Inilah Beberapa Penyebab Server Website Down

Jika situs web Anda tiba-tiba menjadi tidak dapat diakses, jangan panik dulu. Pertama, cari tahu penyebab situs web tersebut dan segera lakukan perbaikan. Apalagi jika website digunakan untuk keperluan bisnis. Kredibilitas perusahaan Anda diragukan dan kinerja penjualan Anda bisa menurun.

Tetapi bagaimana Anda menangani downtime situs web? Tenang. Artikel ini menjelaskan penyebab kegagalan server situs web dan cara menanganinya dengan tepat. Yuk simak penjelasannya!

Penyebab Website Down Dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa alasan mengapa situs web tidak dapat diakses. Inilah yang menyebabkan situs web gagal:

1. Kualitas Hosting Kurang Baik

Salah satu penyebab penurunan situs web adalah layanan hosting Anda tidak berkinerja terbaik.

Diketahui bahwa server dapat bekerja tanpa gangguan untuk menjaga situs web tetap online setiap saat. Namun, terkadang muncul masalah yang menyebabkan kegagalan server situs web. Hal ini dapat disebabkan oleh kualitas server, teknologi yang digunakan, dan pemeliharaan yang kurang optimal.

Apa artinya uptime tinggi ini? Server yang digunakan selalu online dan jika terjadi downtime hanya membutuhkan waktu 5 menit per tahun. Karena downtime bukanlah kejadian umum, kredibilitas online juga terjaga dengan lebih baik, bukan?

2. Kebanjiran Trafik

Selain hosting yang buruk, situs web dapat macet ketika lalu lintas sedang booming. Misalnya, ketika Anda memiliki promosi dagang di beberapa titik. Kondisi ini tentunya akan mendorong banyak pengunjung untuk mengakses website tersebut dalam waktu yang bersamaan.

Apa yang terjadi dengan kondisi di atas? Karena banyaknya jumlah akses simultan, server tidak dapat memproses permintaan data dengan benar. Biasanya dimulai dengan akses lambat ke titik yang sama sekali tidak dapat diakses.

Hal ini semakin parah jika layanan hosting yang digunakan tidak memenuhi persyaratan. Jadi, jika situs Anda perlu diperluas, perbarui segera.

3. DNS Bermasalah

Penyebab lain waktu henti situs web adalah masalah DNS. DNS dikenal sebagai sistem yang memfasilitasi komunikasi internet melalui URL. Dengan sistem ini, pengguna tidak perlu lagi mengingat deretan angka sebagai alamat IP saat mengakses website.

DNS harus disetel dengan benar agar mengarah ke situs web yang benar. Namun, terkadang ada yang salah. Misalnya, Anda memasukkan alamat yang benar, tetapi pesan kesalahan muncul di browser. Ternyata url tersebut mengarah ke situs lain yang tidak aktif.

Jika masalah ini terjadi, jangan panik. Perbarui, Anda hanya perlu memeriksa apakah pengaturan DNS di cPanel sudah benar. Jika Anda terus mengalami masalah, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan untuk bantuan lebih lanjut.

4. Kendala pada WordPress

Masalah dengan WordPress juga dapat menyebabkan situs web turun. Ada banyak jenis batasan. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa kesalahan terjadi.

Misalnya, jika situs web Anda tidak dapat diakses dengan kesalahan 404, ada masalah dengan URL yang digunakan atau pengaturan DNS. Masalah ini menghasilkan pesan bahwa situs web tidak dapat ditemukan. Jadi tidak selalu di sisi server.

Uraian masalah akan membantu Anda memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah yang Anda alami.

5. Serangan Hacker

Serangan peretasan adalah penyebab lain waktu henti situs web. Ada banyak serangan peretas di luar sana yang dapat mengganggu situs web seperti Malware, XSS, SQL Injection, dan DDoS.

Salah satu serangan yang banyak digunakan sebagai penyebab kegagalan server website adalah DDoS. Dalam aksinya, peretas membanjiri situs web dengan lalu lintas palsu dan membanjiri server dengan permintaan pengguna.

Serangan DDoS biasanya ditujukan pada situs web dengan sistem keamanan yang buruk. Jadi selalu tingkatkan keamanan situs web Anda untuk mencegah hal ini terjadi. Jika perlu, Anda dapat menggunakan layanan keamanan pihak ketiga seperti CloudFlare.

Jika ingin mengenai hosting apa saja yang bagus server Indonesia, bisa lihat review hosting indonesia pada tautan tersebut, dengan source detailnya: https://www.olawebdesign.com/hosting-terbaik-di-indonesia.