5 Universitas Swasta Terbaik di Surabaya

Kota Surabaya Jawa Timur memiliki banyak institusi pendidikan dengan kualitas terbaik, bahkan di seluruh Indonesia. Dalam upaya peningkatan mutu perguruan tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) melakukan klaster program.

Clusterization merupakan program yang dilakukan dengan tujuan memetakan perguruan tinggi di Indonesia. Institusi pendidikan tersebut berada di bawah naungan Ristekdikti. Indikator Universitas Indonesia 2019 menguraikan basis input-output. Berikut ini adalah daftar universitas terbaik di Surabaya:

Ingin tau usaha franchise apa yang sedang trend saat ini? Kalian bisa mengetahuinya pada tautan tersebut.

1. Sekolah Tinggi Ekonomi Perbanas, Surabaya

Universitas ini menduduki peringkat 67 dari 100 universitas terbaik di Indonesia. Pertama, asosiasi perbankan nasional (Perbankan) yang merupakan organisasi perbankan yang menyelenggarakan kursus untuk memenuhi kebutuhan pegawai di industri perbankan.

Oleh karena itu, dibuatlah program pendidikan kursus kader bank untuk sekolah menengah pertama tingkat A dan tingkat B untuk sekolah menengah atas. Singkat kata, kader B menjalani pembinaan akademik, hingga akhirnya ditetapkan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

2. Universitas Ciputra Surabaya

Universitas ini menempati peringkat ke-72 dalam 100 universitas terbaik di Indonesia. Kampus yang memiliki konsentrasi agar mahasiswanya bisa menjadi wirausaha sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Kewirausahaan memiliki arti yang lebih luas dari sekedar menjual dan menjalankan usaha, karena di dalamnya terkandung unsur kreativitas, inovasi, kemampuan membaca kebutuhan pasar, serta mengambil risiko yang diperhitungkan. Jurusan akuntansi, manajemen bisnis internasional, ilmu komunikasi, bisnis kuliner, dan banyak lagi.

3. Universitas Narotama

Universitas ini menempati peringkat ke-83 dari 100 universitas terbaik di Indonesia. Nama universitas ini berasal dari Narotama. Narotama adalah sosok yang bisa menjadi pejabat tinggi dan abdi setia Airlangga.

Sebagai bentuk penghormatan terhadapnya, namanya diangkat dan diabadikan sebagai nama salah satu universitas di Surabaya. Pemilihan nama juga memiliki harapan yaitu mampu mendampingi dan mewujudkan aspirasi dan harapan para mahasiswa.

4. Universitas Adi Buana PGRI

Universitas ini menempati peringkat 87 dari 100 universitas terbaik di Indonesia. Perguruan tinggi negeri telah mengalami beberapa kali perubahan nama, antara lain IKP Sarmidi Mangunsarkoro, IKIP-PGRI Sarmidi Mangunsarkoro Surabaya, IKIP PGRI Jawa Timur.

IKIP PGRI Surabaya mendapat amanah untuk merumuskan program pendidikan dan non kependidikan. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 47 / D / O / 1998 tanggal 23 Juni 1998, kampus ini diubah namanya menjadi lokasinya sekarang.

5. Universitas Dr Soetomo

Universitas ini menempati peringkat ke-93 dari 100 universitas terbaik di Indonesia. Universitas Dr. Soetomo (Utomo) didirikan pada tanggal 31 Juli 1981. Utomo bertujuan untuk memperkuat masyarakat Indonesia dengan modernisasi di bidang pendidikan, iptek.

Ia menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan budaya berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945. Hal ini diinspirasi oleh Dr. Soetomo yang mempromosikan kesejahteraan masyarakat melalui bidang pendidikan.

You may also like...