Apa itu Alat USG dan bagaimana cara kerjanya

Apa itu Alat USG dan bagaimana cara kerjanya

Apa itu Alat USG dan bagaimana cara kerjanya

Ultrasonografi ataupun USG merupakan salah satu tata cara pencitraan yang universal digunakan buat memantau kehamilan. Bersamaan pertumbuhan teknologi, USG saat ini ada dalam sebagian tipe, ialah USG 2 ukuran, 3 ukuran, serta yang terkini berbentuk 4 ukuran( 4D).

Tiap tipe USG mempunyai ciri serta keunggulannya tiap- tiap. Walaupun begitu, apakah tata cara USG 4 ukuran yang sangat canggih telah tentu yang terbaik di antara ketiganya? Perlukah bunda berbadan dua memilah USG 4 ukuran dalam pengecekan kehamilan teratur?

Prosedur USG 4 dimensi

Ultrasonografi dicoba dengan memantulkan gelombang suara buat menghasilkan cerminan bakal anak di dalam isi. Gelombang suara ini dipancarkan oleh perlengkapan berupa tongkat yang diucap transducer, yang ditempelkan pada perut ataupun dimasukkan ke dalam Miss V.

Gelombang suara hendak memantul pada organ- organ internal, cairan, serta badan bakal anak. Pantulan ini setelah itu diganti jadi foto dalam 2, 3, ataupun 4 ukuran. Ukuran membedakan wujud foto yang timbul serta apa saja yang bisa dideteksi.

Apa itu Alat USG dan bagaimana cara kerjanya

USG 2D menciptakan foto datar bercorak gelap serta putih. Dengan menggerakkan transducer, dokter bisa memperlihatkan bermacam aspek dari organ badan bunda serta bakal anak. Foto datar ini dapat menolong mendiagnosis kecacatan jantung, permasalahan ginjal, dan kendala yang lain.

Sedangkan itu, USG 3D menciptakan foto dengan volume serta kedalaman sehingga lebih mirip dengan aslinya. Ini berarti Kamu dapat memandang masing- masing sudut, lekukan, ataupun aspek yang lain dari badan bakal anak sehingga kelainan struktur juga bisa dideteksi semenjak dini.

USG 3D menciptakan foto yang statis. Bila Kamu mau mengamati pertumbuhan bakal anak secara real- time, di sinilah kedudukan USG 4 ukuran diperlukan. Kamu hendak mengamati foto yang sama dengan USG 3D, tetapi kali ini dalam siaran langsung.

USG 4 ukuran membolehkan Kamu buat mengamati detak jantung serta aliran darah, sampai mengetahui kelainan yang bisa jadi terdapat, semacam bibir sumbing pada bakal anak. Kamu pula bisa mengamati langsung kegiatan dari bermacam organ bakal anak yang tidak tertangkap pada USG 2D serta 3D.

USG 4D biasanya memakai transducer USG 2D yang menangkap 20- 30 pantulan dengan kilat ataupun matrix array USG 3D. Bermacam fitur ini sanggup menunjukkan foto yang terus diperbarui, sehingga hasilnya semacam foto bergerak ataupun video.

Apa itu Alat USG dan bagaimana cara kerjanya

PT Setia Manggala Abadi

USG SOGATA

You may also like...