Fenomena Langit Yang Terjadi Di Hari Ini Dan Sepanjang Bulan Januari

6 Fenomena Langit Januari 2022, Hujan Meteor Deras!

Bulan Januari merupakan bulan yang mengawali semua urutan bulan yang ada dalam kalender masehi. Tidak hanya mengawali semua bulan yang ada ternyata di bulan januari ini juga akan dihiasi dengan berbagai fenomena langit. Banyak fenomena langit yang bisa disaksikan di bulan januari ini, dan fenomena pertamanya dibuka dengan adanya hujan meteor yang dapat dilihat dari bumi.

Selain terdapat fenomena langit tersebut akan ada juga beberapa fenomena yang terjadi pada setiap planet yang ada di tataran galaksi. Kira – kira apa saja fenomena langit hari ini yang menarik untuk kita simak ? Dan seberap pentingkah untuk kita mengetahui adanya fenomena – fenomena tersebut ? Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak rangkuman fenomena yang terjadi di langit sepanjang bulan Januari, berikut ini.

Fenomena yang terjadi di setiap planet selama bulan januari tahun 2022 :

  1. Merkurius, planet ini merupakan planet yang memiliki jarak paling dekat dengan matahari. Terlihat bahwa planet ini tampak mengalami perpindahan keatas di ufuk barat dan membentuk 3 sudut bersama dengan bulan dan juga saturnus di langit. Menurut penelitian planet ini terus menanjak naik kemudian setelah itu merkurius pun turun dan menghilang dari pandangan pengamat.
  2. Venus, planet yang satu ini merupakan planet paling terang di bulan januari bahkan mendapat julukan bintang kejora. Di awal – awal januari terlihat bahwa venus masih tampak di langit senja dan kemudian turun secara terus – menerus mengejar matahari sampai akhirnya menghilang dari penglihatan di langit. Menurut pengamatan venus di prediksi akan terlihat kembali di langit sekitar akhir januari.
  3. Mars, di awal tahun 2022 ini mars terlihat selalu berdampingan dengan bulan, namun meskipun demikian pada akhir Januari diketahui bahwa mars akan mengalami pergeseran dan membentuk segitiga bersamaan dengan bulan dan venus. Selama bulan januari ini mars menjadi salah satu planet yang bisa selalu diamati karena berada di rasi Ophiuchus sampai dengan pertengahan januari.
  4. Jupiter & Saturnus, dua planet terbesar dalam tatanan planet ini terlihat masih bisa diamati dari ufuk sebelah barat setelah matahari terbenam. Setelah matahari terbenam terlihat bahwa kedua planet ini mulai bergerak beriringan dan kemudian berpapasan dengan bulan. Pada titik itu kedua planet ini membentuk sudut bersamaan dengan bulan dan juga merkurius.

Dikeathui menjelang akhir januari nanti Saturnus akan menghilang dari penglihatan pengamat karena ia tersembunyi dibalik kilaunya matahari. Hal tersebut karena selama bulan januari ini Jupiter dan saturnus berada dalam rasi Capricornus.

  1. Uranus & Neptunus, kedua planet yang mendapat julukan planet es raksasa ini terlihat terlalu redup untuk bisa dilihat oleh para pengamat jika tanpa bantuan alat. Jika anda ingin melihat keberadaan kedua planet ini maka anda harus menggunakan bantuan alat seperti teropong. Jangan lupa juga waktu yang tepat untuk melihat kedua planet ini adalah setelah matahari terbenam sampai dengan waktu tengah malam.

Itulah beberapa pergerakan dari planet – planet yang ada di langit selama bulan Januari ini. Hasil pengamatan ini bukan merupakan hal yang pasti karena pergerakan masih bisa berubah menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan alam semesta. Berikut merupakan sekilas informasi mengenai pergerakan planet – planet yang ada dalam tata surya. Semoga informasi ini bisa membantu untuk anda yang memang menyukai perihal astronomi.

 

You may also like...