Awas, Kebiasaan Minum Ini Bisa Merusak Kesehatan Liver

Liver merupakan salah satu organ vital dalam tubuh yang perlu dijaga. Tapi tanpa kita sadari terkadang membiasakan konsumsi sesuatu yang justru bisa merusaknya. Seperti kebiasaan minum minuman di bawah ini yang bisa merusak kesehatan liver dan berakibat fatal bila dilakukan dalam jangka waktu lama.

Kebiasaan Minum yang Bisa Merusak Kesehatan Liver

  • Kebiasaan Minum Soft Drink Bagi Anak-anak

Anak – anak yang terbiasa meminum soft drink dan minuman manis lainnya akan mengalami obesitas yang selanjutnya mengalami steatohepatitis non alkohol atau yang disebut NASH, yaitu penyakit hati berlemak non alkohol atau NAFLD.

Bila telah mengidap NASH maka akan mengalami penumpukan lemak pada organ hati, yang disertai dengan adanya peradangan serta kerusakan sel hati.

Yang semakin lama menyebabkan jaringan parut pada hati atau sirosis, yang pada akhirnya bisa menyebabkan kanker hati.

  • Kebiasaan Minum Alkohol Bagi Pria Maupun Wanita

Wanita yang terbiasa meminum alkohol 1 gelas setiap hari bisa mengembangkan penyakit hati sirosis. Sementara bagi pria yang terbiasa konsumsi lebih dari 2 gelas sehari lebih berisiko tinggi mengalami sirosis serta kerusakan hati non-sirosis.

  • Kebiasaan Minum Soda Diet Pada Orang Dewasa

Soda diet memang tidak banyak mengandung gula, tapi membiasakan konsumsinya setiap hari dapat berakibat menderita NAFLD atau penyakit hati berlemak non alkohol dari tingkat sedang hingga parah.

Sumber: jam tangan dr laser

You may also like...