Apakah PT SMI Bagian Dari Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia? Simak Perannya Di Sini

PT SMI atau Sarana Multi Infrastruktur adalah badan usaha milik negara yang dibangun khusus dalam rangka sebagai moda penyalur dan pihak yang menjalankan berbagai proyek negara. Tugasnya tidak lain tidak bukan adalah sebagai lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia. Dapat juga disebut sebagai lembaga pembiayaan pembangunan infrastruktur, lantas apa saja perannya? 

Peran Yang Ditunjukkan Oleh PT SMI 

1. Mempromosikan Partisipan Proyek KPBU 

Salah satu tugas utama sebagai badan usaha penyedia dan pembiayaan adalah menarik partisipan di proyek yang akan atau sedang berjalan. Biasanya, promosi ini ditujukan untuk menarik minat investasi melalui beberapa produk atau layanan asli milik PT SMI. Seperti contohnya adalah pengembangan proyek KPBU, memberi jasa konsultasi bisnis, hingga kapasitas bangunan. 

2. Penyediaan Berbagai Jenis Pembiayaan 

Beragam jenis pembiayaan juga tersedia demi memberi kemudahan untuk para peminat atau proyek yang akan berjalan. Dalam hal ini, beberapa jenisnya mencakup green bond korporasi yang digunakan di Indonesia. Terdapat juga pembiayaan untuk pemerintah daerah yang ditujukan untuk akselerasi atau percepatan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan di suatu daerah.  

3. Memberi Model Finansial Yang Inovatif Dan Kreatif 

Pada dasarnya, PT SMI juga memiliki peranan penting dalam meningkatkan efisiensi pembiayaan dari pemerintah. Hal ini dapat tersedia dalam berbagai bentuk. Mulai dari menjadi katalis lembaga pembiayaan pembangunan infrastruktur itu sendiri, hingga memberi produk untuk mengisi sela pasar. 

Seperti menyediakan konsultasi bisnis dan proyek pada publik. Dalam penerapannya, PT SMI sendiri adalah sosok atau perusahaan yang memang memiliki kemampuan di dalam dunia finansial. Hasil riset produk yang inovatif dan kreatif pun menjadi bagian perannya. Proses ini membutuhkan riset ekonomi hingga konsiderasi financing yang tepat. 

4. Penyertaan Modal Dari Pembiayaan Ekuitas 

Penyediaan biaya tidak hanya berupa bentuk uang atau modal saja. Sebagai salah satu lembaga di bawah hukum dan negara, pekerjaan ini dapat mencakup penyertaan pembiayaan ekuitas. Investasi ekuitas ini dinilai menjadi salah satu daya tarik partisipan hingga badan usaha lain untuk turut bergabung dalam suatu proyek KPBU. 

5. Pendukung Beberapa Program Pembiayaan Negara 

Namanya juga lembaga pembiayaan pembangunan Indonesia maka tugasnya juga termasuk dalam mendukung program dari negara lainnya. Namun tak hanya terbatas pada pembangunan. PT SMI menjadi bagian dari program PEN yaitu investasi pemerintah untuk memberdayakan beberapa BUMN semasa pandemi Covid-19. Terdapat pula perannya di proyek Orientasi SDG untuk skema proyek.  

Dari informasi tersebut, bisa dibilang bahwa lembaga pembiayaan infrastruktur memang menjadi kunci perkembangan negara. Cek PT SMI dari website resminya untuk melihat produk dan layanannya. Anda akan menemukan bahwa PT SMI memang menjadi salah satu badan usaha yang siap mendukung dan menyediakan bantuan dana untuk pembangunan infrastruktur.