ia bisa berjumpa dengan Allah SWT dan akan menjadi manusia yang paling harum dan juga indah di hari kiamat.

  • Surat Al-Mulk

Surat yang ada di dalam Al quran yang bisa membuat kita terhindar dari siksa kubur adalah surat Al-mulk. Hal ini sudah sesuai dengan sabda dari Nabi Muhammad SAW yang bunyinya “Barang siapa membaca "Tabarakal-lazi bi yadihil –mulk setiap malam, maka Allah Ta’ala akan menyelamatkannya dari siksa kubur” (HR. An Nasa’i).

  • Surat Al-Hajj

Bagi Anda yang mengamalkan surat Al hajj ayat 27 sebanyak 70 kali setelah Andamelakukan shalat fardu atau saat sedang di waktu luang anda ini bisa mendapatkan jodoh yang baik, jadi bagi Anda yang belum memiliki jodoh sebaiknya Anda rajin membaca surat ini.

  • Surat Yasin

Seperti yang sudah kita ketahui jika kita rajin membaca surat yasin semua urusan kita di dunia ini akan di permudah. Hal ini juga telah di jelaskan di dalam hadist yang berbunyi “Barang siapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga”  (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

  • Surat Al-Kahfi

Bagi umat musli yang bisa hafal 10 ayat pertama untuk suray ini maka dia bisa selamat dari fitnah dajjal, hal ini sesuai dengan hadist yang berbunyi Dari Abi Darda rasulullah bersabda, “Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama dari Surat Al-Kahfi, maka dia selamat dari fitnah Dajjal.” (HR. Muslim)

  • Surat Al-Ikhlas

Salah satu surat pendek yang pastinya sudah di hafalkan sejak kecil adalah surat Al – ikhlas, jika Anda rajin membaca surat ini sebanyak 10 kali setiap harinya maka Anda bisa mendapatkan rumah di surga. Hal ini terdapat dalam sebuah hadist yang berbunyi “Barang siapa yang membaca qul huwallahu ahad (Surah Al-Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga” (HR. Ahmad).

You may also like...