Berikut Ini Beberapa Jenis Pipa Untuk Saluran Air

Jual Daftar Pipa PVC WAVIN dan Rucika | Bina Karya Mandiri

Distributor Pipa jakarta merupakan salah satu komponen yang digunakan untuk menyalurkan air dari sumber air ke bagian-bagian rumah yang membutuhkan air. Dari segi fungsi, pipa saluran air berfungsi bukan hanya untuk menyalurkan air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, melainkan juga berfungsi untuk menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan.

Ada beberapa jenis jual pipa Jakarta yang bisa digunakan untuk aliran air. Untuk lebih jelasnya yuk kita simak bersama ulasannya berikut ini!

  1. Pipa PVC

Pipa PVC merupakan produk perpipaan yang paling poluler digunakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selain itu, bahan untuk membuat produk pipa PVC ini sangat aman digunakan karena tidak menangandung timbal yang bisa mengakibatkan permasalahan kesehatan.

Bukan hanya itu, penggunaan material uPVC membuat performa pipa PVC menjadi lebih tangguh dengan tingkat keretakan rendah. Sehingga pipa menjadi tidak mudah rusak dan lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Menurut sejarah, awalnya bahan PVC ini ditemukan tidak sengaja oleh Henri Victor Regnault, seorang ilmuwan ahli kimia asal Rusia tahun 1835 silam. Lalu pengembangan material ini dilakukan ilmuwan di negara yang sama, yakni Eugen Baugman pada tahun 1872.

Selain untuk pipa, bahan baku yang satu ini juga seringkali digunakan untuk kebutuhan lain. Seperti pakaian, kabel listrik dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

  1. Pipa Air PEX

Untuk mengalirkan air, para kontraktor biasanya menggunakan pipa khusus yang anti bocor jika disambungkan dengan pipa lain, salah satunya adalah pipa air PEX (cross-linked polyethylene). PEX ini merupakan jenis pipa yang umum digunakan untuk saluran air panas dan air dingin di rumah. Pipa PEX tahan terhadap suhu ekstrim sehingga cocok digunakan untuk aliran air panas maupun dingin. Selain itu, pipa jenis ini dibuat dengan warna yang berfungsi untuk membedakan saluran air panas atau air dingin. Bukan hanya itu, cara pemasangan pipa PEX ini relatif sederhana dibandingkan jenis pipa lainnya. Yang mana, anda hanya cukup menggunakan cincin penghalang khusus untuk mengamankan sambungan.

  1. Pipa Air Tembaga

Sesuai dengan namanya, pipa yang satu ini terbuat dari bahan tembaga sehingga tidak aneh kalau harganya cukup tinggi dibandingkan jenis pipa lainnya. Kelebihan dari pipa jenis ini adalah anti karat, anti bakteri, dan tahan lama. Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk saluran air bersih, saluran air kulkas, maupun AC.

Perlu diketahui bahwa pipa air tembaga ini memiliki bergam jenis bentuk mulai dari batangan yang memanjang, gulungan, hingga spiral. Kelebihan lain dari pipa jenis ini adalah proses pemasangan yang lebih efesien dan mudah.

  1. Pipa PP-R

Pipa PP-R (polypropylene random) terbuat dari bahan plastik dari minyak bumi yang memiliki karakter unik. Pipa jenis yang identik dengan warna hijau ini memiliki ketahanan terhadap suhu tinggi dan rendah serta tahan terhadap tekanan tinggi. Dengan begitu, pipa PP-R sangat ideal digunakan untuk mengalirkan air panas dan dingin bertekanan.

Kelebihan lainnya dari pipa PP-R adalah tahan terhadap kontaminasi bahan kimia, anti karat dan bebas bocor. Pipa jenis ini aman untuk mengalirkan air siap minum maupun irigasi. Selain itu, pipa ini juga biasanya digunakan sebagai pengganti pipa logam yang korosif. Pipa jenis ini bisa anda gunakan untuk sebagai saluran air panas ataupun dingin di kamar mandi maupun saluran air konsumsi.

You may also like...