Kenali Peyebab Utama Kenapa Kucing Susah BAB

Kenali Peyebab Utama Kenapa Kucing Susah BAB

Memiliki kucing tentu saja sudah siap dengan segala konsekuensinya salah satunya adalah dalam hal perawatan, kemudian memperhatikan kondisi kesehatan si kucing. Dan masalah kesehatan kucing ini sendiri ada banyak sekali mulai dari cacingan, kemudian kutuan sampai dengan maslaah susah buang air besar atau sembelit.

Dan tentu saja dari kondisi ini nantinya kalian akan bisa melihat kondisi kesehatan kucing kalian, misalkan dengan kondisi susah buang air besar, kemudian dari sisi warna dan jenis kotoranya kalau tidak sehat akan sangat mudah ditebak dengan cara sederhana ini.

Secara normal kucing hampir sama dengan manusia, bisa pup sehari atau dua hari sekali. Sedangkan jika kucing kalian pupnya sangat jarang maka harus segera kalian atasi karena kalau tidak bisa berbahaya dan menyerang saluran pencernaanya terutama usus besar.

Normalnya yang menyebabkan kucing susah pup bisanya adalah karena makanan kucing susah dicerna, dan kondisi ini terjadi bisa jadi karena faktor makanan, atau karena faktor lain misalkan kondisi yang tidak normal pada pencernaan kucing kalian.

Sebulumnya kamu juga harus tau dulu, ciri ciri kotoran kucing yang normal sehingga kalian nantinya bisa mengambil kesimpulan sendiri.

  1. Kotoran kucing dari sisi warna coklat, ini menandakan normal
  2. Kemudian dari sisi tekstur sedang sedang saja tidak kasar, keras atau tidak lembek
  3. Kemudian dari sisi bau tidak begitu menyengat meskipun masih tetap bau

Nah tiga ciri diatas menandakan pup kucing kalian norma. Kemudian, ini dia kami sajikan beberapa alasan kenapa kucing kalian susah buang air besar, antara lain:

  • Kotoran kucing mengeras, kondisi ini pada umumnya karena faktor makanan. Dimana kucing kalian mengkonsumsi makanan yang salah. Seperti karet misalkan, intinya adalah makanan yang susah dicerna.
  • Kemudian kondisi lain bisa jadi karena dubur kucing kalian kesumbat maka dari itu sering sering penuhi asupan vitamin C pada kucing kalian.
  • Adanya benjolan pada area dubur

Sedangkan indikasi sederhana yang bisa kalian jadikan patokan kenapa kucing kalian susah buang air besar sebenarnya sederhana sekali perhatikan saja dari hal hal sepele dibawah ini misalkan:

  1. Kucing kalian jarang buang air besar, misalkan hanya dua kali dalam satu minggu
  2. Kemudian ketika kucing kalian sedang dalam posisi pup, dia terlihat kesusahan dalam mengeluarkan pupnya
  3. Kemudian dari tekstur kotoran, kalau sudah keluar kalian bisa cek umumnya akan mengeras
  4. Selain itu, perhatikan juga perut kucing kalian akan terlihat keras, dan penuh
  5. Ketika kucing berjalan akan terasa sekali perbedaanya, dimana cara jalannya akan terbata bata dan tidak normal seperti kucing biasanya
  6. Ketika kucing mencoba buang kotoran, yang keluar hanya sedikit padahal sudah 3 hari misalkan kucing kalian tidak buang air besar
  7. Selera makan si kucing akan menurun, karena makanan yang di dalam perutnya masih banyak yang belum keluar dan ini otomatis membuat nafsu makanya menurun dengan drastis.
  8. Kemudian ciri lain, juga kalau dipaksakan makan kucing kalian akan mengeluarkan makanan itu kembali atau dimuntahkan lagi.

You may also like...