Istilah dan Perusahaan Bongkar Muat

Ketika ada barang masuk dari luar negeri maka akan diproses di pelabuhan untuk Bongkar Muat Pelabuhan lalu dimuat dalam container agar bisa diedarkan dan didistribusikan ke seluruh penjuru nusantara. Ketika Anda ingin mengetahui bisnis proses perusahaan bongkar muat, Anda harus paham juga istilah-istilah yang ada di dalamnya. Yuk simak selengkapnya.

Dokumen EIR

Dokumen EIR merupakan singkatan dari Equipment Interchange Receipt, dokumen ini adalah bukti serah terima ketika ada container yang dilengkapi datanta baik secara fisik container yaitu pada saat serah terima container. Dokumen ini harus disetujui oleh kedua belah pihak baik itu dokumen EIR in maupun dokumen EIR out.

NW dan GW
NW dan GW merupakan suatu singkatan yaitu Gross Weight untuk GW yaitu suatu ukuran berat kotor dari barang kemasang tersebut. Dengan begitu kita bisa simulasikan ada berat barang 2,5 Kgs yang mana berat kemasannya adalah 0,5 KGs maka Gross Weightnya adalah 2,5 Kg.
Sementara itu untuk NW alias Net Weight adalah berat bersih barang sebelum dimasukkan kemasan. Dengan begitu, banyak berat barang tidak dihitung bersama dengan kemasannya. Istilah lain dalam perusahaan bongkar muat adalah LCL alias Less Container Load yaitu barang yang dikirim ketika kapasitasnya di bawah stabdar kapasitas muatan container.

Overbregen
Overbregen merupakan proses perpindahan lokasi tumpukan dari peti kemas dari terminal awal ke tempat penimbunan barang sementara atau yang dikenal dengan TPS.

Shipping Mark

Shipping Markadalah bentuk penandaaan pengiriman serta keterangan jumlah paket atau dus yang ada pada kemasan suatu barang

Shipper dan Consignee
Shipper merupakan nama lain dari seorang eksportir alias sang pengirim barang. Istilah ini kemudian banyak menggantikan kata eksportir atau penjual atau pengirim barang. Sebaliknya, untuk consignee dikenal juga dengan seorang importer atau si penerima barang.

Berhandle
Berhandle adala istilah lain untuk menamai pemeriksaan bead an cukai. Nantinya petugas akan memeriksa serta melakukan percetakan job order serta menyerahkan pada pelanggan beberapa dokumen seperti perintah pengeluaran dan penyerahan dua lembar salinan pada petugas layanan operasi.

Pre Alert
Pre Alert adalah suatu tanda pemberitahuan dari agen forwarder yang menandakan bahwa dokumen BLAWB sudah dibayarkan pada seluruh biayanya di Negara asal. Nantinya ini akan dijadikan tagihan biaya jasa kirim barang pada importer yang ada di Indonesia.

SWB BL
SWB BL adalah kepanjangan dari Switch Bill of Lading sementara BL adalah kepanjangan dari Bill of Lading. Ini adalah dokumen set kedua yang ada pada bill of lading yang mana dokumen ini akan dikeluarkan oleh operator alias agen untk substitusi dokumen set pertama yang keluar saat pengiriman telah dilakukan.

FOB Vessel
FOB adalah bebas biaya untuk pengiriman ke atas kapal yang mana merupakan singkatan dari free on board. Ini merupakan istilah pengiriman yang digunakan untuk menunjukkan apakah baik itu penjual maupun pembeli telah bertanggung jawab atas barang yang rusak maupun hancur saat proses pengiriman terjadi.

Nah itu dia penjelasan lengkap mengenai istilah-istilah apa saja yang banyak dipakai di perusahaan bongkar muat. Perusahaan ini memang sangat vital berdiri untuk mendukung proses logistic dan pengiriman barang sampai ke seluruh penjuru nusan

You may also like...