Aturan Lengkap Yang Harus Dipatuhi Ketika Melaksanakan Sekolah Offline

Mulainya tahun ajaran baru tahun 2022, banyak sekolah sudah melaksanakan sekolah offline kembali. Pemerintah pun juga sudah memperbolehkan sekolah kembali offline seperti semula. Namun, ketika melaksanakan pembelajaran secara offline, pemerintah telah menerapkan beberapa aturan yang harus ditaati bagi siswa atau tenaga pengajar.

Aturan Ketika Sekolah Dilaksanakan Secara Offline

1. Selalu Mematuhi Protokol Kesehatan

Selalu mematuhi prokes adalah aturan paling utama yang harus ditaati oleh siswa dan juga tenaga pengajar. Mereka harus selalu memakai masker ketika pembelajaran tatap muka sedang dilaksanakan. Hal ini guna, menghindari tingginya angka Covid-19 naik seperti sebelumnya. Sekolah juga harus menyediakan tempat cuci tangan bagi siswa dan guru.

Anjuran gemar cuci tangan sangat berlaku ketika proses belajar tatap muka. Oleh sebab itu, pihak sekolah harus menyediakan tempat cuci tangan bersamaan dengan sabunnya. Termasuk memastikan anak didik untuk mencuci tangan sebelum masuk ke ruang kelas maupun saat pelajaran usai adalah tanggung jawab pihak sekolah.

2. Tidak berkerumunan

Tidak berkerumunan juga  menjadi salah satu aturan ketika melaksanakan pembelajaran secara offline. Pasalnya, dengan berkerumunan juga dapat menyebabkan virus covid – 19 menyebar secara cepat yang nantinya akan menyebabkan angka positif covid-19 naik lagi. Oleh sebab itu, ketika pembelajaran sudah selesai disarankan untuk segera pulang.

3. Menerapkan jaga jarak antar orang dan atau kursi meja paling sedikit 1 meter

Nah menjaga jarak juga aturan yang harus dipenuhi oleh siswa dan tenaga pengajar ketik melaksanakan sekolah offline. Pasalnya dengan menjaga jarak minimal 1 meter dapat meminimalisir tertularnya virus dari satu orang ke yang lainnya.

4. Tidak Bertukar Alat Tulis Dan Buku

Sarana penyebaran virus covid-19 dapat berasal dari mana saja. Untuk itu, siswa tidak diperkenankan untuk bertukar alat tulis maupun buku selama proses belajar mengajar dengan siswa lin. Di sinilah  orang tua memiliki peran sangat penting dalam memastikan kelengkapan media belajar sebelum anak berangkat ke sekolah.

5. Dalam Kondisi Sehat

Nah aturan selanjutnya yang harus dipenuhi dalam melaksanakan sekolah offline harus dalam keadaan sehat. Siswa serta tenaga pengajar yang diperkenankan mengikuti sekolah tatap muka harus dalam keadaan sehat, dengan memiliki suhu tubuh tidak lebih atau di bawah 37,5 derajat celcius.

6. Membawa Bekal Sendiri

Aturan sekolah ketika tatap muka selanjutnya adalah mensyaratkan para siswa untuk membawa bekal sendiri minimal air minum. Pasalnya  tidak ada jam istirahat termasuk juga larangan membuka kantin dan adanya pedagang di sekitar sekolah.

Demikian aturan yang harus ditaati oleh siswa atau tenaga pengajar ketika melaksanakan kegiatan belajar secara tatap muka. Apabila anda ingin bersekolah dengan sekolah yang terbaik dan selalu menerapkan protokol Kesehatan Sekolah Murid Merdeka Solusinya.

 

 

You may also like...