Krim Temulawak di Kalim Berbahaya? Ini Dia Manfaat, Keunggulan, dan Dosisnya

Krim Temulawak di Kalim Berbahaya? Ini Dia Manfaat, Keunggulan, dan Dosisnya – Temulawak punya nama Latin Curcuma xanthorrhiza Roxb (Zingiberaceae). Ini yaitu tanaman obat yang tumbuh tersebarkan luas di Asia Tenggara. Kebanyakan, temulawak dipakai selaku bumbu masakan serta obat. Akan tetapi, di Indonesia, temulawak selaku obat pun biasa dipakai selaku penyembuhan tradisionil buat menanggulangi jerawat.

Berlanjut ke ranah kecantikan, beberapa waktu terakhir ini tampil serta tenar krim temulawak dari Malaysia, yang di-claim bisa menanggulangi jerawat, memutihkan, serta memperhatikan kesehatan kulit keseluruhannya. Gak cuman import dari Malaysia, produsen kecantikan Indonesia lantas keluarkan produk mirip. Akan tetapi, buat mengungkap kebenaran claim-nya, kamu penting mencermati apa yang terdapat pada konstruksi krim temulawak itu.

 

maklon kosmetik

Cari Pabrik Maklon Kosmetik dan Skincare Terbaik? Cek Disini

 

  1. Kegunaan Krim Temulawak

Apabila disaksikan dari kandungannya, berikut kegunaan krim temulawak umumnya:

– Obat Anti Jerawat

Dalam jurnal internasional kreasi banyak pengamat dari Institut Pertanian Bogor (IPB), dikatakan kalau temulawak punya faedah buat kesehatan kulit. Dalam hasil study itu, tanaman rempah ini dicermati sisi bunganya yang setelah itu dikeringkan buat diambil konsentrat minyak atsirinya, atau essential oil dari temulawak.

Hasilnya dijumpai kalau minyak atsiri dari bunga temulawak punya kapabilitas buat membatasi perkembangan bakteri P. acnes, yang menimbulkan pembengkakan waktu kulit berjerawat. Minyak itu sampai dapat membatasi bakteri jerawat 50 prosen lebih bagus diperbandingkan antibiotik tetrasiklin, yang umum dipakai dalam penyembuhan jerawat.

– Selaku cream pemutih kulit

Masih mengambil dari jurnal yang serupa, ditemui pun kalau temulawak mempunyai potensi buat memutihkan kulit. Baik konsentrat ataupun minyak atsirinya, nyatanya bisa membatasi pekerjaan enzim tyrosinase. Enzim itu bertanggung-jawab atas penciptaan melanin yang bisa membikin kulit jadi gelap.

– Buat perlindungan kulit dari effect jelek cahaya UV

Pancaran sinar UV bisa berimbas jelek dalam kulit. Cahaya ini dapat menimbulkan kulit lusuh, tampil bintik hitam di paras, dan menyebabkan kanker kulit. Dalam suatu study, dikatakan kalau pembawaan anti-oksidan yang dipunyai temulawak bisa buat perlindungan kulit dari bermacam effect jelek dari cahaya UV itu.

– Merehatkan kulit yang lebam

Pembawaan antiradang dalam temulawak bisa menolong menghilangkan bermacam situasi kulit yang terjalin dengan pembengkakan, contohnya di situasi eksim. Kegunaan ini umumnya dapat juga kurangi pembesaran atau radang dalam beraneka macam.

 

Baca juga: Raphael Michael CEO Pabrik Maklon

 

– Membikin tahan lama muda

Temulawak termasuk ke grup anti-oksidan tropis, yang punya kegunaan untuk bikin kulit tampak lebih muda. Perihal ini sebab temulawak bisa buat perlindungan kulit dari penuaan awal yang berasal dari hal external, seperti pancaran sinar matahari yang berlebih, merokok, pencemaran, serta yang lain.

  1. Bahaya Krim Temulawak

Walaupun kegunaan krim temulawak banyak sekali serta udah dapat dibuktikan secara ilmiah, kamu tetaplah harus berwaspada dengan meriahnya produk yang tersebar di pasar. Dikarenakan, banyak produk yang memasukkan krim ini dengan bermacam bahan kimia yang tidak benar buat kulit.

Berikut cara-cara yang dapat dikerjakan buat mengelak produk krim temulawak yang beresiko:

– Yakini produk krim temulawak punya ijin mengedar dari BPOM atau instansi mirip. Buat periksa ijin edarnya absah atau mungkin tidak, kamu bisa buka situs BPOM serta tambahkan data produk yang disuruh.

– Tonton konstruksi dalam paket. Hindarkan produk krim temulawak itu apabila tak mempunyai kandungan konsentrat temulawak asli, mempunyai kandungan titanium dioksida (zat yang dikategorikan selaku karsigonen, maka bisa menyebabkan kanker), serta mempunyai kandungan paraben (zat yang bisa mengacaukan struktur hormon).

Apabila produk krim temulawak udah punya ijin mengedar yang absah, namun punya kandungan zat-zat yang udah dikatakan barusan, semestinya hindarkan pemanfaatan produk itu. Cari produk krim temulawak yang dibuat berbahan alami, biar kamu dapat nikmati faedahnya.

Bila kamu merasai effect atau tanda-tanda yang tak biasa seusai pemanfaatan krim temulawak, lekas ambil terapan Halodoc buat ajukan pertanyaan di dokter atau buat janji sama dokter kulit di rumah sakit. Isyarat ketidaksamaan serta effect jelek yang barangkali disebabkan lebih ringan diprediksi, apabila kamu lekas berdiskusi di dokter.

 

Baca juga: Urutan Skincare Remaja

You may also like...