Ketahui Penyakit Kulit akibat Kosmetik

Produk kosmetik dan kecantikan diharapkan dapat menjadikan kulit wajah dan tubuh lebih sehat dan menarik. Namun, jika produk yang digunakan mengandung bahan berbahaya atau tidak sesuai dengan jenis kulit, penyakit kulit kosmetik dapat terjadi.

Produk kosmetik sangat beragam dan berkisar dari sampo, sabun, deodoran, makeup, tabir surya, pewarna rambut, cat kuku, krim, dan serum wajah. Kosmetik yang mengandung iritan seperti AHA, alkohol, wewangian, paraben, atau tretinoin dapat menyebabkan masalah atau penyakit kulit. Gejala bisa langsung muncul

Penyakit kulit yang disebabkan kosmetik

Penyakit kulit dapat terjadi jika kulit terpapar bahan pengawet dan pewangi pada kosmetik seperti paraben, formaldehida, formalin, imadazolidinyl urea, isothiazolinone, methylisothiazolinone, dan quaternium-15. Selain itu, penyakit kulit juga bisa dipicu oleh kandungan aluminium, asam salisilat, natrium lauret sulfat dan logam seperti merkuri dan kromium.

Berikut beberapa penyakit kulit yang bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik:

1. Dermatitis kontak

Produk kosmetik dan perawatan pribadi yang bersentuhan langsung dengan kulit dapat menyebabkan dermatitis kontak.

2. Urtikaria

Urtikaria atau urtikaria ditandai dengan munculnya ruam, kulit perih, sensasi kesemutan, dan gatal-gatal. Gejala ini biasanya muncul beberapa menit hingga sekitar 1 jam setelah kulit bersentuhan dengan kosmetik dan bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu 24 jam.

3. Anafilaksis

Anafilaksis adalah reaksi alergi parah yang jarang terjadi tetapi bisa berakibat fatal. Penyakit ini ditandai dengan kesulitan bernapas, pusing, mual, dan muntah.

Jika kondisi kulit berkembang setelah menggunakan kosmetik, krim hidrokortison yang dijual bebas dapat membantu meringankan gejala ini. Namun, hindari menggunakannya di wajah Anda tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Hentikan penggunaan kosmetik dan gunakan kompres dingin dan pelembab kulit untuk meredakan gejala kondisi kulit yang muncul. Jika kosmetik tidak memperbaiki gejala kondisi kulit, segera temui dokter kulit untuk perawatan yang tepat.

Yuk cari tahu informasi mengenai kosmetik jafar di perawatan sehat dengan url resminya https://perawatansehat.co.id.

You may also like...