Cara Scan Dokumen dengan Printer di Komputer dan Laptop

Cara Scan Dokumen dengan Printer di Komputer dan Laptop

Cara Scan Dokumen dengan Printer di Komputer dan Laptop

Pengertian Scanning

Sepertinya belum banyak yang mengetahui cara scan dokumen dengan printer di komputer dan laptop. Ya, pemindaian adalah teknik menyalin dokumen – teks, gambar, atau kombinasi keduanya – ke dalam format digital. Fokus pemindaian juga bervariasi, termasuk kebutuhan untuk pengiriman cepat file tambahan, dokumentasi, dan arsip.

Saat Anda menyalin dokumen kertas dengan mesin fotokopi, pemindai atau alat pemindai digunakan untuk memindai atau memindai. Saat pertama kali muncul, perangkat tersebut memiliki bentuk yang menyerupai printer, hanya saja lebih pipih. Seiring waktu, pemindai telah berubah bahkan dalam kombinasi dengan perangkat elektronik lain seperti printer.

Menemukan printer yang dilengkapi dengan alat pemindai tidaklah sulit. Sejumlah produsen telah merilis printer serbaguna yang relatif terjangkau. Kini Anda dapat menguasai pemindaian dokumen dengan printer ke komputer atau laptop dalam waktu singkat. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini!

Langkah-langkah Cara Scan Dokumen dengan Printer

Untuk mempraktikkannya, Anda membutuhkan printer yang dilengkapi dengan pemindai. Pertama, instal driver pemindai printer di laptop atau komputer Anda menggunakan CD yang biasanya disertakan dalam kotak printer. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Jika printer yang Anda gunakan belum dikonfigurasi atau tidak memiliki fungsi koneksi WiFi / WiFi, gunakan kabel USB dengan port USB di laptop dan komputer Anda untuk menghubungkan printer ke komputer. Jika printer Anda telah dikonfigurasi untuk Wi-Fi atau Wi-Fi sementara itu, gunakan fungsi Wi-Fi untuk menghubungkan printer ke komputer atau laptop melalui Wi-Fi.
  • Pastikan kedua perangkat – komputer/laptop dan printer – dalam keadaan hidup. Jangan langsung mengaktifkan panel pemindaian jika aktif. Tunggu hingga keduanya stabil untuk menyelesaikan analisis.
  • Saat memindai dokumen dengan printer di komputer dan laptop, perlu untuk mempersiapkan dokumen agar siap dipindai. Kali ini blog DimensiData akan mencoba men-scan kalender DimensiData 2019 terbaru. Buka penutup pemindai printer dan muat dokumen yang akan dipindai dengan sisi yang dicetak menghadap ke bawah. Pastikan rapi sebelum menutupnya.
  • Kemudian buka control panel atau aplikasi scan pada komputer atau laptop yang anda gunakan. Menu yang ditampilkan mungkin berbeda tergantung pada jenis printer yang dipilih. Selain itu, ada juga opsi pemindaian otomatis yang membawa Anda langsung ke panel pemindaian.
  • Setelah jendela aplikasi pemindaian terbuka, pilih menu Pemindaian Baru. Sebelum memindai dokumen, Anda dapat mengatur terlebih dahulu ukurannya ke resolusi yang Anda inginkan dari hasil pemindaian. Jenis file juga dapat ditentukan melalui parameter ini, mis. Misalnya, .jpg atau .pdf.
  • Ada opsi pratinjau untuk dipilih jika Anda ingin melihat pratinjau pemindaian. Jika Anda hanya ingin halaman tertentu dipindai, pilih kotak centang Pratinjau atau Pindai gambar sebagai file terpisah.

Sudahkah Anda memverifikasi bahwa pengaturan dokumen sesuai kebutuhan?

  • Klik pada opsi pindai (dapat bervariasi tergantung pada jenis printer) dan tunggu dokumen dipindai sepenuhnya. Jangan mencoba membuka penutup pemindai karena ini akan mencegah pemindaian.
  • Dokumen yang telah selesai dan berhasil dipindai secara otomatis disimpan ke folder file explorer di komputer atau laptop Anda.
  • Jika Anda ingin hasil pemindaian disimpan dalam folder tertentu, Anda dapat mengaturnya terlebih dahulu sebelum memulai pemindaian.
  • File yang dipindai dapat diedit atau digunakan sesuai kebutuhan.

Tidak sulit untuk memindai atau memindai dokumen dengan printer di komputer atau laptop?

Pastikan printer sedang digunakan kembali. Periksa juga apakah perangkat yang Anda gunakan kompatibel satu sama lain. Cara scan dokumen dengan printer di komputer dan laptop bekerja tanpa masalah.

Sumber Artikel Terlengkap : htttps://sapamudik.id/

You may also like...