Cara Mengetahui CCTV Masih Berfungsi Atau Tidak

Cara Mengetahui CCTV Masih Berfungsi Atau Tidak

Saat ini, CCTV banyak yang mencari dan membutuhkan karena berfungsi sangat penting untuk memantau dan menjaga keamanan rumah kita. Dengan adanya CCTV kita merasa rumah kita menjadi lebih aman jika disaat di rumah maupun tidak di rumah. Karena kamera CCTV bisa memantau siapa saja yang masuk ke rumah kita di siang maupun malam hari. Tetapi kenali dulu bagaimana caranya mengetahui apakah kamera CCTV masih berfungsi atau tidak, simaklah pembahasan berikut.

1. Monitor CCTV Melalui Smartphone

Untuk yang pertama kamu bisa melakukan dengan caa ini, dengan kecanggihan teknologi terkini, untuk melakukan monitoring CCTV, kita tidak hanya dapat melihat melalui layar monitor. Tapi kita juga bisa melakukan monitor CCTV melalui perangkat smartphone, seperti Tab, ponsel berbasis iOS maupun Android, hingga laptop.

Ada banyak aplikasi yang membantu kita dalam melakukan monitor CCTV sekaligus sebagai cara membedakan CCTV hidup atau mati dengan mudah. Terdapat beberapa aplikasi untuk melihat video, seperti IP Webcam, TinyCam, CCTV DVR Viewer App, Meye, dan berbagai jenis aplikasi lainnya.

2. Mengecek Rekaman CCTV

Perangkat CCTV terdiri dari berbagai perangkat pendukung yang bekerja bersambungan satu sama lain. Satu perangkat membantu perangkat lainnya dalam menjalankan fungsi masing-masing dengan baik, seperti DVR yang menyimpan rekaman kamera CCTV dan hard disk yang menjadi storage di dalam DVR.

Dengan DVR dan hard disk, kita leluasa memutar ulang rekaman CCTV kapan saja dan waktu mana saja sesuai keinginan. Dari rekaman tersebut, kita bisa memperhatikan apakah perangkat CCTV bekerja dengan baik dari waktu ke waktu, serta menjadi cara membedakan CCTV hidup atau mati.

Jika rekaman menunjukkan gejala kerusakan, maka segera atasi kerusakan tersebut agar tidak semakin merusak perangkat lainnya. Dan jika kamu masih bingung cara pembenarannya bisa menghubungi ke toko CCTV terdekat seperti CCTV Cilacap.

3. Memantau dalam Jarak Jauh

Dalam pemantauan jarak jauh ini, hampir sama dengan penggunaan aplikasi pada smartphone. Di mana Anda harus mengunduh dan memasang aplikasi monitor CCTV, baik aplikasi bawaan dari perangkat CCTV maupun aplikasi lainnya untuk melakukan pantauan jarak jauh.

Jika Anda menggunakan IP Camera, maka akan semakin memudahkan dalam pengecekan efektivitas CCTV dan sebagai cara membedakan CCTV hidup atau mati yang cukup mudah dilakukan.

4. Mengecek Infrared kamera CCTV

Cara terakhir yakni dengan memanfaatkan fitur infrared yang biasanya ada dalam kamera CCTV. Infrared sendiri juga dapat berfungsi untuk membedakan CCTV hidup atau mati, dan infrared berperan dalam mengambil gambar sesuai dengan sudut pandang CCTV yang diinginkan.

Gambar ini nantinya akan tampil di layar decoder, sehingga Anda dapat memantau apakah CCTV bekerja dengan baik atau tidak. Untuk penggunaan infrared sebagai pantauan mati atau hidup CCTV, lebih baik Anda lakukan saat malam hari. Hal ini dikarenakan saat siang hari cahaya bias dari matahari tidak membantu infrared bekerja dengan efektif, karena infrared bekerja hampir sama dengan night vision. Yakni bekerja dengan pencahayaan yang minim, bahkan gelap malam hari sekalipun.

Untuk mencegah CCTV rusak atau mengalami gangguan, Anda dapat melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala pada seluruh perangkat CCTV. Apabila ada satu perangkat yang mengalami kerusakan atau gangguan, maka dapat mengganggu kinerja CCTV secara keseluruhan.

Juga, pengecekan dapat mencegah CCTV mengalami kerusakan parah. Dengan intensitas kerja yang sangat tinggi, sangat penting untuk memeriksa kondisi CCTV setiap harinya. Kerusakan pada kamera dapat terjadi akibat pengaruh internal maupun eksternal. Secara internal, misalnya, karena lemahnya tegangan listrik dari power supply menuju kamera sehingga kamera tidak dapat bekerja dengan baik. Eksternal dapat terjadi akibat cuaca, seperti terkena terik matahari langsung secara berkala sehingga melemahkan lensa kamera, terkena air hujan terus-menerus, atau rusak secara sengaja.

5. Mengecek Layar Monitor CCTV

Cara satu ini mungkin terlihat sangat sepele, namun cara ini menjadi yang paling mudah dalam cara membedakan CCTV hidup atau mati. Untuk cara tersebut, Anda dapat mengecek monitor decoder dari CCTV.

Apabila terdapat gambar yang layar tampilkan, maka CCTV bekerja dengan baik. Sebaliknya, jika tidak ada gambar pada layar, maka CCTV mengalami gangguan atau mati total. Anda juga dapat membandingkan dengan tampilan CCTV lain yang ada pada layar. Jika gambar satu terlihat menyala dan satu lainnya mati, maka Anda pastikan terdapat gangguan pada kamera CCTV.

You may also like...