7 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Video Animasi

Sebagai pembuat konten dan penduduk asli digital, kita dikelilingi dan sering dibombardir oleh tren, tips, trik, bamboozles, dan hoodwinks terbaru (oke, mungkin bukan dua yang terakhir).

Salah satu tren terbesar di ruang digital saat ini adalah penggunaan video.

Di masa lalu kami telah menulis blog tentang statistik pemasaran video yang penting, kasus penggunaan untuk tim penjualan dan bahkan berbagi contoh video pelatihan.

Tapi kita tidak akan bahas mereka di sini. Sebaliknya, kami akan fokus sepenuhnya pada mengapa Anda harus menggunakan video animasi.

7-Alasan-Mengapa-Anda Harus-Menggunakan-Video-Animasi

Mengapa Video Animasi

Konten adalah tentang menceritakan sebuah cerita. Apakah itu cerita tentang produk Anda, pelanggan Anda, atau bahkan mungkin perubahan kepatuhan, tujuan utama Anda sebagai perajin konten adalah untuk berbagi pesan yang memaksa, membujuk, dan meyakinkan audiens Anda untuk mengambil tindakan.

Tapi ceritanya hanya sebagus eksekusinya.

Pikirkan tentang hal itu. Jika Anda memiliki cerita yang bagus, tetapi menyampaikannya dengan buruk, audiens Anda cenderung tidak mengambil tindakan. Di situlah video animasi dapat membantu.

Video animasi adalah media yang kaya dan menarik, yang hemat biaya, mudah dikelola, dan akan membantu poin-poin penting Anda muncul. Ini menawarkan semua manfaat dari media visual dengan persyaratan sumber daya yang jauh lebih kecil daripada yang Anda harapkan.

7 Alasan Mengapa Video Animasi Adalah Jenis Konten Terbaik

1. Video animasi visual

Alasan pertama dan terpenting untuk menggunakan video animasi adalah bahwa itu adalah media yang kaya. Video, secara umum, terdiri dari gambar yang membentuk momen media yang kaya.

Media visual ini menarik bagi indera dan menawarkan cara yang mudah dan efektif untuk mengkomunikasikan pesan penting. Dan bagian yang terbaik adalah bahwa visual dikonsumsi jauh lebih mudah daripada teks, dan meninggalkan dampak yang langgeng pada audiens Anda:

90% informasi yang ditransmisikan ke otak bersifat visual, dan visual diproses 60.000 kali lebih cepat di otak daripada teks.

2. Video animasi secara psikologis lebih menarik

Salah satu kenangan kami yang paling awal (dan mungkin paling indah), ketika anak-anak tumbuh dewasa, adalah menonton kartun. Kartun sangat menawan karena mereka menyenangkan, menarik, dan yang paling penting berwarna-warni.

Ada sesuatu tentang gambar bergerak yang menarik bagi otak manusia, dan ini secara alami meluas ke video animasi. Seperti yang dikatakan Nicola Davies dalam posting ini,”Jika Anda ingin orang terhubung secara emosional dengan konten Anda, video animasi adalah investasi yang layak dibuat.”

3. Video animasi memotong “kebisingan” digital

Kejutan konten adalah nyata dan tantangan besar yang dihadapi semua organisasi.
Tetapi dengan kehadiran “kebisingan” yang semakin meningkat di ruang digital, pembuat konten perlu menemukan cara untuk membedakan konten mereka dari segala sesuatu yang lain di luar sana.

Video animasi menawarkan media yang bagus untuk melakukan hal itu.

4. Video animasi hemat biaya

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi sebagian besar produsen video adalah kurangnya anggaran yang besar:
41% pemasar mengutip kurangnya anggaran sebagai salah satu dari tiga alasan utama mengapa mereka ragu untuk menggunakan video.

Biaya video live-action biasanya termasuk menemukan aktor yang cocok, lokasi untuk merekam video, peralatan, dan biaya produksi video Anda.

