4 Manfaat Etos Kerja dan Tips untuk Meningkatkannya

Kumpulan Artikel General dari Binar Academy

Memiliki etos kerja yang baik merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kesuksesan dalam bekerja. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebab pada dasarnya etos kerja akan membantu seseorang mendapatkan hasil kerja yang maksimal. Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan dari etos kerja yang baik, terutama oleh mereka yang benar-benar memahami apa dan bagaimana etos kerja itu sendiri.

Berdasarkan penuturan Darodjat Sinamo, etos kerja merupakan dasar dan juga sekumpulan perilaku positif yang terdiri dari motivasi penggerak seseorang, karakteristik utama, pemikiran dasar, spirit dasar, kode moral, kode etik, kode perilaku, aspirasi, sikap, keyakinan, standar, dan prinsip. Jika melihat pengertian di atas, idealnya setiap orang memang memiliki etos kerja yang baik, agar bisa mendapatkan pencapaian maksimal di dalam pekerjaan.

 

Manfaat yang bisa didapatkan dari Etos Kerja

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan seseorang dari etos kerja yang baik, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Rohani

Bukan hanya memberi pengaruh dalam bidang pekerjaan saja, etos kerja juga bisa mempengaruhi banyak hal lainnya dalam kehidupan seseorang. Pada umumnya, orang-orang yang memiliki etos kerja yang tinggi tidak akan senang menunda-nunda pekerjaan maupun kewajiban mereka.

Biasanya orang seperti ini juga akan disiplin dalam menjalankan kewajibannya kepada Tuhan dan tidak suka menunda-nunda untuk menjalankan ibadahnya. Hal ini membuat orang yang memiliki etos kerja bisa memperoleh ketenangan batin dalam menjalani kehidupannya.

  • Kesehatan

Berbagai perilaku yang positif memang secara langsung bisa mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang. Etos kerja yang baik akan membuat setiap pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu dan maksimal. Hal ini akan memberikan ketenangan dan juga kenyamanan dalam bekerja.

Secara keseluruhan, etos kerja yang baik memang bisa membuat kualitas hidup lebih tinggi dan kesehatan juga lebih terjaga. Di lain sisi, beban yang tidak berat dalam pekerjaan akan selalu memberikan dampak positif dan nyaman. Hal ini juga akan membuat kondisi fisik tetap prima dan selalu siap untuk mengahadapi tantangan dalam hidup.

  • Peningkatan Status Ekonomi

Menjalankan pekerjaan dengan tekun dan semangat tentu akan membawa aura yang berbeda dalam diri seseorang. Hal ini bisa membuat yang bersangkutan menjadi lebih menonjol di mata atasan, jika dibandingkan dengan rekan-rekan kerja lainnya. Di saat bersamaan, peluang untuk mendapatkan karir yang cemerlang juga akan terbuka dengan lebar.

Jika karir meningkat dengan baik, maka sudah tentu hal ini juga akan dibarengi dengan kenaikan gaji. Kondisi keuangan tentu akan menjadi jauh lebih baik, apalagi jika kenaikan gaji terbilang cukup besar.

  • Peningkatan Status Sosial

Masih berhubungan dengan poin di atas. Perkembangan karir yang baik dan juga penghasilan memadai tentu akan mempengaruhi banyak hal dalam kehidupan seseorang, termasuk dalam kehidupan sosialnya. Status sosial akan meningkat secara otomatis, saat seseorang mendapatkan jabatan dan juga panghasilan yang lumayan besar.

 

Tips untuk meningkatkan etos kerja

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan etos kerja:

  • Untuk Pekerja

Para pekerja bisa meningkatkan etos kerjanya dengan membaca dan juga mempelajari kesuksesan tokoh-tokoh yang terkenal dan berpengaruh. Selain itu, mengikuti seminar yang berkaitan dengan etos kerja juga bisa menjadi pertimbangan.

  • Bagi Pemimpin

Pemimpin perusahaan bisa meningkatkan etos kerja dengan cara memberikan kepercayaan serta keleluasaan kepada bawahannya, sehingga setiap karyawan bisa bekerja dan berkembang dengan cara yang terbaik. Karyawan yang terlalu terkekang biasanya akan memiliki etos kerja yang rendah.

Itulah beberapa manfaat etos kerja dan tips untuk meningkatkannya, semoga informasi ini bisa memberikam manfaat.

You may also like...