9 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas

Membeli netbook sisa? Mengapa harus gengsi? Asal kamu dapat pilih secara benar, netbook sisa berkualitas juga dapat kamu peroleh. Karena itu, saat beli netbook sisa, check dengan cermat beberapa komponen pada netbook yang hendak kamu membeli dan aplikasikan panduan beli netbook sisa di bawah ini.

Saat sebelum memilih untuk beli atau lakukan transfer dana, karena itu kamu perlu pastikan jika netbook sisa yang kamu ingin membeli bekerja yang baik. Selainnya mengecek keadaan fisik netbook sisa yang ingin kamu membeli, hal yang lain harus kamu yakinkan ialah software-nya. Supaya tidak menyesal, berikut panduan beli netbook sisa yang bagus.

9 Hal yang Harus Kamu Cek Saat Membeli Laptop Bekas

Hal paling pertama kali yang harus dipikir ialah keperluan kamu. Benar ada banyak sekali netbook sisa murah yang dipasarkan di pasar. Namun, bila tidak sesuai dengan keperluan, untuk apa membeli, kan?

Cari info dahulu detail, seperti processor dan RAM, yang diperlukan. Jika keperluannya cuman untuk menulis dan searching, tak perlu processor dan RAM yang terlampau tinggi.

Maka jika ada netbook sisa dengan processor dan RAM yang telah sama sesuai keperluan,langsung pikirkan untuk dibeli.

Hal yang paling penting harus kamu check dan termudah disaksikan ialah keadaan body netbook sisa yang hendak kamu membeli.

Apa ada lecet atau rengat di body netbook. Bila masih mulus, memiliki arti bisa saja pemilik awalnya pahami secara baik tehnik menjaga netbook.

Tetapi seandainya di bodynya ada lecet atau retakan, tentu netbook sisa itu pernah jatuh. Dan, tidak tutup peluang, komponennya juga alami sedikit kerusakan yang disebut imbas dari jatuhnya netbook itu.

Check dengan cermat semua sisi monitor dan LCD, baik saat dihidupkan atau saat dimatikan.

Saat netbook mati, yakinkan tidak ada bercak-bercak atau warna yang lain setiap pojok monitor. Langkah gampangnya apa ada bitnik-bintik atau dot piksel pada monitor netbook sisa yakni dengan mengganti wallpaper-nya dengan warna hitam polos.

Kemudian, lihatlah pada monitor, apa ada warna selainnya hitam disitu. Coba dengan warna putih polos, dan yakinkan hasilnya juga sama.

Sedikit panduan saat memeriksa LCD, yakni dengan membuka-tutup secara perlahan-lahan. Monitor netbook yang sudah memiliki masalah saat digoyangkan-goyangkan semakin lebih kendor dan keluarkan warna hitam atau putih. Monitor yang bergelombang juga menjadi tanda-tanda jika monitor sudah mulai hancur.

Check adakah wujud guratan atau retakan pada monitor LCD. Yakinkan tidak ada diskolorisasi setiap pojok monitor.

Keyboard dan trekpad sebagai sisi yang terbanyak dipakai di netbook. Oleh karenanya, check dua sisi itu di netbook sisa yang ingin kamu membeli.

Coba menulis lebih dulu. Jika ada kerusakan, semestinya kamu langsung bisa mengetahui.

Begitupun dengan trekpad. Coba apa pointer bisa berjalan lancar atau mungkin tidak.

Sudah pasti, kamu tidak ingin netbook sisa yang dibeli tidak dapat tersambung ke internet lewat WiFi. Oleh karenanya, coba hubungkan netbook sisa itu ke jaringan WiFi. Bila memiliki masalah, seharusnya mencari netbook sisa lain.

Webcam dipakai untuk lakukan video call lewat netbook. Jika hancur, sudah pasti aktivitas itu akan susah dilaksanakan . Maka, seharusnya check lebih dulu webcam yang berada di netbook sisa yang ingin kamu membeli.

Sama dengan mengecek HP sisa, dalam mengecek netbook sisa juga yakinkan lubang atau socket di netbook tersebut berperan . Maka, kamu perlu bawa flashdisk, earphone, SD card, dan kabel HDMI untuk memeriksa peranan socket-soketnya masih berperan dengan normal atau mungkin tidak.

Disamping itu, check slots DVD-nya apa bisa memutar film? Janganlah lupa untuk memeriksa peranan semua tombol keyboard, webcam, dan keadaan suara dari speaker-nya.

Keadaan harddisk juga jadi elemen yang perlu kamu dicheck. Pertama, yakinkan harddisk yang dipakai telah sesuai detail dari pabrikannya. Jika memang standarnya menggunakan harddisk 500GB, netbook yang hendak kamu membeli juga harus mempunyai kemampuan yang serupa.

Seterusnya check keadaan harddisk itu. Untuk memeriksanya secara keseluruhan perlu waktu lama. Tetapi ada tehnik cepat untuk mengecek keadaan harddisk yakni dengan lakukan copy paste file memakai File Explorer.

Upayakan file dalam kemampuan besar. Bila proses perpindahan file berjalan lumayan lama atau mungkin tidak normal, menjadi tanda-tanda jika keadaan harddisk sudah terkena badsector. Kamu dapat minta tukar dengan harddisk lainnya atau cari netbook lain.

Buat kamu yang mencari netbook untuk bekerja, berikut referensi 5 netbook terbaik untuk karyawan kantoran.

Salah satunya elemen netbook yang harus juga dilihat ialah keadaan battery dan pengisi daya. Salah satunya tehnik memeriksa keadaan battery adalah dengan menggunakan netbook sepanjang beberapa saat dengan buka beberapa software yang lumayan berat.

Saksikan tingkat battery netbook pada awal dan sesudah dipakai. Sesudah digunakan sepanjang 10-15 menit, saksikan tingkat battery. Bila menyusut secara cepat, bisa saja sel battery telah alami kerusakan.

Dan untuk mengecek keadaan pengisi daya, coba kabel pengisi daya netbook ke sumber listrik. Saksikan apa proses charging battery dalam kecepatan normal atau lamban. Yakinkan keadaan kabel pengisi daya tidak terkupas dan tidak hidup-mati sendiri saat digunakan.

Untuk lengkapi netbookmu, simak juga 5 aksesories kece buat netbook punyamu.

Itu 9 hal yang perlu kamu check saat beli netbook sisa. Yang paling penting, saat sebelum beli netbook sisa, seharusnya kamu lakukan survey harga lebih dulu. Yakinkan kamu telah tentukan merk dan seri netbook yang kamu bidik, hingga kamu tinggal cari tahu harga pasarnya saja.

Harga memang bergantung dari keadaans barang tersebut, tetapi sekurang-kurangnya, kamu mempunyai harga dasar yang hendak berguna saat kamu ingin bertransaksi dengan penjual.

Dan agar tidak tertipu, yakinkan kita ketahui kisah penjualnya. Hingga, seandainya ada permasalahan atau masalah, kamu dapat minta bantuan dan pertanggung jawabnya. Mudah-mudahan berguna!

Baca Juga: Karakter anime ter cool
Baca Selengkapnya di Kartunisia

You may also like...