Deretan Fitur yang Wajib Ada pada Software Point of Sale, Perhatikan!

Software point of sale atau POS adalah perangkat lunak kasir yang perlu anda miliki sebagai seorang pebisnis. Pasalnya program kasir ini dapat membantu anda dalam menjalankan bisnis dengan mengelola transaksi secara tepat. Supaya penerapannya bermanfaat secara optimal dalam menunjang kegiatan usaha, maka pastikan POS system memiliki fitur berikut.

Fitur Wajib pada Point of Sale

1. Laporan Penjualan

Point of sale sebaiknya memiliki fitur laporan penjualan. Dimana selain menyediakan laporan penjualan dengan cepat dan detail, fitur tersebut dapat menyuguhkan laporan bisnis pada cabang lain yang tersebar di berbagai daerah. Apabila perusahaan anda memiliki beberapa cabang, tentu fitur ini sangat penting.

Sehingga anda pun dapat mengetahui perkembangan bisnis di semua cabang secara real time, tanpa harus datang terlebih dahulu secara langsung ke toko. Bahkan laporan penjualan yang ditampilkan oleh POS dapat menunjukkan mana produk yang paling laris dan banyak dibeli di toko.

2. Metode Pembayaran

Di era modern seperti sekarang, masyarakat tidak hanya menggunakan uang tunai sebagai metode pembayaran. Sehingga penerapan software point of sale sebagai bentuk digitalisasi wajib menyediakan berbagai metode pembayaran untuk memudahkan transaksi. Jadi selain menerima pembayaran tunai, toko anda dapat pula menerima pembayaran non tunai.

3. Desain Struk Up to Date

Tahukah anda bahwa ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi bisnis dengan minim biaya ? Caranya sederhana, anda bisa melakukan promosi melalui desain struk baik itu dalam bentuk fisik maupun digital. Desain struk yang up to date ini dapat memberikan informasi toko, pesan khusus untuk pelanggan setia, dan lain lain. Sehingga wajib ada pada point of sale.

4. Pengelolaan Pelanggan

Aplikasi POS juga sebaiknya memiliki fitur pengelolaan pelanggan. Dimana program kasir ini akan menyimpan data pelanggan secara berkala. Jadi setiap pelanggan berkunjung untuk membeli produk, maka datanya bisa masuk ke dalam sistem. Sehingga data tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat riwayat tren pelanggan. Secara umum, data yang tersimpan antara lain nama, alamat email, dan nomor kontak.

5. Pelacak Inventaris Barang

Satu lagi fitur yang wajib ada pada software point of sale yaitu pelacak inventaris barang. Karena ketika mengelola sebuah bisnis, anda tentu perlu mengetahui berapa banyak stok barang yang terdapat di gudang. Sehingga anda bisa mengetahui kapan harus melakukan restock produk dari supplier, atau kapan harus mengeluarkannya ke etalase. Dengan begitu, ini akan menjaga bisnis berjalan lancar.

Pastikan software POS yang anda pilih memiliki deretan fitur tersebut agar penerapannya benar benar bisa membantu melancarkan bisnis. Untuk fitur lainnya dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan masing masing. Jika mencari point of sale system yang menyediakan deretan fitur lengkap seperti ini, maka Soltius Indonesia adalah solusinya. Segera hubungi untuk informasi lebih lanjut.

 

You may also like...