4 Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Anak di Rumah

4 Jenis Olahraga yang Dapat Dilakukan Anak di Rumah

Dalam berolahraga, kita tidak harus melulu dilakukan di tempat tertentu seperti saat melakukan olahraga sepak bola, basket, ataupun berenang. Namun, anak dapat juga melakukan jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Berikut ini adalah jenis olahraga dirumah untuk anak yang dapat dilakukan dengan mudah tanpa memerlukan tempat khusus.

Jenis Olahraga Untuk Anak yang Dilakukan Di Rumah

  1. Jogging atau Lari

Salah satu jenis olahraga yang murah meriah dan dapat dilakukan di rumah adalah jogging atau lari. Olahraga ini sangat cocok untuk si kecil yang senang sekali berlarian ke sana kemari. Daripada si kecil berlarian tidak jelas dan malah dapat mengganggu aktivitas orang rumah, Anda dapat mengajaknya untuk keluar dan jogging di taman ataupun lokasi yang dekat dengan rumah.

Carilah tempat jogging yang tidak terlalu ramai dan sepi dari kendaraan bermotor yang berlalu lalang. Pastikan juga Anda membuat si kecil nyaman agar Ia tidak cepat mengeluh dan meminta untuk pulang ke rumah. Jangan lupa juga untuk membawa minuman agar anak terhindar dari dehidrasi.

  1. Bersepeda

Selain lari, bersepeda mungkin menjadi salah satu olahraga yang disukai oleh anak. Anda dapat mengajak anak untuk bersepeda santai di area taman ataupun di dekat rumah. Carilah lokasi yang aman dan sepi sehingga tidak membahayakan si kecil saat bersepeda.

Untuk lebih aman, Anda dapat cari lokasi taman dekat rumah atau jika Anda tinggal di kompleks, Anda dapat keliling kompleks perumahan saja. Pada saat bersepeda, jangan lupa untuk selalu mengawasi dan berikan arahan agar si kecil tidak jatuh dan mengalami cedera.

  1. Main Lempar Tangkap Bola

Olahraga berikutnya yang dapat dilakukan anak di rumah adalah lempar tangkap bola. Cukup dengan modal bola karet saja, si kecil sudah dapat melakukan kegiatan olahraga. Meski terkesan sederhana, main lempar tangkap bola juga dapat membuat anak berkeringat, aktif bergerak, dan juga melatih koordinasi tangan dan matanya.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda dapat bermain lempar tangkap bola dengan anak di halaman rumah saja. Selain untuk keamanan si kecil, bermain di halaman atau luar rumah juga dapat menghindari perabotan rusak karena si kecil salah melempar bolanya.

  1. Lompat Tali

Lompat tali merupakan olahraga yang sederhana namun memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh anak. Di dalam olahraga lompat tali, seluruh alat gerak tubuh hampir semuanya digunakan. Bermain lompat tali dapat melatih kemampuan motorik anak, membentuk otot kaki, dan juga melatih koordinasi anak.

Anda tidak perlu mengajarkan gerakan lompat tali yang terlalu sulit kepada anak. Hal itu karena gerakan lompat tali biasa saja sudah cukup untuk membuat anak berkeringat. Lakukan olahraga ini dalam waktu 15 menit saja.

Bagaimana? Banyak juga bukan olahraga di rumah untuk anak yang bisa dilakukan? Dengan begitu, kini tidak ada alasan lagi anak tidak berolahraga saat di rumah. Untuk menunjang kekuatan dan energi anak, jangan lupa untuk selalu memberikan asupan nutrisi lengkap dalam segelas susu coklat dari Milo sebelum berolahraga.

You may also like...