Fungsi dan Keunggulan Microsoft Access Untuk Mengolah Data

Microsoft Access adalah sistem manajemen basis data (DBMS) dari Microsoft yang mengintegrasikan Microsoft Jet Database Engine relasional dengan antarmuka pengguna grafis dan alat pengembangan perangkat lunak. Microsoft Access menyimpan data dalam formatnya sendiri berdasarkan Access Jet Database Engine. Itu juga dapat mengimpor atau menautkan langsung ke data yang disimpan di aplikasi dan database lain.

Baca juga yuk mengenai obs studio pada tautan tersebut.

Pengembang perangkat lunak, arsitek data, dan power user dapat menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi. Access juga dapat digunakan sebagai database untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).

Salah satu keunggulan Microsoft Access dari sudut pandang programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); kueri bisa ditampilkan dan diedit sebagai pernyataan SQL, dan pernyataan SQL bisa digunakan secara langsung di Makro dan Modul VBA untuk langsung memanipulasi tabel data di Access.

Fitur Microsoft Access

1. Buat dan bagikan aplikasi tanpa menjadi developer

Access adalah alat yang mudah digunakan untuk membuat aplikasi bisnis, dari templat atau dari awal. Dengan alat desainnya yang mewah dan intuitif, Access dapat membantu Anda membuat aplikasi yang hebat dan fungsional dengan cepat.

2. Kustomisasi aplikasi untuk tumbuh bersama bisnis Anda

Sesuaikan aplikasi kustom Anda agar sesuai dengan bisnis dan pelanggan Anda, sesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan Anda yang terus berkembang. Gunakan Visual Basic for Applications, otomatisasi proses bisnis, dan buat formulir dan laporan yang lebih berguna.

3. Integrasikan dengan berbagai sumber data

Integrasikan data antara aplikasi Access dan bisnis menggunakan pustaka konektor Access untuk menghasilkan gabungan visual dan wawasan dalam antarmuka Access yang sudah dikenal. Simpan data dengan mudah di SQL Server dan Microsoft Azure SQL untuk meningkatkan keandalan, skalabilitas, keamanan, dan manajemen jangka panjang.

Fungsi Microsoft Access

1. Untuk keperluan bisnis

Microsoft Access adalah program yang bisa diterapkan untuk bisnis. Jika Anda sedang memulai bisnis, Anda akan sering mengerjakan database. Misalnya, Anda ingin membuat data laporan keuangan bisnis. Lebih mudah dan lebih baik dengan Microsoft Access.

2. Untuk keperluan sekolah

Jika Anda seorang mahasiswa administrasi atau statistika, Anda akan sering menggunakan database. Selain itu, database sering digunakan oleh guru untuk membuat jadwal. Jadwal termasuk untuk semua guru dan siswa di setiap kelas.

Akibatnya, para guru dan siswa seringkali menggunakan database dalam kesehariannya di sekolah. Ini juga sangat berguna bagi mereka yang bekerja di perpustakaan di sekolah. Access memudahkan Anda untuk membuat, mengedit, dan memelihara database.

3. Untuk keperluan kantor

Untuk kantor, ada banyak posisi yang sering digunakan dengan database. Contohnya adalah sekretaris dan perencana keuangan. Namun, beberapa posisi lain mungkin database. Itulah mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Microsoft Access. Dengan Microsoft Access, lebih mudah untuk memproses setiap database.

4. Untuk Programmer

Pemrogram juga sering bekerja dengan database. Jadi mereka juga membutuhkan Microsoft Access. Microsoft Access sangat berguna bagi programmer untuk memfasilitasi kegiatan yang berhubungan dengan program. Jadi, jika Anda seorang programmer, Anda perlu mengetahui cara menggunakan program Microsoft Access.

Keunggulan Microsoft Access

Dengan bantuan Microsoft Access, pengguna dapat mengelola informasi penting dengan menyimpannya secara mudah untuk referensi, pelaporan, dan analisis di masa mendatang. Sesuai dengan namanya, pengguna akan memiliki akses ke informasi yang diatur dalam database secara efisien.

Berikut adalah manfaat Microsoft Access: Cocok untuk pengguna individu dan tim yang lebih kecil, lebih mudah dioperasikan daripada database klien-server untuk dipahami dan digunakan, impor dan ekspor ke Microsoft Office dan aplikasi lain, templat siap untuk pengguna bisa untuk membuat dan menerbitkan data, memungkinkan pembuatan dan penerbitan database Web dengan mudah, fitur ‘User Me’ untuk pengguna yang baik, memungkinkan pengembang untuk membuat solusi khusus menggunakan kode VBA, menyembunyikan / Tampilkan opsi untuk Pita, memungkinkan pengguna untuk melaporkan Lihat Kecualikan Laporan Tambahan, memungkinkan Laporan Output Format PDF.

Cari info seputar m-bca bagi kamu yang ingin membaca sebuah tips perbankan.

You may also like...