Apa Saja Fungsi Meteran Air?

Meteran air PAMmemiliki fungsi yang berbeda, tergantung dari jenisnya. Masing-masing jenis punya beberapa kapasitas, seperti kecil (apartemen dan perumahan), sedang (restoran atau rumah makan), dan besar (pabrik).

 

Menghitung Biaya Produksi

Alat pengukur air ini berfungsi untuk mengetahui penggunaan volume air. Dengan begitu, besar atau kecilnya jumlah air bisa dihitung secara valid. Jadi, PDAM bisa mengontrol penggunaan air.

 

 Mengukur Cairan di Industri Makanan

Khusus industri makanan, flow meter BR dipakai untuk menambah hasil produksinya. Caranya, perusahaan akan menggunakan batching system untuk mengukur jumlah air dalam produksi makanan yang akan dibuat.

 

Mengolah Limbah

Selain itu, alat tersebut juga berfungsi dalam pengolahan limbah. Nantinya, meteran air plastikakan mengukur bahan kimia yang digunakan, seperti flokulan dan koagulan. Setelah itu, biaya pengolahan limbah bisa dijadikan sebagai acuan.

 

Mengecek Kinerja Mesin

Beberapa perusahaan manufaktur juga menggunakan meteran air digital. Alat tersebut digunakan untuk mengetahui mekanisme dan kapasitas pompa, kompresor, dan cooling system. Perusahaan dapat mengetahui adanya kerusakan mesin sejak awal dan menyelesaikannya.

 

Mengontrol Volume Cairan

Flow meter juga berfungsi sebagai pengawas aliran air. Hasil pengukurannya pun bisa berbentuk rekaman, penyimpanan data, dan PLC.

 

 

 

You may also like...