Video animasi, di sisi lain, hanya membutuhkan langganan bulanan. Solusi berbasis cloud (seperti GoAnimate) memudahkan untuk membuat video online dengan alat drag-and-drop sederhana. Cukup mendaftar untuk berlangganan dan Anda siap untuk membuat video animasi profesional.

5. Video animasi berkembang dengan bisnis Anda

Tantangan terkait dengan produksi video adalah kebutuhan untuk membuat lebih banyak konten. Seiring pertumbuhan bisnis Anda, begitu juga kebutuhan akan konten yang lebih menarik.

Awalnya Anda mungkin memerlukan video penjelasan tentang produk atau layanan Anda. Segera Anda mulai membuat aset yang terjaga keamanannya yang membutuhkan video pendukung. Atau, yang lebih menantang, Anda perlu membuat seri tutorial untuk pelanggan Anda atau video pelatihan yang membantu tim Anda mengadopsi proses baru.

Membuat konten adalah tantangan, dan video menambah kompleksitas. Tetapi dengan video animasi, mengaduk-aduk beberapa video adalah tugas yang sangat sederhana. Hanya berpikir dalam visual, menulis naskah, storyboard, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda sedang dalam perjalanan untuk memproduksi video lain.

6. Video animasi mudah diperbarui

Pembuatan konten telah melihat pertumbuhan dramatis selama beberapa tahun terakhir, dan memang seharusnya begitu. Tetapi salah satu tantangannya adalah memperbarui semua konten lama Anda.

Apakah Anda seorang pelatih yang memperbarui konten kepatuhan, tenaga penjual yang meninjau kembali presentasi lama, atau pemasar yang merestrukturisasi merek Anda; Memperbarui konten adalah sebuah tantangan!

Namun, konten video menimbulkan tantangan yang lebih besar. Jika Anda menggunakan video live-action, Anda tidak dapat merekam ulang adegan atau memperbarui bagian-bagian penting dari pesan Anda tanpa memperhitungkan sejumlah besar faktor.
Tapi di situlah video animasi memiliki keunggulan.

Video animasi memungkinkan lebih banyak fleksibilitas karena lebih mudah diperbarui. Anda dapat kembali dan mengubah teks, mengedit animasi atau bahkan melakukan perombakan total seluruh video Anda.

7. Video animasi meningkatkan konten visual Anda

Anda mungkin pernah mendengar infografis (Jika tidak, berikut adalah beberapa contoh).

Tren yang lebih besar dari infografis, adalah kelelahan infografis. Banyak pembuat konten mengadopsi infografis statis sebagai cara untuk memvisualisasikan data dengan mengubah statistik kering menjadi pesta visual. Tetapi akhir-akhir ini, infografis semakin menjadi teks atau data-berat dan karena itu secara visual berantakan (dan menyebabkan sakit kepala).

Jika Anda mengizinkan pembaca untuk melihat infografis statis tanpa pengawasan, apa yang terjadi? Mereka berlomba melaluinya dan mungkin kehilangan banyak konten. Hal ini diperburuk jika infografis terlalu berantakan yaitu teks- atau data-berat.

Di situlah infografis animasi dapat membantu. Infografis animasi menyediakan “tur berpemandu” melalui konten,yang menawarkan dua manfaat:

  • Anda dapat mengontrol kecepatan pemirsa melalui konten
  • Anda dapat menggunakan media yang kaya (gerakan, musik, efek suara, elemen visual, dll.)

Ini menawarkan alternatif yang menarik dan menyenangkan untuk konten teks, tidak terhalang oleh kendala tradisional seputar video live-action, dan meningkatkan infografis statis menjadi dinamis yang sangat menarik melalui konten.

Jadi tingkatkan konten visual Anda dan gunakan kekuatan video animasi, apabila anda membutukan jasa pembuatan video animasi silahkan hubungi kami.

You may also like...