Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Usaha Bakery di Indonesia

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuka Usaha Bakery di Indonesia

Kamu senang dengan produk roti terkenal seperti holland bakery, bread talk dan lain sebagainya? mungkin passion kamu ada di bakery loh. Berbicara tentang roti dan kue tidak lepas dari mesin pembuat kue, bahan baku, oven dan juga teknik memasak yang mana hal tersebut merupakan faktor utama dalam menciptakan bakery yang lezat. Di beberapa negara di luar negeri roti menjadi salah satu makanan pokok mereka, maka dari itu banyak sekali trend kuliner bakery yang berasal dari negara luar. Sedangkan di Indonesia roti kerap menjadi cemilan dan juga jajanan untuk semua kalangan. Akan tetapi jangan takut karena peminat roti di Indonesia juga banyak sekali sehingga hal ini menjadi peluang bagi kamu yang ingin berbisnis bakery dan sekitarnya. Bagaimana peluang usaha bakery di Indonesia? simak ulasan berikut

  1. Prospek Ke Depan

Bisnis bakery dapat dikatakan memiliki prospek yang cukup bagus. Hal ini dilihat dari kemampuan dari bisnis ini untuk beradaptasi dan berkembang menjadi berbagai macam model bisnis lainnya. Banyak sekali olahan bakery yang bisa dikembangkan selain roti seperti kue sus, donat, croissant, cake dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu model bisnis juga bisa kamu kembangkan dan adaptasikan sesuai dengan modal dan kondisi yang kamu miliki, kamu bisa menjual produk tersebut secara online, membuat catering untuk acara besar, hingga membuat café & eatery.

 

  1. Pangsa Pasar

Bisnis bakery memiliki cakupan pasar yang cukup luas, kamu bisa menargetkan segala usia kecuali balita juga pria dan wanita. Akan tetapi kamu perlu menyesuaikan target pasar dengan model bisnis yang ingin kamu buat. Semisal kamu ingin membuat café & eatery berarti pangsa pasar kamu lebih ke anak muda, untuk bakery yang biasa di gunakan sebagai oleh-oleh khas daerah dan lain sebagainya lebih ke anak muda dan orang tua dan seterusnya.

 

  1. Bahan Baku

mesin pembuat kue

Salah satu faktor utama yang membedakan produk satu dengan yang lainnya adalah bahan baku. Jumlah dan kualitas bahan baku yang digunakan akan membuat cita rasa yang berbeda, hal ini lah yang harus kamu pertimbangkan juga sebelum kamu memulai bisnis bakery. Apabila kamu ingin membuat produk yang lezat, kamu harus menambahkan bahan baku yang berkualitas dengan jumlah yang lebih banyak, hal ini tentu akan mempengaruhi harga. Maka dari itu kamu harus memperhatikan bahan baku yang kamu gunakan dan harga yang akan kamu jual.

 

  1. Mesin Dan Peralatan

Selain bahan baku faktor yang tidak kalah penting adalah peralatan yang kamu gunakan. Percaya atau tidak, bakery yang di hasilkan melalui oven yang mahal memiliki rasa yang berbeda dengan yang di hasilkan melalui oven yang memiliki kualitas rendah. Maka dari itu selain bahan baku yang berkualitas peralatan yang digunakan juga akan mempengaruhi rasa yang di hasilkan.

Poin di atas setidaknya akan memberikan kamu gambaran yang lebih luas akan bisnis bakery di Indonesia. Dengan mempertimbangkan hal tersebut kamu bisa memperkirakan modal, modal bisnis, juga pangsa pasar yang akan kamu target nanti. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan arus kas perusahaan melalui audit laporan keuangan yang kamu buat setiap hari.

You may also like...