Cara Mudah Basmi Rayap yang Membandel

Rayap merupakan hama serangga yang paling mengganggu karena sangat berbahaya bagi pemilik rumah. Kita perlu tahu bagaimana cara membasmi rayap. Serangga ini kerap merusak berbagai jenis perabot rumah tangga, terutama yang berbahan kayu. Akibatnya, bisa terjadi kerugian baik secara ekonomis maupun eksentrik. Rayap masih berkerabat dengan semut, dan serangga ini juga merupakan hewan sosial.

Dalam hal ini, rayap juga membentuk koloni seperti semut yang terdiri dari ratu rayap dan rayap pekerja. Seorang ratu rayap dapat menghasilkan hingga 30.000 telur rayap dalam sehari. Itulah mengapa ada banyak sekali. Makanan utama rayap hanya terdiri dari selulosa kayu dan makanan lain seperti batok kelapa, kertas, kulit kayu tanaman dan bahan tekstil.

Keberadaan mereka sangat sulit untuk dikenali karena mereka biasanya membangun sarang di tempat yang sulit dijangkau. Kami tidak dapat melihatnya sampai kami menemukan jejak kerusakan dari gigitan rayap. Kerusakannya tentu sangat mengganggu, bahkan mereka tidak akan berhenti makan dalam waktu 24 jam 7 hari, sehingga bisa merusak elemen kayunya.

Tingkatkan ventilasi di dalam rumah

Rayap menyukai tempat yang lembab dan hanya memiliki sedikit sinar matahari. Dengan ventilasi yang memadai, udara beredar di dalam ruangan dan sinar matahari terserap dan rayap segera meninggalkan sarang.

Atur suhu ruangan

Jika rayap tidak hanya efektif dengan pengusir rayap, Anda hanya perlu menyesuaikan suhu ruangan. Selain suhu sedang dan panas, orang juga tidak menyukai suhu yang terlalu dingin. Anda tentu saja dapat menggunakan ini untuk membasmi rayap. Yang harus Anda lakukan adalah memindahkan furnitur yang dimakan rayap ke ruangan dengan suhu yang sangat tinggi atau sangat rendah. Dengan cara ini rayap akan kabur secara otomatis.

Dokumen dan file mengering di bawah sinar matahari langsung

Dokumen berbasis kertas adalah salah satu target utama serangan rayap. Untuk membasmi rayap yang memakan dokumen Anda, keringkan dokumen, file, dan buku Anda di bawah sinar matahari agar tidak lembap dan berubah menjadi sarang rayap. Sinar matahari bisa membuat rayap terlalu panas dan akhirnya mati.

Bilas dengan air sabun

Bahan kimia dalam air sabun dapat membunuh rayap secara efektif. Air sabun juga sangat mudah didapat jika dibandingkan dengan cairan lain, karena kebanyakan keperluan rumah tangga menggunakan sabun. Air sabun dapat merusak sistem pernapasan rayap, menyebabkan rayap mati. Yang harus Anda lakukan adalah menyemprotkan atau menyemprotkan sabun cair ke area yang dimakan rayap.

Tutup retakan di dinding

Selalu cek kondisi rumah atau kamar Anda. Tanpa kita sadari, retakan yang muncul bisa menjadi tempat yang nyaman bagi rayap untuk bersarang. Untuk melakukan ini, periksa dengan cermat sisi ruangan. Jika Anda melihat retakan, segera tutupi dengan semen putih atau minta kontraktor untuk memperbaikinya.

Cara Membasmi Rayap: Singkirkan hal-hal yang sudah tidak berguna lagi

Agar rumah tetap terlihat lebih bersih dan rapi, ada baiknya singkirkan barang-barang yang menurut Anda sudah tidak dibutuhkan lagi. Jika barang-barang tersebut dibiarkan menumpuk, rayap diajak bersarang, terutama barang yang terbuat dari kayu. Singkirkan barang-barang ini segera untuk mencegah rayap datang ke rumah Anda.

Cara membasmi rayap dengan cacing nematoda

Cacing nematoda memang parasit taman, tapi kamu juga bisa memanfaatkan cacing ini sebagai pembunuh rayap yang ampuh, lho! Cacing nematoda ini memakan koloni rayap dari induk ke telur sampai mereka kehabisan apa-apa.

Cara membasmi rayap dengan asam borat

Selain sabun, asam borat merupakan bahan kimia lain yang dapat membunuh rayap. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyemprotkan atau melapisi larutan asam borat pada furnitur atau area yang dipenuhi rayap. Gunakan berulang-ulang secara rutin untuk hasil yang maksimal agar rayap tidak kambuh lagi.

Cara membasmi rayap, membersihkan genangan air

Meski tidak ada hubungannya dengan rayap, membersihkan genangan air sangat efektif untuk membasmi rayap. Ini karena genangan air merupakan tempat yang sangat disukai rayap untuk berkembang biak. Oleh karena itu, bersihkan area dengan banyak genangan air secara rutin, terutama saat musim hujan.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Kamper merupakan obat pembasmi rayap yang paling efektif karena mengandung zat yang mematikan bagi berbagai macam hama, termasuk rayap. Caranya sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah meletakkan segenggam kapur barus atau biji pohon ek di atas furnitur atau area yang menurut Anda akan pingsan.

Lagi butuh jasa pembasmi rayap batam? Anda bisa gunakan layanan dari Fumida yang sudah trusted di berbagai kota besar Indonesia.

You may also like...