Festival Danau Toba Yang Mengesankan

Festival Danau Toba Yang Mengesankan

Danau Toba dikenal merupakan salah satu danau terbesar dan terdalam yang ada di Asia Tenggara. Selain punya nilai sejarah yang tinggi, Danau Toba juga punya nilai budaya yang tinggi. Salah satunya dibuktikan dengan adanya festival. Festival ini sering dikenal dengan sebutan festival Danau Toba.

Beberapa masyarakat mengatakan, arti dari festival Danau Toba adalah sebagai bentuk rasa syukur warga akan adanya Danau Toba yang menjadi sumber kemakmuran. Selain itu, dengan adanya festival ini warga bisa mengapresiasi tradisi khas yang telah ada sejak dulu.

Berbagai Pertunjukan Festival Danau Toba

Banyak yang mengatakan bahwa dalam festival Toba ini disusun menjadi berbagai rangkaian acara seni budaya. Selain itu, kebanyakan pertunjukannya diramaikan oleh tradisi Batak. Jika kamu sudah penasaran dengan pertunjukan apa saja yang ada di festival ini, maka berikut ini beberapa rangkaiannya:

1. Musik Batak Toba

Rangkaian acara yang pertama ini akan menunjukkan beragam jenis pertunjukan musik yang sangat khas dengan Batak. Tentu saja musik yang dipertontonkan adalah musik tradisional. Setiap alat musik yang akan ditampilkan ini punya sejarah yang unik.

Salah satunya ada tagining, dikenal sebagai gendang yang membawa melodi. Dalam pertunjukan Danau Toba, tagining punya banyak varian. Ada sekurangnya 5 sub etnik Batak yang sudah memelihara varian tagining ini.

Diantara sub etnik tersebut adalah Toba, Pakpak, Mandaling, Simalungun, dan Karo. Semua sub etnik ini menyebut gendangnya dengan nama tagining, kecuali sub etnik Simalungun. Simalungun sendiri yang menyebut gendang ini dengan sebutan gondrang sipitu-pitu

2. Ulos dan Workshop

Ulos merupakan nama dari kain tradisi atau kain khas suku Batak. Kain ini diketahui hampir punah karena pasaran anjlok dan harga bahan dasar ulos yang terlampau mahal. Hal ini juga telah dijelaskan oleh antropolog asal Belanda.

Kain ulos yang khas namun hampir punah ini tentu harus diapresiasi dengan baik lagi keunikannya tetap membawa nama baik bagi Indonesia.

Karenanya ada workshop khusus membahas tentang ulos. Workshop ini akan sangat bernilai untuk kamu jadikan sebagai bentuk penghargaan terhadap kain khas Batak ini.

3. Solu Bolon

Perayaan solu bolon merupakan perayaan yang berbau perlombaan. Perlombaan yang akan diadakan ini berupa kegiatan mendayung di perairan Tuktuk yang juga merupakan bagian dari Danau Toba.

Tidak hanya kekompakan yang akan dinilai, pada perlombaan ini semua tim juga harus beradu kecepatan. Perlombaan ini akan berlangsung hingga 3 hari lamanya. Dalam perlombaan ini, satu tim harus berisikan setidaknya 20 orang.

Perlombaan ini tidak hanya ditujukan untuk menguji kekompakan tiap anggota tim, solu bolon juga bisa mempertaruhkan nyawa setiap anggotanya jika ada kapal besar yang menerobos jalur perlombaan.

4. Tari Tor Tor Sawan

Pertunjukan tari tor tor ini tidak hanya memperlihatkan keindahan budaya. Lebih dari itu, tarian ini akan melibatkan roh halus. Namun tujuan awal dari tarian ini dipercaya sangat baik, yakni membersihkan diri dari dosa.

Dalam pertunjukan ini, 500 orang sekaligus akan bermain tarian tor tor sawan secara kolosal. Saat pertunjukan tari ini berlangsung, ada musik magondangi yang mengiringinya. Jika kamu menyaksikan pertunjukan ini, jangan heran saat banyak cawan terjatuh dan pecah.

Hal tersebut karena pertunjukan ini memang dibuat seperti halnya sebuah ritual khas. Pastikan pikiran kamu tidak kosong ketika menyaksikan ritual pertunjukan tarian ini.

5. Sigale-gale

Sebelum membahas tentang pertunjukan sigale-gale, kamu perlu tahu apa itu sigale-gale. Sigale-gale dikenal sebagai boneka kayu yang sangat khas dengan tradisi Batak. Pada hari biasa mungkin kamu juga bisa menemukan banyak boneka kayu sigale-gale ini.

Namun keberadaannya tidak akan ditampilkan sebesar saat perayaan Danau Toba.  Saat perayaan Danau Toba, sigale-gale akan ditampilkan dalam balutan acara pawai besar.

Kamu bisa melihat kanaval sigale-gale dengan iringan 4 puak suku Batak yang berbentuk simbolis. Pada barisan depan, kamu bisa melihat gundala-gundala yang sangat berkesan dijadikan objek foto budaya.

Festival Danau Toba menunjukkan bahwa tradisi dan budaya tidak hanya punya nilai seni. Festival tersebut juga punya nilai wawasan yang tinggi tentang budi pekerti dan leluhur yang diajarkan dalam masyarakat tersebut.

You may also like...