Contoh Surat Pengunduran Diri

Sebelumnya mungkin anda pernah mendengar tentang surat pengunduran diri?

Surat pengunduran diri adalah suatu bentuk pernyataan untuk mengundurkan diri dari sebuah perusahaan ataupun pekerjaan. Selain itu, surat pengunduran ini juga dapat berfungsi untuk mengundurkan diri dari suatu aktivitas yang sebelumnya sudah dilakukan.

Jika anda ingin melakukan pernyataan untuk pengunduran diri, maka sebaiknya pernyataan pengunduran diri tersebut anda nyatakan secara tertulis dan juga resmi.

Apabila anda mengundurkan diri melalui lisan, itu artinya anda sudah menyalahi aturan yang ada. Sebab, penyampaian pengunduran diri melalui lisan dianggap sebagai salah satu cara yang tidak sopan ketika anda melakukan pengunduran diri.

Alasan Pengunduran Diri

Ada banyak alasan orang melakukan pengunduran diri, salah satunya adalah ketidak nyamanan. Ketidak nyamanan bekerja bisa berasal dari ketidaksukaan terhadap hal-hal yang terjadi di perusahaan tersebut, namun tentu terasa kurang etis jika anda mengajukan pengunduran diri dengan alasan ketidaksukaan secara personal saja.

Selain itu, alasan lain  resign adalah seseorang mendapatkan pekerjaan baru. Mendapatkan pekerjaan baru dengan posisi dan gaji yang lebih baik merupakan hal yang masuk akal untuk keluar dari tempat kerja yang sekarang.

Format Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran ini ini biasanya ditujukan untuk bagian yang mengurusi persoalan mengenai karyawan atau HRD (Human Resources Development) yang ada di perusahan tersebut. Oleh karena itu, anda harus membuat surat pengunduran diri sesuai dengan ketetapan yang ada.

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait format dari penulisan surat pengunduran diri. Hal ini dilakukan agar surat pengunduran diri anda terlihat lebih sopan, formal, dan resmi. Lalu bagaimana format surat pengunduran diri yang benar? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan berikut ini.

  • Keterangan tanggal dan tempat di buatnya surat tersebut terletak di pojok kanan atau kiri surat
  • Nama lengkap dan tanda tangan dari si pembuat surat
  • Isi surat pengunduran diri dan alasan untuk mengundurkan diri yang logis
  • Pemberian materai pada surat
  • Alamat tempat pengiriman surat yang menggantung di sisi kiri atas

Contoh Surat Pengunduran Diri

Contoh Surat Pengunduran Kerja Sementara

Bandung, 15 Maret 2020

Kepada Yth.

Bapak Direktur PT. BARATA

di tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama                                                 : Edoh Markonah

Tempat/Tanggal/Lahir                   : Bandung, 10 Mei 1994

No. Pegawai                                     : B1002

Jabatan                                              : Staff Distribusi

Bekerja Sejak                                   : 2018

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri sementara dari PT. BARATA selama 4 bulan. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah tanggungjawab saya sebagai ibu untuk mengurusi bayi saya yang baru lahir.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak beserta segenap direksi dan karyawan PT. BARATA. Saya berharap Bapak bersedia menerima permohonan saya, sehingga saya dapat kembali bekerja seperti biasa setelah masa izin pengunduran diri saya berakhir.

Demikian surat pengunduran diri saya sampaikan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Edoh Markonah

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

Bandung, 10 April 2018

Kepada

Yth Pimpinan

  1. REFORMASI

Bandung

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Asep Silet

Alamat : Jl. Cicadas No 02 Bandung

Jabatan : Sales Counter

Bersama surat ini saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpinan pertanggal 1 Mei 2018. Demikian permohonan pengunduran diri saya buat dengan sebenar-benarnya dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Saya ucapkan terimakasih banyak atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja di tempat Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Asep Silet

 

You may also like...