Inilah 4 Sifat Wajib Bagi Rasul, Yang Penting Untuk Kamu Ketahui, Simak!

4 Sifat Wajib Rasul yang Wajib Dicontoh Setiap Umat Islam

Sebagai umat muslim, tentu kita pernah diajari dan diceritakan tentang kisah 25 Nabi, tak terkecuali dengan kisah-kisah Rasul. Rasul sendiri merupakan Nabi yang dipilih secara khusus untuk menyampaikan ajaran Allah SWT. Rasul memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari Nabi, dan sifat dari Nabi dan Rasul wajib untuk kita teladani.

Apakah kamu masih ingat tentangĀ  sifat mustahil bagi Rasul dan sifat wajib bagi Rasul yang kita pelajari dahulu? Jika tidak, berikut kami akan mengulas 4 sifat wajib bagi Rasul. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

  1. As-Shidiq, Sifat Wajib Bagi Rasul

Sifat wajib bagi Rasul pertama yang akan kita bahas yaitu As-Shidiq, yang memiliki arti selalu benar dan jujur. Sudah sepatutnya sebagai kekasih Allah SWT, Rasul dijauhi dari sifat berbohong dan munafik. Sebab Rasul sendiri, memiliki tugas untuk menyampaikan kebenaran tentang ajaran Allah SWT. Merupakan hal yang mustagil bagi Rasul untuk melakukan suatu kebohongan, sifat ini juga yang sangat melakat dala diri Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW dikenal sangat jujur dan kejujurannya tersebut bahkan diakui oleh musuhnya sendiri, bukan hanya orang terdekat.

  1. Al-Amanah, Sifat Wajib Bagi Rasul

Sifat wajib bagi Rasul selanjutnya yaitu Al-Amanah yang memiliki arti yaitu dapat dipercaya. Kepercyaan tersebut mencakup berbagai aspek seperti perkataan dan perbuatan yang dilakukan oleh Rasul. Tentunya Rasul merupakan orang yang dapat dipercaya, apalagi Rasul menyampaikan ajaran agama Allah SWT. Sudah pasti ia tidak akan ingkar terhadap perkataan, jika benar maka berkata benar dan hanya menyampaikan kebenaran

  1. At-Tabliqh, Sifat Wajib Bagi Rasul

Sifat wajib bagi Rasul selanjutnya yaitu At-Tabliqh, di mana At TAbligh sendiri memiliki arti yaitu menyampaikan. Rasul memiliki tugas menyampaikan wahyu dari Allah SWT untuk kaumnya saja, berbeda dengan Rasulullah SAW yang diutus untuk menyampaikan wahyu untuk semesta alam. Setidaknya beberapa Rasul lainnya, tetap menyampaikan wahyu walau tidak untuk semesta alam, namun untuk kaumnya. Sebab hal tersebut merupakan tugas wajib bagi Rasul untuk menyampaikan wahyu.

  1. Al-Fathonah, Sifat Wajib Bagi Rasul

Sifat wajib bagi rasul terakhir yang akan kita bahas yaitu Al-Fathonah, di mana Al-Fathonah merupakan sifat wajib yang berarti kecerdasan. Sedangkan untuk memilih pegawai saja kita memilih yang terbaik, bagaimana dengan memilih Rasul. Tentulah Rasul memiliki kecerdasan yang luar biasa dan dijauhkan dari kebodohan. Kecerdasan merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk menyampaikan wahyu, terutama bagi umat manusia.

Mengingat tugas yang diemban Rasul bukanlah tugas yang muda, melainkan tugas yang sulit untuk membuat seseorang percaya terhadap ajaran yang dibawanya. Maka dari itu Rasul membutuhkan kecerdasan untuk membantunya melewati tantangan-tantangan dalam menyebarkan ajaran agama.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar 4 sifat wajib bagi Rasul yang harus kita ketahui. Tidak hanya harus kita ketahui saja, sebisa mungkin kita mampu untuk meniru sifat wajib yang dimiliki oleh para Rasul. Sudah sepatutnya kita sebagai umat untuk belajar dan menerapkan ajaran yang diajarkan oleh Rasul, khusunya Rasulullah SAW.

Bayangkan saja, bagaimana jika kita tidak memiliki salah satu di antara sifat tersebut? Atau paling tidak sedikit-sedikit kita akan mencoba menjadi lebih baik lagi. Semoga kita dijaui dari segala sifat tercela.