Kenali Segmentasi Media Sosial, Optimalkan Penggunaannya

Pemasaran Media Sosial ataupun Social Media Marketing ialah salah satu platform pemasaran yang sangat terkenal dikala ini. Gimana tidak? Jumlah pengguna platform media sosial terus hadapi pertumbuhan tiap tahunnya. Dilansir dari Hootsuite, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia saja telah menggapai 160 juta pengguna ataupun menggapai 59% dari total jumlah penduduk di Indonesia.

Memandang informasi tersebut, tidak heran jika brand sangat aktif memakai media sosial. Platform media sosial bisa menolong brand buat tersambung dengan audiens buat tingkatkan brand awareness, traffic ke web ataupun marketplace, sampai tingkatkan penjualan produk mereka.

Dikala ini terdapat 5 platform media sosial yang mempunyai pengguna paling banyak, ialah Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, serta LinkedIn. Apakah kelima platform tersebut wajib digunakan oleh brand? Pasti tidak. Saat sebelum memakai platform tersebut, PowerPeople butuh mengenali dahulu pengguna dari tiap- tiap platform serta tentukan mana yang sangat sesuai buat brand- mu.

5 Platform Media Sosial

Youtube

Youtube memanglah jadi platform yang sangat banyak digunakan dikala ini dengan 88% dari total pengguna internet di Indonesia memakai pengguna Youtube. Audiens platform ini didominasi oleh generasi millennials, ataupun mereka yang lahir di tahun 1980- 2000an.

Platform yang satu ini dapat dimanfaatkan oleh brand buat tingkatkan brand awareness mereka. Konten- konten semacam review produk, iklan, sampai mini series sering dimanfaatkan oleh brand buat menghadirkan produk mereka lewat media sosial yang satu ini.

Facebook

Media sosial yang pernah jadi platform sangat terkenal di dunia ini mempunyai pengguna aktif bulanan menggapai lebih dari 2, 7 miliyar. Muncul semenjak tahun 2004, pengguna Facebook didominasi oleh pengguna yang terletak di generasi X serta millenials.

Bermacam fitur di platform ini kerap dimanfaatkan oleh brand buat tingkatkan brand awareness, semacam fanpage serta paid ads. Terletak di segmen business to customer( B2C), saat ini Facebook pula sudah meningkatkan fitur marketplace yang membolehkan brand buat langsung menjual produknya di Facebook.

Instagram

69, 2 juta pengguna aktif instagram influencer di Indonesia menjadikan media sosial yang satu ini jadi platform yang sangat menjanjikan buat brand. Dikala ini, Instagram dapat dikatakan bagaikan platform utama yang dipakai brand buat membangun brand awareness mereka.

Brand dapat memberikan potret- potret produk mereka ataupun me- repost konten dari audiens yang kebanyakan ialah generasi millenials. Interaksi antara brand serta pelanggan mereka ini menjadikan Instagram bagaikan platform yang mempunyai tingkatan engagement besar.

Buat mengakomodir brand dalam memasarkan produknya ke customer, Instagram pula sudah memperkenalkan fitur Instagram Shoping. Fitur ini membolehkan customer buat langsung melaksanakan pembelian langsung dari artikel di Instagram.

Twitter

Walaupun dikala ini tidak sepopuler platform yang disebutkan tadinya, Twitter masih mempunyai banyak pengguna setia. Berupa platform microblogging berbasi atensi, dimana pengguna serta brand silih tersambung serta berhubungan satu sama lain.

Tingkatan interaksi yang besar di Twitter membuat brand sering menggunakan Twitter buat memperkenalkan fitur pelayanan pelanggan. Dimana brand hendak merespon komplain ataupun pertanyaan- pertanyaan dari pelanggan mereka secara langsung.

LinkedIn

LinkedIn ialah platform media sosial yang mempunyai konsep berbeda dibandingkan yang lain. Dimana sebagian besar penggunanya merupakan handal yang mempunyai latar balik bisnis. Media sosial yang satu ini sering digunakan oleh penggunanya buat mencari pekerjaan.

Walaupun begitu, LinkedIn sesungguhnya tidak cuma platform buat mencari kerja lho. Brand bisa menggunakan media sosial yang satu ini buat Business to Business( B2B) marketing ataupun B2B relationship.

Sehabis memahami platform- platform media sosial di atas, apakah PowerPeople telah dapat memastikan hendak memakai yang mana saja?

 

You may also like...