Cari Info Kesehatan Di SehatQ.com? Simak Juga Faktor Yang Bisa Meningkatkan Resiko Terkena Tuberkulosis!

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit mematikan di dunia. Gejala yang umumnya timbul pada seseorang yang menderita TBC adalah mengalami gejala batuk terus menerus, sesak nafas dan biasanya berat badan mulai menurun. Selain itu seseorang yang menderita TBC juga badannya mudah berkeringat pada malam hari walau tidak melakukan aktivitas apapun.

Penyakit ini merupakan penyakit menular yang biasanya paru-paru. Jika seseorang tidak menjalani pengobatan TBC sejak dini, maka penyakit ini bisa menyebar ke organ tubuh yang lain mulai dari otak, ginjal hingga tulang belakang. TBC disebabkan oleh infeksi bakteri tuberculosis. Munculnya bakteri ini diperkirakan berasal dari hewan ternak. Nah berikut ini akan dijelaskan beberapa resiko yang bisa menjadi peluang tinggi seseorang tertular TBC.

1. Melakukan Kontak Fisik

Pastinya seseorang yang sering melakukan kontak fisik dengan penderita tuberkulosis langsung mempunyai potensi besar untuk tertular TBC. Misalnya saja orang yang tinggal satu rumah dengan penderita atau perawat pasien TB, maka penularan penyakit TBC akan lebih cepat lagi. Maka dari itu sebaiknya ketika ada seorang menderita TB, Anda menghindari kontak langsung dengan penderita.

2. Kekebalan Tubuh Lemah

Seseorang mudah terinfeksi penyakit TBC dengan kondisi kekebalan tubuh yang menurun. Karena pada kondisi ini tubuh anda tidak bisa melawan serangan infeksi bakteri penyebab TBC. Beberapa orang yang punya sistem kekebalan tubuh rendah seperti lansia, bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap penularan TBC. Atau seseorang dengan kondisi malnutrisi dengan berat badan di bawah normal maka cenderung beresiko mengalami TBC.

3. Penderita Diabetes

Seorang penderita Direktori penyakit diabetes juga punya potensi tinggi terinfeksi bakteri TBC. Ini diakibatkan karena sistem imun orang yang menderita TBC tidak bisa menekan pertumbuhan bakteri tersebut. Selain diabetes, beberapa orang dengan kondisi kanker, hemofilia, tukak lambung dan penyakit ginjal juga punya potensi untuk terserang TBC. Karena orang dengan penyakit ini tubuhnya punya peluang untuk mengembangkan bakteri TBC lebih luas lagi.

4. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Ketika seseorang mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya. Beli saja saat menjalani pengobatan kemoterapi, mengkonsumsi obat imunosupresan, ataupun mengkonsumsi obat untuk mengatasi beberapa penyakit lain. Nah saat konsumsi obat ini dan sistem imun menurun, maka hal tersebut bisa menyebabkan kondisi dimana anda mudah terserang bakteri TBC.

5. Pengaruh Lokasi

Lokasi tempat tinggal Anda juga mempengaruhi potensi TBC menular ke tubuh. Misalnya saja anda sedang berpergian atau tinggal di daerah dengan kasus TBC yang tinggi. Misalnya seperti ketika anda berkunjung ke beberapa negara berkembang dengan TBC paling banyak ditemukan. Seperti Afrika, Eropa Timur, Asia Tenggara, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia.

Selain itu faktor yang bisa mempengaruhi juga adalah lingkungan tempat bekerja. Misalnya saja ketika anda seorang medis yang bekerja di rumah sakit atau pada fasilitas kesehatan daerah endemik TBC. Maka dari itu sangat penting bagi para pekerja medis yang bertugas di daerah endemik untuk menggunakan masker dan mencuci tangan saat sedang menangani pasien TBC.

Demikian beberapa hal yang bisa mempengaruhi seseorang berpotensi untuk terserang penyakit tuberkolosis. Penyakit ini berbahaya dan mematikan, jadi anda tidak boleh menyepelekannya jika ada anggota keluarga atau anda sendiri yang terserang TBC. Dapatkan juga informasi seputar penyakit TBC, dan cara pengobatannya melalui platform kesehatan SehatQ.com. Platform ini merupakan aplikasi kesehatan andalan keluarga dan masyarakat Indonesia, yang menyampaikan informasi terupdate seputar kesehatan dengan fakta-fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya.

You may also like...