Daftar Makanan Enak di Bali

Pulau Bali sepertinya tidak akan kehabisan pesona. Pulau Dewata tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya, namun juga menunjukkan keindahan budaya lokalnya yang eksotis. Liburan ke Bali tentunya tidak akan lengkap tanpa mencoba kuliner khas Bali.

Meskipun pulau ini dipenuhi dengan restoran bintang lima dan bar mewah, tidak ada yang bisa mengalahkan cita rasa masakan lokal yang lezat. Ingin tahu makanan enak apa saja yang ada di Bali? Yuk, simak ulasan lengkapnya di sini.

Bebek Betutu

Apakah Anda pernah mencoba Bebek Betutu? Jika tidak, sahabat Blibli adalah suatu keharusan! Bebek Betutu adalah salah satu hidangan bebek paling populer di pulau Bali. Hidangan ini diolah untuk menghasilkan daging bebek yang juicy, hangat dan kaya bumbu.

Proses memasaknya sederhana, bisa memakan waktu hingga 7 jam! Tidak heran rasanya begitu surgawi. Bebek Betutu merupakan salah satu kuliner khas Bali yang paling banyak diminati oleh wisatawan. Sebagian besar rumah makan dan tempat makan yang menjual masakan bebek berada di daerah Gianyar dan Gilimanuk.

Nasi Tepeng

Di Jawa Timur terkenal dengan nasi campur untuk sarapan, sedangkan di Bali ada nasi tepeng. Nasi tepeng merupakan jenis nasi yang disajikan dengan aneka sayuran, ayam panggang, dan irisan telur. Nasi Bali juga mirip dengan nasi hangat karena juga disajikan dengan nangka muda dan kacang merah.

Nasi tepeng biasanya memiliki tekstur nasi yang lembek. Tapi itu tidak membuatmu buruk sama sekali. Penyajian daun pisang yang harum juga menambah nafsu makan.

Ada banyak hidangan nasi di berbagai daerah di Bali. Hal tersebut dikarenakan masyarakat Bali sangat suka dengan nasi tepeng sebagai menu sarapan pagi mereka. Sobat Blibli yang ingin mencoba?

Sate Plecing

Setiap daerah di Indonesia memiliki menu sate dengan ciri khasnya masing-masing. Bali juga. Selain Sate Lilit, Bali juga punya Sate Plecing. Sate plecing biasanya dibuat dari 2 jenis daging yaitu ayam dan babi. Untuk sobat Muslim Blibli, tanyakan dulu penjualnya. Yang membuat sate plecing unik adalah bumbunya. Ya, sate ini tidak dibumbui dengan bumbu kacang seperti sate di pulau jawa.

Bumbu sate plecing ini terdiri dari campuran terasi, jeruk nipis, cabai, garam, gula dan tomat. Bagi Anda yang ingin menikmati sate unik dan lezat ini, Anda bisa mengunjungi salah satu lokasi Sate Plecing yang ada di kawasan utama Denpasar. Sate Plecing Arjuna selalu ramai dikunjungi pengunjung. Menurut kabar, sate plecing yang dijual di resto ini adalah yang terbaik di Bali.

Lawar

Lawar merupakan salah satu jenis lauk nabati yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Bali. Lawar bisa dikatakan sebagai versi lain dari suplemen Urap-Urap di Jawa. Pada dasarnya lawar terdiri dari lalapan yang dicampur dengan kelapa kering.

Kelapa kering itu tentu saja dicampur dengan bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih dan bawang merah. Sangat mirip, bukan? Bedanya, lawar juga diberi campuran daging giling. Kelezatan yang menggoyang lidah dijamin bikin ketagihan.

Nasi Campur Bali

Jika berbicara tentang makanan enak di Bali, Nasi Campur Bali tidak boleh dilewatkan. Seperti namanya, hidangan yang satu ini terdiri dari nasi putih dan beberapa lauk campur.

Meski ada banyak versinya, namun 5 jenis lauk khas Bali yang paling dasar adalah jukut urap yang terbuat dari kacang panjang dan aneka sayuran yang dimasak dengan kelapa kering, sate, sambal, schnitzel ayam, dan ikan teri.

Biasanya Anda juga bisa menambahkan berbagai jenis lauk pauk. Buat kamu yang tidak bisa makan halal wajib banget nyobain Nasi Campur Bali with Crispy Pork Skin yang super gurih dan renyah!.

Anda butuh sewa mobil di bali? Disini juga menyediakan lepas kunci maupun dengan driver, harga sangat bersahabat dengan kantong Anda.

You may also like...