Fungsi & Jenis Printer

Printer berfungsi sebagai perangkat pencetakan atau menampilkan data dari komputer secara langsung ke pengguna. Data yang dicetak ini bisa apa saja, seperti dokumen, surat, file dan juga dokumen penting.

Saat ini, dokumen dapat dengan mudah dibuat menggunakan aplikasi pengolah kata atau perangkat lunak seperti Microsoft Office. Jenisnya adalah Microsoft Word, Excel, Power Point, Publisher dan Notepad.

Jenis dokumen berupa gambar atau foto dapat dicetak menggunakan software seperti Adobe Photoshop dan Coreldraw. Mencetak gambar sedikit berbeda dengan dokumen biasa, baik dari segi ukuran maupun kualitas kertas yang digunakan untuk mencetak.

Saat mencetak foto, seringkali dibutuhkan printer berkualitas baik untuk hasil yang lebih baik.

Perkembangan printer juga berkembang pesat saat ini. Ada jenis printer yang bisa mencetak tanpa perlu menghubungkan kabel yaitu printer wireless atau printer Wi-Fi. Selain itu printer juga digunakan untuk mencetak spanduk, spanduk, dan baliho.

Printer untuk banner, banner, undangan, dan sablon juga membutuhkan media yang berbeda. Hentikan penggunaan kertas, gunakan media aklirik dan lap di atas kaca.

Fungsi printer selanjutnya adalah menambahkan fungsi lain ke printer yang dapat digunakan untuk lebih dari sekedar mencetak. Fungsi ini digunakan untuk membaca dan mengedit dokumen dalam bentuk digital atau lebih dikenal dengan istilah scan.

Jenis printer

Ada banyak jenis printer di masyarakat, diantaranya:

Printer Dot Matrix

Printer Doat dot matrix merupakan printer yang menggunakan pita sebagai alat bantu cetaknya. Printer ini menggunakan pita untuk menunjukkan keluaran di atas kertas. Printer dot matrix lebih kasar dan kurang bagus.

Printer jenis ini sudah jarang digunakan dewasa ini, biasanya di kantor, toko retail (Alfamart, Indomart, dan sejenisnya).

Printer dot matrix bekerja pada pita, kemudian printer bergerak ke kanan dan ke kiri untuk mencetak output di atas kertas.

Printer Laser Jet

Selain itu, jenis printer sinar laser adalah printer yang menggunakan sistem pencetakan tinta bubuk atau yang disebut toner dengan menggunakan alat infra merah. Hasil cetak untuk printer laser beam lebih baik dari pada printer dot matrix, namun masih dibawah printer inkjet.

Namun, printer sinar laser dapat mencetak lebih cepat dan hasil lebih cepat kering daripada mencetak pada mesin fotokopi. Printer ini menghilangkan kertas dan mencetak dengan toner atau tinta bubuk.

Printer Ink Jet

Printer inkjet merupakan salah satu jenis printer yang dapat mencetak dengan menggunakan sistem tinta sebagai bahan cetaknya. Printer ini dapat mencetak lebih baik daripada jenis dot matrix dan laser, tetapi untuk kecepatan cetak lebih lambat daripada nozel laser.

Meski begitu, printer inkjet lebih banyak digunakan di masyarakat, baik untuk keperluan pribadi, bisnis, kantor maupun instansi. Saat ini ada banyak jenis printer inkjet seperti: B. Printer multifungsi (pencetakan, fotokopi, pemindaian) yang digunakan dalam satu perangkat.

Selain itu, ada printer inkjet yang dilengkapi tabung IV untuk memudahkan penambahan tinta. Dapat mencetak kertas ukuran kecil hingga besar seperti kalender, kertas A3, dan lainnya.

Teman-teman juga bisa baca selengkapnya mengenai printer drivers & epson driver pada tautan tersebut, semoga bermanfaat yaa.

You may also like...