Bahan Herbal Penguat Sistem Imun di Tengah Pandemik

Salah satu kunci untuk tetap sehat selama pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung adalah menjaga sistem kekebalan Anda. Karena ketika tubuh diserang virus atau bakteri, mereka berada di garda terdepan dalam memerangi tubuh kratom wholesale kilo.

Selama ini masyarakat telah mengetahui bahwa salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi suplemen vitamin, buah dan sayur, serta berolahraga secara rutin. Namun, ada tumbuhan yang juga bisa digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kita tinggal di Indonesia, negara dengan banyak sekali tanaman herbal untuk dijelajahi.

Badan riset China Mintel baru-baru ini merilis ramuan herbal yang banyak digunakan di Tanah Air. Masyarakat setempat percaya bahwa ramuan ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tetap sehat saat terjadi pandemi.

Untuk menjelaskan tumbuhan ini dan kegunaannya, IDN Times menghubungi Dr. Fenny Yunita, M.Sc., Ph.D., seorang dokter umum yang juga merupakan alumni Master of Herbal Medicine dan Doctor of Integrative Chinese and Western Medicine pada Jumat (18 September 2020).

1. Ginseng

Tanaman herbal pertama yang banyak digunakan masyarakat Cina adalah ginseng. Tumbuhan akar ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Ada dua bahan utama yang membuat ginseng menyehatkan, yaitu ginsenosides dan gintonin.

Menurut studi tahun 2013 oleh Korean Society of Ginseng, kandungan ginseng efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya adalah dengan menjaga kemampuan homeostasis dan mengontrol aktivitas sel imun. Dengan cara ini, tubuh lebih tahan terhadap serangan berbagai patogen.

2. Jamur Cordyceps

Tanaman herba ini bisa jadi sangat asing di telinga Anda. Cordyceps adalah jamur parasit yang tumbuh pada larva serangga. Mereka menumpang dan memakan serangga sampai tubuhnya membesar dan larvanya mati.

Meski terdengar aneh, jamur cordyceps ternyata memiliki banyak manfaat bagi manusia. Dari mencegah penuaan dini hingga mengobati diabetes tipe 2 hingga memiliki jantung dan paru-paru yang sehat.

Tanaman herbal yang dikenal di China ini tidak secara khusus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Namun, penelitian menunjukkan bahwa cordyceps dapat menekan produksi protein penyebab peradangan, terutama saat tubuh diserang virus dan bakteri. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakan ginseng dan cordyceps.

3. Asupan probiotik

Kata probiotik sering terdengar dalam iklan yogurt. Ya, probiotik adalah makanan yang mengandung bakteri baik. Bahan yang satu itu biasanya sangat erat kaitannya dengan kesehatan pencernaan. Anda bisa menemukannya di yogurt, tempe, dan makanan fermentasi lainnya.

Selain itu, probiotik juga dapat digunakan sebagai penguat sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, ramuan ini dapat meningkatkan produksi sel kekebalan seperti IgA, limfosit T, dll.

Sebuah studi tahun 2001 oleh British Medical Journal menemukan bahwa penggunaan probiotik dapat mencegah frekuensi dan tingkat keparahan infeksi saluran pernafasan hingga 17 persen. Ini membuktikan bahwa probiotik dapat dikonsumsi dengan aman di tengah pandemi seperti itu.

You may also like...